Tips Memilih Web Hosting Murah Berkualitas

Jika Anda memutuskan untuk membuat website atau blog self hosting, maka Anda perlu menyiapkan domain dan layanan web hosting yang dapat Anda beli dari perusahaan penyedia hosting lokal maupun luar negeri.

Secara sederhananya, domain adalah alamat website Anda (cth: google.com), sementara hosting adalah tempat untuk menyimpan seluruh file website Anda sehingga website Anda bisa online dan dapat diakses banyak orang dengan keberagaman isinya.

Saat ini cukup banyak sekali pilihan web hosting. Sebagai pengguna, Anda perlu cermat dalam menentukan pilihan karena tidak semua penyedia hosting diluar sana itu menawarkan kualitas yang sama. Akses lambat, sering down, dan tingkat keamanan rendah adalah kriteria layanan web hosting yang harus dihindari.


Tips Memilih Web Hosting


Bagi Anda yang belum seberapa paham perihal web hosting, silakan simak tips memilih web hosting yang tepat berikut ini agar nantinya Anda memiliki sebuah gambaran bagaimana cara memilih web hosting murah berkualitas.


1. Pilih Perusahaan Terpercaya


Pertimbangan yang pertama adalah dengan memilih perusahaan penyedia hosting terpercaya. Jumlah klien yang banyak merupakan salah satu indikator kualitas layanan. Supaya Anda tidak salah memilih provider, pilihlah penyedia hosting yang sudah memiliki rekam jejak dengan jumlah klien yang terbilang banyak.


2. Pilih Hosting Sesuai Kebutuhan


Seperti apa kriteria website atau blog yang akan Anda buat? Hal ini akan menentukan besaran sumberdaya yang dibutuhkan. Layanan hosting terbagi menjadi sekian macam mulai shared hosting, cloud hosting, VPS, hingga dedicated server. Jika Anda seorang pemula, Anda cukup memilih paket shared hosting standar supaya tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Kedepannya, Anda bisa melakukan upgrade jika memang diperlukan.


3. Fasilitas & Fitur 


Setiap provider menawarkan fasilitas dan fitur yang berbeda satu sama lain. Agar tidak mengganggu program kerja Anda dalam mengelola website, pastikan Anda memilih hosting yang menyediakan fasilitas dan fitur lengkap, khususnya untuk fasilitas atau fitur yang nantinya akan sangat Anda butuhkan, seperti jumlah database, jumlah add-on domain, jumlah akun email, dan lain sebagainya.

4. Pelayanan Pelanggan


Tidak semua provider dapat memberikan pelayanan yang baik sebagaimana seharusnya. Pilihlah perusahaan web hosting yang menyediakan tim dukungan teknis 24 jam non-stop sehingga Anda dapat menghubungi mereka ketika Anda membutuhkan bantuan teknis. Terlebih jika Anda seorang pemula, tim dukungan teknis yang responsif akan sangat membantu Anda.


5. Pertimbangan Harga


Harga biasanya memang menentukan kualitas. Namun, harga mahal tidak selamanya memberikan jaminan kualitas terbaik. Anda dapat membandingkan harga yang ditawarkan masing-masing provider, dan pilihlah provider yang menawarkan harga paling murah dikelasnya dengan kualitas layanan yang telah teruji.

Kesimpulan


Web Hosting

Memilih web hosting secara tepat merupakan keputusan penting karena kualitas hosting yang Anda pilih akan berdampak pada performa website Anda. Dengan banyaknya pilihan, Anda dapat menemukan web hosting dengan biaya sewa yang relatif murah tapi menyediakan resource yang tergolong besar. Yang perlu Anda lakukan adalah mengumpulkan daftar web hosting terpercaya, dan melakukan komparasi dari berbagai aspek.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url