Cara Mengembalikan SMS yang Sudah Lama Terhapus di HP Android

Sakarang emang sudah zamannya WhatsApp (WA), faktanya sebagian besar pengguna smartphone telah beralih dari SMS konvensional ke pesan multimedia WA. Namun, tidak sedikit juga yang masih berkirim SMS dengan HP biasa.

Saat kita mengirim atau menerima SMS, acap kali kita terlanjur menghapus pesan tersebut tapi kemudian kita sangat membutuhkannya kembali. Disini kemudian timbul kesulitan bagi kita karena di HP tidak tersedia fitur default yang memungkinkan user untuk mengembalikan SMS yang sudah lama terhapus.

Situasinya kian tidak mengenakkan manakala SMS tersebut benar-benar penting dan begitu perlu untuk dikembalikan. Kita perlu membaca SMS yang sudah terhapus tersebut, namun umumnya aplikasi untuk mengembalikan SMS terhapus di Android merupakan aplikasi yang mengharuskan user untuk melakukan backup terlebih dulu.

Bagaimana jika kita tidak melakukan backup sebelum SMS dihapus?

Meskipun diluar sana sebenarnya sudah banyak aplikasi untuk restore SMS terhapus di HP Android dan juga iPhone, namun secara keseluruhan aplikasi-aplikasi tersebut harus melalui tahapan backup. Artinya, user tidak dimungkinkan untuk membaca SMS yang sudah terhapus tersebut jika sebelumnya belum melakukan backup.

Terdapat juga sejumlah aplikasi yang dapat diandalkan untuk mengembalikan SMS yang telah terhapus di Android tanpa harus melakukan backup terlebih dulu, namun aplikasi-aplikasi tersebut mengharuskan user untuk melakukan root pada hp Android miliknya.

Nah, artikel ini diharapkan akan memberikan solusi bagi Anda. Dibawah ini saya nformasikan cara untuk mengembalikan pesan terhapus di HP Android dan juga jenis hp biasa menggunakan dua buah software data recovery Android yang benar-benar works.

1. Cara Mengembalikan SMS yang Sudah Lama Terhapus di Android


Pertama, kita akan menggunakan software FonePaw Android Data Recovery. Merupakan aplikasi berbasis komputer yang dapat menemukan pesan teks lama yang dihapus dari memori ponsel Android dan mendapatkannya kembali.

Software recovery SMS dan data HP ini sangat mudah digunakan. Secara keseluruhan Anda hanya perlu menghubungkan ponsel Android Anda ke komputer kemudian ikuti instruksi yang tertara pada layar, selanjutnya Anda dapat mengembalikan SMS yang telah terhapus cukup lama.

  1. Download FonePaw untuk PC Windows.
    Cara Mengembalikan SMS yang Sudah Lama Terhapus di HP Android
  2. Setelah selesai di download dan menginstallnya, silahkan jalankan software FonePaw di PC Anda.
  3. Hubungkan hp Android Anda dengan komputer melalui kabel USB.
    Cara Mengembalikan SMS yang Sudah Terhapus di HP Android
  4. Aktifkan mode USB debugging di hp Android. 
  5. Software FonePaw akan segera mendeteksi smartphone Anda. Jika USB debugging di Android masih dalam kondisi off, software ini akan meminta Anda untuk menyalakannya agar komputer dan hp Android Anda dapat terhubung dengan sebagaima mestinya. 
  6. Aktifkan mode debugging USB di hp Android Anda, kemudian klik tombol OK.
    Cara Mengembalikan SMS yang Sudah Terhapus di HP Android 3
  7. Tap pada Settings > About phone. Tab pada Build number selama 7 kali sampai muncul dialog box You are under developer mode.
  8. Kemudian kembali ke Settings > Developer options > USB Debugging.
    Cara Mengembalikan SMS yang Sudah Terhapus di HP Android 4
  9. Silahkan pilih Restore Text Messages. Ketika smartphone dan komputer telah terhubung, software data receovery ini akan menampilkan pilihan jenis data apa yang ingin Anda restore pada perangkat Android Anda. Disini Anda dapat memilih opsi mengembalikan foto yang telah dihapus, Pesan WA, kontak, atau file video. Dan untuk mengembalikan SMS terhapus di Android, silahkan pilih Messages kemudian klik tombol Next.
    Cara Mengembalikan SMS yang Sudah Terhapus di HP Android 5
  10. Program datarecovery kemudian akan bekerja dan mendeteksi SMS yang telah terhapus di Android. Anda perlu memberikan izin akses pada program. Seperti yang terlihat pada gambar screenshot dibawah, akan muncul jendela yang meminta izin akses. Silahkan buka hp Android Anda lalu tap pada Allow / Grant / Authorize. Dan jika muncul kendala seperti gambar dibawah ini, silahkan klik Retry.
    Cara Mengembalikan SMS yang Sudah Terhapus di HP Android 6
  11. Preview dan Recover SMS Android. Program data recovery FonePaw mulai melakukan scanning pesan teks yang dihapus di perangkat Android kemudian menampilkannya. Pesan terhapus warnanya merah, dan pesan yang belum dihapus berwarna hitam. Jika Anda hanya ingin melihat SMS yang terhapu, silahkan tap pada Only display the deleted items
  12. Silahkan klik pesan teks yang ingin Anda kembalikan lalu klik tombol Recover, selanjutnya program data recovery akan melakukan recovery pesan teks yang telah dihapus tersebut.
    Cara Mengembalikan SMS yang Sudah Terhapus di HP Android 7
  13. Seperti terlihat pada gambar screenshot dibawah, program FonePaw Android Data Recovery akan menyimpan pesan teks yang sudah terhapus tersebut di komputer Anda dalam format CSV dan HTML. Untuk membaca pesan SMS tersebut, Anda dapat membukanya menggunakan Microsoft Office Excel atau Notepad.
    Cara Mengembalikan SMS yang Sudah Terhapus di HP Android 8
  14. Selanjutnya Anda dapat membaca isi SMS yang telah terhapus di Android menggunakan aplikasi Notepad di komputer.
    Cara Mengembalikan SMS yang Sudah Terhapus di HP Android 9
  15. Selesai - Silahkan lihat semua SMS penting yang sebelumnya sudah terhapus.

Itulah cara mudah mengembalikan SMS di hp Android yang sudah dihapus dengan bantuan program data recovery FonePaw. Program ini dapat Anda andalkan untuk me-restore data di Android yang sudah terhapus, termasuk untuk data-data yang sudah lama terhapus.

Selain dapat digunakan pada komputer berbasis Windows, program tersebut juga tersedia untuk pengguna MacOS.

2. Cara Membaca SMS Terhapus di HP Android dengan Aplikasi Dr. Fone


Sejauh ini mengembalikan SMS di Android lewat PC hasilnya lebih memuaskan katimbang menggunakan aplikasi Android. Dan selain FoneFaw, Anda juga bisa memilih softwre data recovery gratis Dr. Fone.

Software ini tidak jauh berbeda dengan software yang pertama tadi, namun Dr. Fone sepenuhnya dapat digunakan secara gratis. Software ini juga sudah sempat saya coba dan kemampuannya memang cukup bagus untuk urusan recovery data hp.

Dan yang lebih menarik dari software ini adalah memungkinkan kita untuk memgembalikan SMS terhapus di Android tanpa root.

  1. Download software Dr. Fone.
  2. Setelah Anda download, silahkan install software ini di PC Anda.
  3. Setelah berhasil di install, silahkan jalankan program Dr. Fone.
  4. Hubungkan smartphone Android Anda dengan komputer menggunakan kabel USB.
    Cara Membaca SMS Terhapus di HP Android 1
  5. Aktifkan USB Debugging di hp Android Anda. Saat kedua perangkat telah terhubung dengan baik, Anda akan melihat jendela pop-up yang meminta izin akses sebagai superuser. Silahkan Anda tap Allow untuk memberikan akses.
  6. Program akan mulai melakukan scanning SMS terhapus di hp Android Anda. Harap ditunggu, proses scanning akan berlangsung selama beberapa menit.
    Cara Membaca SMS Terhapus di HP Android 2
    Cara Membaca SMS Terhapus di HP Android 3
  7. Selanjutnya Anda dapat membaca pesan teks yang terhapus tersebut sebelum kemudian menyimpannya. Jika proses scanning telah selesai, silahkan navigasi ke bagian Messages pada program recovery data ini. Anda akan melihat seluruh data yang telah terhapus, termasuk didalamnya ada SMS.
  8. Simpan data yang terhapus tersebut. Terakhir, Anda dapat melakukan recovery data terhapus di HP Android dengan software Dr. Fone, Anda hanya perlu memberi centang pada bidang yang Anda ingin restore datanya.

Demikianlah langkah-langkah mengembalikan SMS atau jenis data lainnya di Android lewat PC. Cara ini bisa Anda plilih jika memang terdapat SMS penting atau data berguna lainnya yang sudah terhapus di hp Android Anda namun Anda ingin mengembalikannya.

Video Cara Recovery SMS Terhapus di Android




Penutup


Ada banyak tools recovery data Android yang dapat Anda gunakan untuk me-restore data atau mengembalikan SMS terhapus di Android, namun kedua software diatas patut Anda coba kerena hasilnya memang memuaskan.

Berbagai data penting, termasuk SMS yang telah lama terhapus dapat dikembalikan dengan cukup mudah.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url