Cara Mengatasi 'Sayangnya, Proses com.android.phone Telah Berhenti' di Android

Salah satu masalah yang sering dihadapi sebagian pengguna smartphone Android adalah munculnya pesan error "Sayangnya, Proses com.android.phone Telah Berhenti". Jika pesan error ini muncul, maka Anda tidak dapat menggunakan smartphone Anda sebagaimana mestinya. Anda tidak bisa menelpon, kirim SMS, internetan, dan lain sebagainya lantaran kartu SIM dalam kondisi tidak aktif karena system gagal membaca kartu SIM Anda.

Masalah Sayangnya, Proses com.android.phone Telah Berhenti atau Unfortunately, The Process com.android.phone Has Stopped bisa terjadi pada semua smartphone Android baik itu Samsung Galaxy, Xiaomi, Asus, SONY, OPPO, maupun smartphone Android merk lainnya. 

Cara Memperbaiki "Sayangnya, Proses com.android.phone Telah Berhenti" di hp Android


Sayangnya, Proses com.android.phone Telah Berhenti

Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi smartphone Android error yang menampilkan pesan Sayangnya, Proses com.android.phone Telah Berhenti.

1. Restart Smartphone


Jika pesan kesalahan ini muncul untuk pertama kalinya, Anda dapat mencoba merestart perangkat Android Anda, kemudian silakan periksa apakah kesalahan ini masih terjadi. Jika setelah restart masalah tersebut belum teratasi, silakan lanjut ke pemecahan masalah Sayangnya, Proses com.android.phone Telah Berhenti berikutnya.

2. Bersihkan Cache


Anda juga bisa mencoba memecahkan masalah Sayangnya, proses com.android.phone telah berhenti dengan cara membersihkan cache. 

Cara membersihkan cache:

Cache

Jika cache sudah dibersihkan, silakan restart ponsel Anda. Apabila masih muncul pesan error yang sama, silakan lanjut ke pemecahan masalah berikutnya.

3. Bersihkan Cache SIM Toolkit


Selanjutnya Anda bisa masuk ke menu kelola aplikasi untuk membersihkan cache SIM Toolkit yang tidak menutup kemungkinan menjadi penyebab munculnya error "Unfortunately, The Process com.android.phone Has Stopped".

SIM Toolkit

Restart kembali smartphone Anda, silakan cek apakah pesan error masih muncul.

4. Nonaktifkan Auto Update Aplikasi


Apabila ketiga cara sebelumnya belum dapat menyelesaikan error yang terjadi di ponsel Anda, solusi berikutnya yakni dengan mencoba menonaktifkan fitur auto update aplikasi.

Cara mematikan fitur update aplikasi otomatis:

  1. Masuk ke Play Store
  2. Tap icon Menu
  3. Pilih Settings.
  4. Tap Auto-update apps.
  5. Pilih Do not auto-update apps option.
Auto Update Aplikasi

5. Lakukan Factory Reset


Factory Reset atau mengembalikan setelan smartphone ke setelan pabrik bisa Anda coba jika pesan error masih terus muncul usai mencoba beberapa upaya perbaikan sebelumnya.

Cara format hp Android:

Factory Reset

  1. Matikan smartphone Android Anda.
  2. Tekan dan tahan tombol Volume atas + Home + Power secara bersamaan selama beberapa detik. 
  3. Pilih Wipe data/factory reset.

Demikian beberapa cara untuk mengatasi error Sayangnya, Proses com.android.phone Telah Berhenti di Android. Jika setelah melakukan factory reset belum juga menyelesaikan masalah, Anda bisa mengatasi error tersebut dengan melakukan flashing.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url