Cara Mengatasi Aplikasi HP Android Tidak Terhubung ke Internet

Sebagian besar aplikasi di HP Android membutuhkan koneksi data. Artinya, aplikasi tersebut tidak dapat dijalankan tanpa adanya dukungan koneksi internet.

Sebagai pengguna smartphone Android, Anda mungkin pernah menjumpai salah satu atau beberapa apliaksi di ponsel Anda tidak dapat dibuka karena akses internet telah dibatasi.

Hal tersebut sejatinya bukan masalah serius. Pada smartphone Android memang terdapat fitur untuk membatasi penggunaan data suatu aplikasi, baik itu WiFi maupun jaringan seluler.

"Akses internet telah diblokir untuk aplikasi ini", pesan semacam ini akan muncul pada layar HP Anda ketika blokir akses data aplikasi tertentu dalam kondisi aktif.

Jadi, Anda perlu menonaktifkan pembatasan penggunaan jaringan seluler maupun WiFi agar aplikasi tersebut dapa terhubung ke internet.

Cara Mengatasi Aplikasi Android Tidak Bisa Menggunakan Data Seluler


Untuk mengatasi aplikasi di HP Android yang tidak bisa tersambung ke ineternet karena akses jaringan telah dibatasi atau diblokir, caranya sangat mudah.

Anda bahkan tidak perlu memasang aplikasi tambahan apapun untuk membuka blokir jaringan di HP Android. Langkah-langkahnya bisa disimak dibawah ini.

Sebagai catatan, setiap tipe smartphone dan versi Android memiliki user interface yang berbeda-beda. Jadi, langkah-langkahnya pun bisa sedikit berbeda.

Namun, secara keseluruhan yang Anda perlu lakukan adalah masuk ke menu setelan jaringan atau setelan data. Dari sana Anda bisa menonaktifkan data untuk aplikasi tertentu - begitu juga sebaliknya.

Dan berikut ini adalah cara mematikan koneksi data untuk aplikasi tertentu di HP Xiaomi. (Cara dibawah ini juga bisa Anda aplikasikan pada sebagian besar smartphone keluaran terbaru).

  1. Silahkan Anda buka menu Settings atau Pengaturan di HP Android Anda.
  2. Sesampainya di jendela pengaturan, silahkan tap menu Penggunaan data.
    Cara Mengatasi Aplikasi HP Android Tidak Terhubung ke Internet
  3. Pada menu pilihan Penggunaan data, silahkan tap bidang yang dilingkari seperti terlihat pada gambar dibawah. Kemudian pilih Penggunaan seluler jika Anda menggunakan data seluler atau pilih Penggunaan WiFi jika Anda menggunakan data WiFi.
    Cara Mengatasi Akses Jaringan Seluler Diblokir Untuk Aplikasi Android
  4. Anda dapat memilih aplikasi tertentu yang dirasa terlalu banyak memakan kuota internet untuk kemudian Anda nonaktifkan akses datanya. 
    Cara Mengatasi Aplikasi Android Tidak Bisa Akses Data
  5. Perhatikan gambar diatas. Jika Anda hanya ingin menonaktifkan penggunaan data di latar belakang, maka silahkan tap pada Data lata belakang untuk menonaktifkan. Apabila Anda ingin memblokir koneksi data pada jaringan seluler (bukan WiFi), maka pada Data seluler silahkan geser tombol ke kiri agar menjadi nonaktif. Dan jika Anda ingin memblokir akses WiFi untuk aplikasi tertentu, silahkan geser ke kiri pada WiFi.

Nah itulah cara mudah mematikan koneksi data untuk aplikasi tertentu di HP Android. Dengan kata lain, langkah-langkah diatas juga merupakan cara untuk mengatasi aplikasi di HP Android tidak bisa terhubung ke internet.

Tidak hanya berlaku pada smartphone Xiaomi, cara diatas juga bisa diterapkan pada smartphone Samsung, vivo, OPPO Realme, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

 
Jika Anda mendapati smartphone Android milik Anda tidak bisa membuka aplikasi tertentu karena data jaringan seluler diblokir, kini Anda sudah tahu cara mengatasinya.

Itulah cara mudah untuk membuka blokir akses jaringan data seluler dan WiFi untuk aplikasi tertentu di HP Android.
Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url