Cara Flash OPPO Find Joy (R1001)

Flashing OPPO atau smartphone merek lainnya merupakan solusi untuk mengatasi permasalahan pada sistem yang menyebabkan ponsel tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya, misalkan tidak dapat digunakan untuk telpon, kirim SMS, atau terdapat aplikasi yang tidak bisa dibuka.

Seiring berjalannya waktu, kinerja smartphone akan mengalami penurunan dengan sendirinya. Penurunan kinerja atau performa OPPO dapat diatasi dengan melakukan flash. Flashing ini bisa Anda pilih misalkan setelah melakukan factory reset ponsel tetap dapat mejalankan fungsinya dengan baik.

Dan untuk Anda yang sebelumnya belum memiliki pengalaman melakukan flashing HP, Anda tidak perlu khawatir. Dalam artikel ini Anda akan dipandu cara flashing HP OPPO Android secara mudah dan gratis. Yang Anda perlukan hanya koneksi internet yang lumayan cepat supaya saat download file-nya nanti tidak perlu menunggu terlalu lama.

Baca juga:


Dalam turorial flashing OPPO ini, tipe HPOPPO yang saya flash adalah OPPO R1001 atau yang lebih familiar dengan nama OPPO Find Joy. Smartphone masuk ke pasar Indonesia sekitar awal 2013 lalu. Menyandang kategori sebagai smartphone low-end, namun cukup banyak penggunanya karena memang harganya yang terjangkau.


Spesifikasi OPPO Find Joy


OPPO Find Joy memiliki lebar layar 480 x 800 pixels, 4.0 inci. Dibekali ruang penyimpanan internal sebesar 4GB dan RAM sebesar 256MB. Adapun untuk sektor kamera, OPPO R1001 memiliki resolusi kamera utama 3MP dan kamera sekunder VGA.

Sebelum melangkah ke proses flashing OPPO Android Find Joy, terlebih dulu bisa disimak spesifikasi OPPO Find Joy berikut ini.

Body:

  • Tipe layar : TFT Capacitive touchscreen WVGA
  • Lebar layar : 480 x 800 pixels, 4.0 in
  • Dimensi : 124 x 63 x 9.9 mm
  • Berat : 125 gr

Memory:

  • Internal : 4 GB, 512 MB
  • Eksternal : MicroSD s/d 32 GB

Kamera:

  • Primer : 3.0 MP
  • Fitur kamera : LED Flash, Face detection, Bursh shoot, Video
  • Sekunder : VGA

Data:

  • GPRS : Ya
  • EDGE : Ya
  • Speed : HSPA+
  • WLAN : Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, DLNA, Wi-Fi hotspot
  • Bluetooth : v4.0, A2DP

Fitur:

  • SIM : Dual SIM
  • OS : Android OS, v4.2.2 (Jelly Bean) / UI ColorOS
  • CPU : Dual-core 1.3 GHz, Cortex A7
  • GPU : Mali 400
  • Sensors : Accelerometer, proximity
  • Messaging : SMS (threaded view), MMS, Email, Push Email
  • GPS : dengan A-GPS
  • Tipe baterai : Li-Ion 1700 mAh battery

Dari uraian spesifikasi diatas, OPPO R1001 memang benar-benar menggambarkan smartphone kelas low-end. HP ini tidak cocok untuk aktivitas gaming atau menjalankan aplikasi-aplikasi berat lainnya. Namun, sekedar untuk keperluan komunikasi, OPPO R1001 sudah bisa memenuhi keperluan Anda.

Cara Flash OPPO R1001 (Find Joy)


Untuk memulai proses flashing OPPO Android Find Joy, ada beberapa perlengkapan yang perlu dipersiapkan, seperti file firmware, software flashing, dll.

Dibawah ini telah saya siapkan seluruh file yang diperlukan untuk keperluan flashing OPPO Find Joy. Anda tinggal mengunduhnya.

Perlengkapan yang Diperlukan Untuk Flashing OPPO


Berikut ini beberapa perlengkapan yang perlu di download agar dapat memulai flashing smartphone OPPO Find Joy:

  1. Flashtool V5
  2. MT65xx usb driver
  3. Stock Rom Oppo Joy R1001 (Password: oppomobile.vn)
  4. All Stock Rom Firmware OPPO

Jika Anda merasa was-was, "apakah HP akan mengalami kendala fungsi tertentu usai melakukan flashing dengan mengikuti panduan ini", Anda tidak perlu khawatir. Ini telah saya praktekkan dan HP kembali normal - works 100%.

Langkah-langkah Flashing OPPO Find Joy


Apabila semua file yang diperlukan telah Anda download, silahkan ikuti langkah-langkah flashing OPPO Find Joy berikut ini.

  1. Silahkan Anda install Driver MT65xx USB driver di komputer.
  2. Lalu extrack Stock Firmware OPPO R1001.
  3. Kemudian buka software Flashtool.exe
  4. Pada software Flashtool Pilih tombol Scatter Loading file, lalu arahkan ke folder firmware kemudian pilih file scatter.
    Cara Flash OPPO Find Joy (R1001) 1
  5. Untuk Preloader tidak perlu Anda centang
  6. Selanjutnya klik Download pada SP flash Tool 
  7. Lalu matikan OPPO R1001 dan sambungkan ke komputer dengan kabel USB.
    Cara Flash OPPO Find Joy (R1001) 2
  8. Proses flashing berlangsung, silahkan Anda tunggu sampai prosesnya selesai yang ditandai dengan munculnya centang dalam lingkaran berwarna hijau.

Setelah selesai melakukan flashing, Anda bisa mencoba menggunakan HP OPPO Find Joy Anda. Bisa dicermati, apakah ada fungsi tertentu yang tidak works sebagaimana mestinya.

Jika ada, Anda bisa melakukan flashing ulang. Namun, sepengalaman saya, jika langkah-langkah diatas Anda ikuti dengan benar, setelah flashing OPPO Find Joy bisa kembali normal tanpa ada masalah apapun.

Ada kesulitan?

Lihat Video Tutorial Flash OPPO R1001 dengan SP FlashTool:



Kesimpulan


Cara melakukan flashing HP OPPO tipe R1001 dengan menggunakan software Flashtool versi 5 dapat dilakukan dengan cukup mudah. Selain mudah, proses flashing juga tidak membutuhkan waktu lama. Bahkan, jika dihitung mulai dari proses download file perlengkapan flashing prosesnya bisa diselesaikan kurang dari 30 menit.

Untuk Anda yang masih menggunakan smartphone OPPO tipe jadul seperti Find Joy, Anda mungkin perlu lebih sering untuk melakukan flashing karena kinerja ponsel yang terus menurun. Namun, dengan mengikuti tutorial flashing diatas, Anda bisa melakukannya begitu dengan mudah.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url