Paket Internet Smartfren Unlimited Tanpa FUP

Operator Smartfren merupakan penyedia layanan internet (ISP) yang menawarkan paket internet unlimited bulanan bagi pelanggannya. Namun, meskipun unlimited sejatinya paket tersebut tidak benar-benar unlimited, melainkana ada batas pemakaian wajar atau yang disebut FUP (Fair Usage Policy).

Ketika konsumsi data gawai seorang pelanggan telah mencapai FUP, maka kecepatan akses dari paket internet unlimited tersebut akan diturunkan secara signifikan sehingga menjadi sangat lemot. Nah, disinilah yang membuat user sangat terganggu karena sudah tidak bisa menggunakan internet secara normal dari sisi speed.

Bagaimana cara mengatasi FUP Smartfren pada paket internet unlimited?

Disini saya akan berbagi tips dengan sahabat pembaca yang notabene pengguna Smartfren dan telah membeli paket atau kartu perdana Smartfren unlimited mengenai cara menggunakan paket internet Smartfren unlimited tanpa FUP.

Baca juga:


Sebagai informasi, Smartfren menawarkan paket data unlimited bulanan dalam dua pilihan, yaitu paket unlimited bulanan seharga Rp 65 ribu, dan paket unlimited bulanan dengan harga Rp 100 ribu.

Apa yang membedakan diantara keduanya?

Untuk paket seharga Rp 65 ribu, FUP yang didapat pelanggan adalah sebesar 1 GB per hari. Sementara untuk pelanggan yang membeli paket unlimited seharga Rp 100 ribu, mereka akan mendapat FUP harian sebesar 1.5 GB.

Trik Menggunakan Paket Internet Unlimited Smartfren Tanpa FUP


Baik FUP harian sebesar 1 GB maupun 1.5 GB, saya rasa besaran kuota tersebut masih dirasa kurang, khususnya apabila Anda sering melakukan streaming atau mendownload file berukuran besar.

Nah, untuk mengatasi masalah FUP ini, salah satu trik yang bisa diterapkan pada perangkat Anda adalah dengan melakukan perubahan pada setelan APN (Access Point Name).

Anda perlu membuat setelan APN baru untuk menggantikan APN default (bawaan) Smartfren. Dengan begitu, Anda akan terbebas dari FUP, meskipun sebenarnya paket internet yang Anda gunakan memiliki ukuran FUP.

Apa itu APN?

Access Point Name (APN) adalah sebuah gerbang gateway antara sebuah koneksi internet termasuk GSM, GPRS, 3G, 4G dan jaringan komputer lain. Perangkat seluler yang membuat koneksi data seperti halnya smartphone harus dikonfigurasikan dengan APN untuk disampaikan ke operator.

Cara Membuat APN Smartfren untuk Paket Unlimited Bebas FUP


APN Smartfren Unlimited Tanpa FUP (Pilihan APN 1)


Nama: Smartfren Unlimited 1
APN : cmnet
Server : svr76.efeedlink.com
MMSC : mmsc.monternet.com
Jenis Autentikasi : PAP atau CHAP
Protokol APN : IPV4/IPV6
Protocol Roaming APN : IPV4/IPV6

APN Smartfren Unlimited Tanpa FUP (APN Pilihan 2)


Nama: Smartfren Unlimited 2
APN: internet.vodafone.ro
Nama Pengguna: internet.vodafone.ro
Sandi: vodafone
Server : 1.1.1.1
Authentication Type : Chap
Protokol APN: IPv4/IPv6
Protocol Roaming APN: IPv4/IPv6

APN Smartfren Unlimited Tanpa FUP (APN Pilihan 3)


Nama: Smartfren Unlimited 3
APN: M8-17.27.250:8080
Nama Pengguna: smartfren
Kata Sandi: smartfren
Jenis APN: default, hipri
Protokol APN: IPv4/IPv6
Protocol Roaming APN: IPv4/IPv6

Cara Menambahkan APN Baru di HP Android


  1. Silahkan masuk ke menu "Setelan" atau "Settings" di HP Android Anda.
  2. Tap pada pilihan "SIM Card & Mobile Networks".
  3. Tap pada "Nama Operator; Smartfren".
  4. Tap pada "Access Point Names".
  5. Tap tombol "Add new APN".
  6. Masukkan paramater APN Smartfren Unlimited Bebas FUP seperti rincian diatas.

Catatan!


Setelah Anda menambahkan APN baru dan sudah Anda simpan, silahkan restart ponsel Anda terlebih dulu agar konfigurasi APN baru tersebut dapat bekerja sebagaimana yang diinginkan, yaitu bebas FUP.

Paket Internet Smartfren Unlimited Tanpa FUP

Demikian info dan trik menggunakan internet Smartfren unlimited tanpa FUP harian, silahkan Anda coba, selamat menjelajahi laman web tanpa terkendala FUP.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url