Cara Membuat CCTV Dengan HP Android

Dirumah Anda mungkin membutuhkan CCTV namun Anda tidak berencana untuk membeli kamera CCTV. Solusinya, Anda bisa membuat CCTV dari HP Android.

Anda dapat memanfaatkan smartphone Android untuk membuat CCTV yang dapat dipasangkan dirumah Anda atau dilokasi tertentu yang Anda inginkan.

Memasang CCTV dengan HP Android sendiri sangat mudah. Anda tidak perlu punya keahlian yang sifatnya cukup teknis untuk dapat menjadikan HP Android sebagai CCTV.

Anda hanya perlu menyiapkan HP Android yang mungkin sudah tidak lagi digunakan, dan selanjutnya Anda dapat memfungsikan ponsel tersebut menjadi kamera CCTV yang siap bekerja laksana kamera CCTV.

Cara Membuat CCTV dari HP


Untuk melakukannya, ada beberapa perlengkapan seperti disebutkan dibawah. Langkah-langkahnya sangat mudah, dan berikut ini adalah beberapa perlengkapan yang diperlukan:

  1. Smartphone Android yang sudah tidak terpakai (digunakan sebagai kamera CCTV).
  2. Smartphone Android yang biasa Anda gunakan (digunakan sebagai alat monitoring).
  3. Charger HP (bisa juga diganti dengan power bank)
  4. Aplikasi CCTV (aplikasi CCTV Android pilihannya cukup banyak).
  5. Koneksi internet.

Dengan ketiga modal tersebut, Anda dapat menjadikan HP Android miliki Anda menjadi kamera CCTV yang siap megawasi berbagai aktivitas disekitar rumah Anda.

Dalam artikel ini, saya menggunakan dua aplikasi kamera CCTV yang memang terbukti sangat mudah digunakan dan works secara sempurna.

Kedua aplikasi CCTV tersebut adalah WardenCam dan Alfred Home Security Camera. Anda bisa memilih salah satu atau bisa juga mencoba kedua-duanya.

1. Cara Membuat HP Android Jadi CCTV dengan Aplikasi Alfred Home Security Camera


Step 1: Siapkan Dua HP Android

Cara Membuat CCTV Dengan HP Android

Proses pemasangan CCTV menggunakan HP yang diperlukan adalah menyiapkan dua buah smartphone Android.

Satu smartphone digunakan sebagai kamera CCTV, dan satunya lagi difungsikan sebagai alat untuk melakukan monitoring.

Untuk mendapatkan tangkapan kamera yang lebih luas, Anda bisa letakkan HP yang difungsikan sebagai CCTV ditempat yang lebih tinggi.

Usahakan juga untuk koneksi internetnya stabil mengingat aplikasi CCTV ini sangat dipengaruhi stabilitas koneksi internet yang Anda gunakan.

Step 2: Install Aplikasi Alfred Home Security Camera

Cara Membuat HP Android Jadi CCTV

Jika perlengkapan lain sebagaimana disebutkan diatas telah Anda siapkan, berikutnya adalah menginstall aplikasi Alfred Home Security Camera.

Aplikasi ini dapat Anda download via Play Store. Tak perlu khawatir, aplikasi ini dapat Anda gunakan secara gratis, kecuali Anda memilih upgrade ke versi premium.

Step 3: Memilih Fungsi HP 

Memilih Fungsi HP Sebagai CCTV

Saat Anda membuka aplikasi ini, akan ditampilkan beberapa panduan. Kemudian akan muncul dua pilihan, yaitu Camera dan Viewer.

Pilihan Camera adalah opsi untuk menjadikan HP Android sebagai kamera. Anda bisa memilih HP dengan resolusi kamera yang lebih baik untuk difungsikan sebagai kameranya.

Pilihan yang kedua yaitu HP dijadikan sebagai Viewer atau pemantau yang nantinya lewat HP ini Anda dapat memonitor setiap aktvitas yang terpantai melalui kamera HP yang Anda fungsikan sebagai Camera.

Step 4: Gunakan Satu Akun Google

Cara Menggunakan CCTV dengan HP Android

Saat Anda memilih fungsi masing-masing HP, Anda akan diminta untuk memasukkan akun Google supaya dapat saling terhubung.

Anda bisa menggunakan satu akun Google di kedua perangkat karena aplikasi ini bisa terhubung lewat akun Google.

Dengan akun Google tersebut nantinya Anda juga dapat mengakses kamera ini di PC melalui website Alfred.

Step 5: Memonitor Aktivitas CCTV

Cara Memonitor Aktivitas CCTV di Android

Sesudah menyelesaikan step-step diatas, silahkan letakkan HP Anda ditempat yang Anda inginkan. Anda dapat memilih menggunakan kamera belakang maupun kamera depan.

Selanjutnya aplikasi Alfred Security Camera akan beroperasi di background dan akan terus merekam, termasuk saat kondisi layar telah mati.

Ingat! Anda perlu menginstall aplikasi yang sama di masing-masing HP.

Saat smartphone yang dijadikan sebagai kamera telah berfungsi, Anda dapat memantaunya melalui HP yang satunya secara real-time.

Kini dengan berbekal dua buah smartphone Android, Anda dapat membuat kamera CCTV secara mudah yang dapat difungsikan sebagaimana kamera CCTV sesungguhnya.

Video kamera CCTV HP dengan aplikasi Alfred:



2. Cara Membuat Kamera CCTV dengan HP Menggunakan Aplikasi WardenCam


Cara Membuat Kamera CCTV dengan HP Menggunakan Aplikasi WardenCam

Nah, pilihan aplikasi berikutnya yang juga dapat menyulap smartphone Anda menjadi kamera CCTV adalah WardenCam.


Cara kerja aplikasi ini tak ubahnya aplikasi yang pertama. Proses atau langkah-langkah penggunannya juga sama persis dengan aplikasi Alfred Camera.

Untuk memfungsikan HP jadi CCTV dengan menggunakan aplikasi WardenCam, silahkan ikuti langkah-langkahnya seperti panduan diatas.

Kesimpulan


Dulunya untuk memiliki kamera CCTV dibutuhkan biaya yang tidak murah, namun kini seiring dengan perkembangan teknologi, Anda bisa membuat HP Android sebagai kamera CCTV dengan proses instalasi atau penggunaan yang sangat cepat dan mudah.

Jika Anda punya dua smartphone, Anda dapat menjadikannya sebagai kamera CCTV yang dapat Anda tempatkan dirumah atau ditempat lain yang membutuhkan pengawasan.

Demikianlah info cara membuat kamera CCTV menggunakan HP Android, semoga berguna bagi Anda. Dan sebagai catatan, cara diatas juga bisa diaplikasikan pada perangkat berbasis iOS. Jadi, bagi Anda pengguna iPhone, Anda juga bisa mencobanya.

Share

LATEST ARTICLES

Post a Comment

close