Cara Aktivasi Windows 10 Permanen Secara Offline dan Gratis

Windows 10 merupakan rilisan operating system (OS) terbaru Microsoft. Meskipun sebenarnya user diberikan pilihan OS Linux dan Mac, namun sepertinya Windows masih menjadi platform yang disukai banyak orang.

Pengguna OS Windows tetap yang terbanyak, bahkan jauh meninggalkan platform lain. Windows memang menawarkan banyak kelebihan yang menjadi dasar seorang pengguna untuk lebih memilih Windows katimbang OS lain.


Kelebihan Windows Operating System


Beberapa kelebihan Windows antara lain user-friendly, komunitas besar, dukungan software sangat banyak, dan lain sebagainya. Dengan dukungan komunitas yang sedemikian besar, user dapat menemukan referensi dengan mudah ketika dihadapkan dengan suatu kendala.

Kelebihan Windows yang tap dapat dipungkiri adalah kemudahan cara penggunaannya. Sebagai salah satu operating system yang banyak digunakan oleh pengguna komputer di berbagai negara, Microsoft Windows memiliki banyak sekali kelebihan.

Berbagai kelebihan yang dimilikinya kemudian membuat Windows mampu bertahan dan menjadi salah satu operating system terbesar di dunia. Dan berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki OS Windows.

1. Sistem User-friendly


Satu dari sekian penyebab Microsoft Windows menjadi salah satu sistem operasi yang banyak digunakan oleh banyak orang adalah karena sistem dan juga interface yang yang user-friendly. Hal ini membuat banyak tidak menemukan kesulitan berarti saat megoperasikan Windows.

2. Dukungan Software


Pengguna Windows dimanjakan dengan dukungan software dan aplikasi yang sedemikian banyak. Aplikasi yang memang dirancang untuk OS Microsoft Windows sangatlah banyak dan juga juga dapat digunakan secara gratis.

3. Tersedia Fitur Troubleshooting


User Windows tidak perlu terlalu khawatir saat terjadi masalah tertentu pada komputer mereka. Saat Anda dihadapkan dengan masalah program atau aplikasi yang tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya, fitur troubleshooting yang tersedia dalam OS ini akan memberikan Anda panduan untuk mendapatkan solusinya.

4. Support Berbagai Sistem Partisi


Sistem partisi yang didukung oleh Microsoft Windows juga cenderung cukup banyak, seperti NTFS, exFat, FAT 32 dan masih banyak lagi. Hal ini memungkinan anda untuk menggunakan banyak sistem format partisi yang umum ada di dalam pasaran untuk digunakan di dalam sistem operasi Microsoft Windows.

5. Kompatibel dengan Microsoft Office


Microsoft Office merupakan aplikasi perkantoran yang sangat berguna untuk keperluan pembuatan dokumen. OS Windows dan Office merupakan dua produk yang sama-sama dihadirkan oleh Microsoft, dan keberadaan Office sendiri merupakan salah satu alasan sebagian pengguna komputer memilih OS Windows.

6. Komunitas Besar


Dibanding pengguna OS lain, pengguna Windows memiliki persentase yang sangat besar. Pengguna Windows memiliki dukungan komunitas yang sedemikian besar. Setiap permasalahan yang muncul dapat diatasi dengan lebih cepat dengan adanya masukan dari user lain.

Cara Aktivasi Windows 10 Secara Offline dan Permanen


Sistem Operasi Windows merupakan software berbayar. Pengguna diharuskan untuk melakukan aktivasi. Saat user belum mengaktifkan Windows 10 pada PC-nya, akan muncul watermark "Activate Windows". Dan untuk menghilangkan watermark tersebut, tentunya user diharukan untuk melakukan aktivasi Windows 10, baik itu untuk edisi Home, Pro, ataupun Enterprise.

Ketika Anda ingin mengaktifkan Windows 10 tentu saja diperlukan sebuah product key. Product key ini bisa ditemukan dimana saja, baik secara online maupun offline. Namun sayangnya harga product key Windows 10 tidaklah murah sehingga beberapa orang memilih untuk tidak membeli lisensi Windows 10.

Bagaimana cara mengaktifkan Windows 10 tanpa beli product key?

Bagi Anda yang ingin melakukan aktivasi Windows 10 namun tidak memiliki product key, ada solusi lain yang bisa Anda gunakan. Anda tetap bisa mengaktifkan Windows 10 meskipun tidak memiliki product key, caranya adalah dengan menggunakan software aktivator Windows 10.

Software aktivator merupakan software yang dapat digunakan untuk mengaktifkan Windows dan untuk keperluan aktivasi Office secara permanen, termasuk Windows 10 Home, Pro, dan juga Enterprise. Berikut ini dijelaskan proses aktivtasi Windows 10.

Langkah-langkah Aktivasi Windows 10 Permanen Secara Offline


Anda tidak perlu pusing karena tidak memiliki product key Windows 10, karena Windows 10 masih bisa diaktivasi secara permanen dengan cara khusus. Anda perlu menggunakan tool atau aplikasi pihak ketiga untuk melakukannya.

Ada beberapa tools atau software aktivasi Windows yang dapat Anda gunakan untuk melakukan aktivasi Windows 10 Home, Pro, dan Enterprise, termasuk KMS Auto Lite dan KMS Pico. Dan untuk melakukannya, tahapannya adalah sebagai berikut.

1. Turn Off Windows Defender & Antivirus


Untuk memulai proses aktivasi Windows 10 menggunakan KMS Auto Lite atau KMS Pico, pertama-tama Anda perlu mematikan Windows Defender atau antivirus lain yang terinstall di PC Anda.

Saat Anda menjalankan program tools activator, program tersebut akan dianggap sebagai virus oleh Windows Defender atau antivirus lainnya yang menyebabkan program activator tidak dapat dijalankan sebagaimana mestinya. Jadi, Anda perlu menonaktifkan antivirus di laptop Anda untuk memulai proses aktivasi Windows 10.

2. Beri Izin Windows Script Host


Langkah selanjutnya adalah memberikan izin untuk eksekusi Windows Script Host, namun sebenarnya ini hanya perlu dilakukan jika Anda menggunakan antivirus Smadav. Jika PC terinstall Smadav, maka status Windows Script Host akan diubah menjadi disable.

Sementara itu, program aktivator seperti KMS Auto Lite atau KMS Pico membutuhkan izin untuk menjalankan Windows Script Host. Oleh sebab itu, Anda perlu mengizinkan fitur tersebut pada Smadav.

Untuk mengizinkan Windows Script Host pada Smadav, bisa dilakukan dengan klik kanan pada icon Smadav di taskbar icon (kanan bawah), kemudian klik Allow Windows-Script & Office-Macro (Permanent) atau Allow Windows-Script & Office-Macro (Until Restart).

Apabila Anda memilih opsi Permanent, maka Windows Script Host akan diaktifkan (Enable) untuk selamanya, dan jika memilih Until Restart, maka itu hanya berlaku sampai komputer Anda reboot.

Cara Aktivasi Windows 10 Permanen Secara Gratis

3. Melakukan Aktivasi Windows 10 dengan KMS Auto Lite


Software pertama yang dapat dipilih untuk melakukan aktivasi Windows 10 secara permanen adalah KMS Auto Lite. Program ini merupakan software yang memiliki fungsi untuk melakukan aktivasi Windows dan Microsoft Office. Untuk mengaktifkan Windows 10 menggunakan KMS Auto Lite, silahkan ikuti langkah-langkahnya seperti dijelaskan dibawah ini.

Jika Anda belum memiliki program KMS Auto Lite, bisa di download melalui tautan ini.

Mari dilanjut, silahkan ekstrak KMS Auto Lite yang sudah Anda download. Pada folder tersebut Anda akan menemukan dua buah file, yaitu KMSAuto X64 dan KMSAuto.

Jalankan sesuai dengan tipe Windows yang Anda gunakan. Jika menggunakan Windows 64 Bit, jalankan yang KMSAuto X64, dan jika 32 Bit silahkan jalankan yang KMSAuto. Pastikan Anda menjalankan KMS Auto Lite sebagai administrator (Run as administrator).

Cara Aktivasi Windows 10 dengan KMS Auto Lite

Pada jendela KMS Auto Lite, silahkan klik opsi Install GVLK. Selanjutnya beri centang pada Forcibly lalu klik Windows key untuk memasang produk key Windows 10 dari KMS Auto Lite.

Melakukan Aktivasi Windows 10 dengan KMS Auto Lite

Apabila berhasil, maka akan muncul keterangan KEY INSTALLED SUCCESSFUL (seperti terlihat pada gambar dibwah). Kemudian, silahkan klik Activate Windows untuk mengaktifkan Windows 10 yang anda gunakan.

cara aktivasi windows secara offline

Selesai - Sekarang Windows 10 di laptop Anda telah berhasil diaktivasi menggunakan software KMSAuto Lite. Anda tidak akan lagi menjumpai watermark "Activate Windows" di layar laptop Anda.

Video Cara Aktivasi Windows 10 Menggunakan KMSAuto Lite:



4. Cara Aktivasi Windows 10 dengan KMS Pico


Cara aktivasi Windows 10 berikutnya adalah dengan menggunakan bantuan software KMS Pico. KMS Pico bisa menjadi alternatif aktivasi Windows bagi Anda yang memiliki product key Windows 10.

Overall, KMS Pico ini sebenarnya memiliki fungsi yang sama dengan KMS Auto Lite, bahkan bisa dibilang penggunaannya justru lebih mudah.

Sudah punya program ini? Jika belum, silahkan download KMS Pico terlebih dulu.

Setelah di download, silahkan ekstrak file hasil unduhan tadi. Selanjutnya, klik kanan KMSpico, kemudian klik Run as Administrator.

cara mengaktifkan windows 10

Silahkan ditunggu sampai proses aktivasi Windows 10 selesai. Jika telah selesai akan muncul notifikasi suara berbunyi "complete". Itu artinya Anda sudah berhasil melakukan proses aktivasi Windows 10 di PC Anda dengan menggunakan KMS Pico.

Selanjutnya Anda dapat mengecek status aktivasi Windows yang terinstall di PC Anda. Jika langkah-langkahnya telah Anda ikuti sesuai panduan diatas, mestinya Windows 10 di komputer Anda telah aktif secara permanen.

trik mengaktifkan windows 10 secara gratis

Gambar diatas menunjukkan bahwa Windows 10 telah berhasil diaktifkan menggunakan software KMS Pico. Dibagian Windows activation terdapat keterangan "Windows is activated".

Penutup


Cara aktivasi Windows 10 tanpa product key sebagaimana telah diulas diatas ternyata dapat dilakukan dengan begitu mudah.

Ada berbagai macam software Windows Activator yang dapat digunakan untuk mengaktifkan Windows secara offline, dan dua diataranya adalah yang digunakan dalam panduan ini dimana proses aktivasi Windows secara offline dapat dilakukan dengan sangat cepat serta gratis permanen.

Share

LATEST ARTICLES

Post a Comment

close