7 Cara Meningkatkan Sinyal Wifi

Seperti diketahui, sinyal wifi yang kurang maksimal akan menyebabkan koneksi internet berjalan dengan sangat lamban. Kondisi ini tentunya akan mengganggu aktivitas online Anda, baik untuk browsing, download, apalagi streaming video dengan resolusi tinggi.

Tips Meningkatkan Sinyal Wifi


Untuk mengatasi signal wifi kurang maksimal, berikut ini 7 cara mudah meningkatkan sinyal wifi yang bisa Anda coba.

1. Gunakan Aplikasi Penguat Sinyal

Salah satu penyebab sinyal wifi kurang baik adalah dikarenakan penggunaan daya yang tidak optimal. Untuk memperbaiki masalah ini Anda bisa menggunakan aplikasi penguat sinyal di perangkat Android seperti Wifi Signal Booster atau Network Speed Booster.

2. Temukan Lokasi Yang Tepat

Sinyal WiFi memang tidak dapat dilihat oleh mata manusia, tapi yang pasti sinyal tersebut dapat terhalang jika ada banyak tembok di sekitar router-nya. Jadi, selalu cari posisi bebas dari penghalang agar Anda dapat berinternetan dengan nyaman tanpa adanya gangguan.

3. Gunakan Teknologi Wifi Terbaru

Saat ini ada empat jenis teknologi wireless yang tersedia, yaitu A, B, G, dan N. Teknologi A, B, dan G adalah teknologi lama yang kecepatannya tergolong lambat. Sedangkan N merupakan teknologi terbaru dan tercepat dalam hal kecepatan. Jadi, selalu gunakan versi N untuk untuk mendapatkan kecepatan yang maksimal.

4. Gunakan Channel Yang Kosong

Jika di wilayah Anda terdapat banyak orang yang menggunakan router Wifi, maka bisa jadi Anda berada pada channel yang sama dengan router tersebut sehingga kualitas sinyalnya menurun. Maka dari itu pilihlah channel Wifi yang kosong atau yang sedikit penggunanya agar tidak terjadi gangguan pada sinyal.

5. Kontrol Bandwidth

Jika Anda bukan pengguna tunggal, pasti akan terjadi penurunan speed saat Anda browsing. Anda bisa mengatur penggunaan bandwidth agar orang lain tidak terjadi kebocoran bandwidth yang bisa mengakibatkan koneksi menjadi kian lambat.

6. Gunakan WiFi Repeater

Repeater adalah sebuah alat untuk menerima sinyal Wifi yang kemudian memancarkan kembali sinyal tersebut dengan lebih kuat. Alat ini sangat cocok untuk Anda yang masih terkendala penerimaan sinyal buruk.

7. Restart Secara Berkala

Sinyal Wifi

Restart secara berkala dapat memberikan solusi karena router biasanya sering mengalami masalah saat digunakan dalam waktu yang lama. Silakan lakukan restart router secara berkala agar kondisi router menjadi segar dan siap digunakan kembali secara normal.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url