Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Buka Aplikasi Tertentu

HP Android
Beragam permasalahan tidak jarang kita jumpai pada smartphone Android yang kita gunakan, khususnya untuk smartphone yang dibekali spek rendah seperti RAM rendah atau CPU berkecepatan rendah. Salah satu permasalahan pada ponsel Android yang sering dijumpai adalah gagal untuk membuka aplikasi tertentu, bisa berupa aplikasi Facebook, BBM, Instagram atau aplikasi lainnya.

Ada beberapa hal yang menyebabkan timbulnya permasalahan tersebut, mulai permasalahan pada aplikasi itu sendiri, koneksi internet terlalu lambat, atau karena ponsel kehabisan kapasitas RAM untuk menjalankan proses sehingga aplikasi yang tadinya bisa berjalan dengan baik secara tiba-tiba tidak bisa dibuka.

Aplikasi di hp Android tidak bisa dibuka cukup sering kita jumpai pada smartphone entry-level dengan kapasitas RAM 256 MB. Karena kapasitas yang sangat rendah, maka operasional ponsel benar-benar menjadi terbatas dan tidak bisa dipaksakan. Semakin dipaksakan untuk menjalankan banyak aplikasi, maka kinerja ponsel akan semakin melambat bahkan hang.

Nah, bagi Anda yang selama ini sering menjumpai masalah hp Android tidak bisa membuka aplikasi tertentu, dibawah ini saya ulas beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Tips Memperbaiki HP Android Tidak Bisa Menjalankan Aplikasi Tertentu


1. Restart Ponsel Anda
Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mematikan kemudian menghidupkan kembali ponsel. Ini akan membuat sistem referesh sehingga aplikasi yang tadinya gagal dibuka kemungkinan bisa berfungsi secara normal kembali.

2. Install Ulang Aplikasi
Setelah menerapkan langkah diatas dan Anda mendapati masih tidak ada perubahan, maka langkah selanjutnya adalah dengan menginstal ulang aplikasi tersebut. Karena tidak menutup kemungkinan terjadi permasalahan pada aplikasinya, maka Anda dapat mencoba opsi install ulang terlebih dulu.

3. Pastikan Memory Cukup
Memory yang saya maksudkan disini adalah memory internal (bukan RAM). Seperti diketahui, smartphone akan gagal menjalankan suatu aplikasi jika tidak tersedia memory yang cukup untuk mengoperasikan aplikasi tersebut. Jika di memory internal terlalu banyak data, Anda dapat memindahkannya ke memory eksternal. Jangan menggunakan semua space memory internal, ini akan membebani sistem sehingga kinerjanya menjadi tidak optimal.


Baca juga: Cara Memperbaiki Kartu Memori Tidak Terbaca


4. Gunakan Aplikasi Yang Tidak Terlalu Berat
Anda harus dapat menyesuaikan dengan spek smartphone Android Anda. Sebaiknya Anda menggunakan aplikasi yang ringan agar tidak menganggu kinerja smartphone tersebut. Carilah aplikasi versi rendah apabila versi terbarunya relatif besar. Anda dapat mendownload file aplikasi apk (versi lama) karena ukurannya lebih kecil.

5. Lakukan Factory Reset
Opsi terakhir yang bisa Anda ambil jika permasalahan yang dimaksud tidak kunjung tersolusikan adalah dengan melakukan factory reset. Factory reset atau setelan pabrik adalah sebuah tindakan untuk mengembalikan ponsel kembali ke setelan pabrik (seperti semula). Umumnya faktory reset ini dapat menyelesaikan berbagai kendala fungsional tertentu pada ponsel. Untuk melakukan factory reset pada hp Android caranya adalah dengan menekan tombol kombinasi: tombol home + tombol volume atas + tombol power. Tekan tombol kombinasi tersebut dalam keadaan ponsel mati.

Demikianlah beberapa cara untuk mengatasi hp Android tidak bisa menjalankan aplikasi tertentu yang tentunya akan sangat mengganggu kenyamanan Anda dalam mengoperasikan hp tersebut. Silakan diterapkan beberapa opsi perbaikan diatas, dan semoga dapat memberikan solusi.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url