Penyebab Sinyal HP Tiba-tiba Hilang dan Cara Mengatasinya

Ada kalanya signal di HP tiba-tiba hilang, padahal sebelumnya serasa tidak ada masalah jaringan. Sebenarnya hal tersebut sangat normal, jadi Anda tidak perlu khawatir. Indikator sinyal di HP memang tidak selalu dalam kondisi full bar.

Ada beberapa hal yang menyebabkan sinyal di HP secara tiba-tiba menghilang, bisa jadi karena ada masalah jaringan, posisi gawai tidak bagus untuk memperoleh sinyal secara maksimal, akibat dari kondisi cuaca, atau karena ada masalah pada sisi hardware ponselnya.

Sinyal hilang dari HP bisa terjadi pada merek ponsel apapun, baik itu Oppo, vivo, Sony, Samsung, Xiaomi, maupun brand smartphone Android lainnya, seperti Lenovo yang juga kerap memperlihatkan sinyal hilang secara tiba-tiba.

Penyebab Sinyal HP Tiba-tiba Hilang


Seperti telah disebutkan, ada beberapa kondisi yang dapat memicu terjadinya sinyal berkurang atau hilang sama sekali dari smartphone Anda.

Dan berikut ini adalah beberapa penyebab umum untuk signal di HP yang hilang dengan sendirinya. Jika saat ini sinyal di HP Anda lemah, ada kemungkinan karena salah satu hal tersebut dibawah ini.

1. Hardware Ponsel Bermasalah


Hardware penangkap sinyal yang ada di HP mengalami kerusakan atau menurun fungsinya seiring dengan usia yang sudah cukup tua, dimana hal ini kemudian membuat daya tangkap sinyal HP kurang maksimal dan sering muncul-hilang atau bahkan tidak muncul sama sekali.

2. Jauh Dari BTS

BTS merupakan pemancar sinyal yang menjadi penentu seberapa kuat sinyal yang didapat sebuah ponsel. Sebagus apapun spesifikasi smartphone Anda bilamana jangkauan antena dan sinyal di tempat Anda tidak ada atau jauh dari BTS, tentu saja ponsel tersebut akan kesulitan untuk menangkap sinyal.

3. Terdapat Aplikasi Error


Selain sistem, aplikasi yang bermasalah juga bisa menjadi pemicu tangkapan sinyal HP tidak maksimal dan cenderung muncul-hilang. Aplikasi yang terlalu membebani kinerja CPU dan RAM juga berpotensi menjadi penyebab sistem crash sehingga tidak dapat menjalankan fungsi jaringan sebagaimana mestinya.

4. Kendala Pada CPU


Ketika CPU bekerja terlalu berat, hal ini juga bisa mempengaruhi kemampuan ponsel dalam menangkap sinyal. Bahkan, saat sistem terlalu sibuk dan terjadi crash hal tersebut akan membuat salah satu fungsi yang berkaitan dengan signal akan terhenti atau tidak stabil.

5. Kesalahan Saat Flashing


Flashing merupakan langkah untuk mengembalikan kondisi sitem seperti dalam keadaan baru. Namun, flashing harus dilakukan secara benar, atau dengan konsekuensi terjadi masalah pada ponsel. Dalam sejumlah kasus, tidak sedikit smartphone yang gagal menangkap sinyal usai dilakukan flashing.

Cara Mengatasi Sinyal Hilang HP Android  


Ada sejumlah cara yang bisa Anda terapkan pada smartphone Anda jika mendapati HP Android Anda tiba-tiba kehilangan sinyal.

Cara mengatasi sinyal HP Android hilang bisa dilakukan mulai dengan langkah-langkah yang simple dan juga beberapa opsi perbaikan yang membutuhkan sedikit kemampuan teknis.

Berikut ini beberapa tips untuk mengembalikan sinyal di HP Android yang tiba-tiba hilang atau muncul-hilang yang tidak seperti biasanya.

1. Aktifkan Mode Pesawat


Pertama, silahkan aktifkan Airplane Mode atau mode pesawat pada HP Android Anda. Biarkan selama beberapa saat lalu nonaktifkan kembali mode pesawat.

Metode ini membuat ponsel mencari server jaringan 4G LTE baru yang lebih baik. Cara ini sudah banyak dilakukan dan terbukti bisa memberikan solusi.

2. Restart Ponsel


Cara mudah berikutnya untuk mengatasi sinyal HP hilang yakni dengan melakukan restart. Dengan melakukan restart, HP akan memulai semua proses dari awal dan secara otomatis akan mencari jaringan baru.

Melakukan restarting ponsel juga bisa mengatasi berbagai masalah lain yang muncul di smartphone Android Anda.

3. Search Network Secara Manual


Anda juga bisa mencoba opsi untuk mencari jaringan secara manual. Untuk memilih jaringan secara manual, bisa dilakukan dengan cara masuk ke menu pengaturan jaringan yang terdapat pada menu Setelan smartphone Android.

Silahkan masuk ke menu Settings >> Networks >> Connections >> Mobile Networks >> pilih Operator >> Select Network. HP Android Anda akan terhubung dengan jaringan yang telah terdeteksi.

4. Cek Pemasangan SIM Card


Kartu SIM bisa juga menjadi penyebab sinyal tidak muncul. Pemasangan SIM card yang tidak benar atau terjadi kerusakan fisik pada kartu SIM dapat menyebabkan ponsel kehilangan sinyal. Jadi, Anda perlu memastikan bahwa tidak ada masalah pada sisi kartu SIM.

5. Lakukan Run Ping Test


Sinyal HP hilang bisa juga akibat HP tersebut tidak memancarkan sinyal radio secara benar. Untuk mengatasinya, silahkan ikuti langkah-langkahnya seperti dijelaskan dibawah ini.

Cara Mengatasi Sinyal Hilang HP Android

  • Masuk ke menu Telepon / Panggilan di HP Anda
  • Ketikkan short code *#*#4636#*#*
  • Pilih Phone information
  • Lalu, lakukan Run Ping Test.

Jika sudah dipilih Run Ping Test, silahkan scroll ke bagian bawah lalu pilih, LTE/GSM auto (PRL). Selanjutnya silahkan tap pada "Turn Off Radio".

Jika semua proses telah selesai, silahkan restart smartphone Android Anda kemudian lihat perubahan yang terjadi. Apabila tidak ada masalah yang serius, maka sinyal di HP Android Anda mestinya sudah kembali normal.

6. Hungungi Operator


Apabila Anda meyakini tidak ada masalah pada sisi ponsel, namun sinyal tak kunjung muncul, maka Anda perlu untuk menghubungi operator.

Silahkan tanyakan ke mereka, apakah sedang terjadi gangguan jaringan. Operator akan memberikan informasi yang Anda butuhkan sehingga nantinya Anda bisa mengetahui secara pasti apakah memang sedang terjadi trouble jaringan atau tidak.

Share

LATEST ARTICLES

Post a Comment

close