7 Cara Mengatasi Sinyal HP Oppo Hilang

Sinyal Oppo hilang dialami oleh sebagian pengguna. Penyebab sinyal HP hilang pun cukup beragam, bisa jadi karena jaringan sedang trouble atau bisa juga karena terdapat masalah pada bagian hardware smartphone yang mengakibatkan perangkat keras penangkap sinyal tidak dapat bekerja secara normal.

Oppo merupakan salah satu pabrikan smartphone terbesar dengan jumlah pengguna yang sedemikian banyak. Selain populer di negeri asalnya, China, Oppo juga memiliki jumlah pengguna yang cukup banyak di Indonesia dan di beberapa negara di kawasan Asean lainnya, seperti di Malaysia, Singapura, hingga Vietnam.

Bagaimana Cara Mengatasi Sinyal Oppo yang Hilang?


Kasus sinyal HP Android hilang sebenarnya bukanlah kejadian baru. Sebagian pengguna smartphone pernah mengalaminya. Tidak hanya HP Oppo, tapi hampir terjadi pada semua merek smartphone, seperti Xiaomi, vivo, Sony, LG, Samsung, atau Lenovo.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa memberikan solusi bagi Anda yang memiliki HP Oppo yang sinyalnya hilang atau muncul namun tidak stabil sebagaimana biasanya.

1. Aktifkan Mode Pesawat


Mode pesawat atau ariplane mode bisa digunakan untuk memperkuat dan menstabilkan jaringan data maupun menambah kekuatan sinyal HP yang lemah.

Silahkan Anda coba aktifkan Mode Pesawat, dan setelah itu matikan kembali, nantinya seluruh proses jaringan data dan tangkapan sinyal seluler akan di-refresh oleh sistem.

2. Restart Smartphone


Ketika Anda menjumpai sinyal HP tiba-tiba hilang, terlebih dulu cobalah untuk melakukan restart ponsel. Matikan dan nyalakan ulang sistem supaya jika ada crash pada sistem atau aplikasi selanjutnya bisa kembali normal.

3. Cek Kartu SIM


Untuk memastikan tidak ada masalah pada kartu SIM, silahkan coba keluarkan kartu SIM lalu pinjam HP teman Anda, masukkan kartu SIM Anda ke ponsel lain, kemudian perhatikan apakah yang bermasalah kartu SIM Anda atau memang terdapat masalah pada HP Anda.

4. Cek Pengaturan Jaringan


Anda bisa mencoba mengecek pengaturan jaringan di HP. Silahkan coba mencari jaringan secara manual dari menu pengaturan. Pastikan juga mode otomatis sudah diaktifkan. Masuk ke Pengaturan >> Jaringan (Koneksi) >> WCDMA/GSM Otomatis.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba memindahkan SIM Card dari slot SIM 1 ke slot SIM 2 guna memastikan tidak terdapat masalah pada dudukan kartu SIM.

5. Update ColorOS


ColorOS versi terbaru dapat meningkatkan kinerja yang lebih baik pada smartphone Android Oppo. Jika Anda merasa sudah lama tidak meng-update ColorOS, silahkan cek versi ColorOS terbaru dan lakukan update segera.

Ada baiknya Anda selalu memperbarui sistem secara terjadwal agar kinerja smartphone Anda selalu dalam kondisi yang optimal.

6. Lakukan Factory Reset


Factory reset atau mengembalikan setelan ponsel ke setelan pabrik merupakan salah satu cara efektif untuk mengatasi setiap permasalahan pada HP, termasuk untuk masalah sinyal lemah.

Cara melakukan reset HP Android ke pengaturan awal, Anda bisa masuk ke menu Pengaturan >> Cadangakan & Setel Ulang >> Kembalikan ke Setelan Pabrik.

Agar tidak ada data yang ikut terhapus selama proses reset berlangsung, pastikan Anda mem-backup semua data-data penting di smartphone Anda.

7. Flashing HP Anda


Cara Mengatasi Sinyal HP Oppo Hilang

Cara terakhir untuk mengatasi sinyal HP Oppo hilang adalah dengan melakukan flashing. Flashing merupakan jalan terakhir untuk mengatasi sinyal hilang di HP.

Jika memang tidak ada masalah pada bagian hardware, maka flashing yang dilakukan secara benar dapat mengembalikan kondisi ponsel seperti halnya ponsel baru sehingga seluruh fungsinya dapat bekerja dengan baik.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url