5 Cara Mudah Mengatasi HP Android Lemot


Cara Mudah Mengatasi HP Android Lemot
Img (c) betanews.com
HP Android loading lambat atau lemot dipicu oleh sejumlah faktor. Anda tentunya tidak ingin terus-terusan dibekap loading lambat, terlebih lagi jika Anda tergolong sangat aktif dalam menggunakan smartphone, baik itu untuk berjejaring sosial, browsing informasi di internet, gaming, ataupun menggunakan smartphone untuk keperluan lainnya.

Tidak lama ini saya sudah sempat posting artikel cara streaming video lewat hp Android, dan cara mengatasi hp Android tidak bisa install aplikasi. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi beberapa kiat sederhana yang dapat Anda terapkan guna mengatasi hp Android lemot yang pastinya hp lemot akan membuat Anda merasa sangat tidak nyaman dalam menggunakannya.

Bagi Anda yang memiliki smartphone Android lemot, silakan terapkan beberapa tips mengatasi masalah ponsel Android lambat berikut ini:

1. Install Aplikasi Sesuai Specs Ponsel

Specs ponsel tentunya berbeda satu sama lain. Artinya, usahakan hanya memasang aplikasi yang sesuai dengan specs hardware smartphone Anda. Sebut saja smartphone Anda hanya dibekali RAM 256 MB dan Anda memasang aplikasi gaming berat, maka sudah pasti kondisi ini dapat menyebabkan loading smartphone Anda lambat ketika aplikasi tersebut dalam keadaan aktif.

2. Hapus Aplikasi Yang Tidak Seberapa Anda Butuhkan

Tidak ada salahnya untuk membuang aplikasi-aplikasi yang tidak terlalu penting. Selain untuk menghemat space memori, hal ini juga dapat menjaga tingkat kecepatan loading smartphone Anda. Dengan hanya memuat jumlah aplikasi yang relatif sedikit, smartphone Anda akan bekerja dengan lebih cepat.

3. Hapus Aplikasi Yang Mengalami Masalah

Dari sekian banyak aplikasi yang terpasang di smartphone, tidak menutup kemungkinan ada salah satu aplikasi yang kurang kompatibel dengan smartphone Anda atau aplikasi tersebut mengalami crash. Lakukan pengecekan terhadap aplikasi yang Anda curigai, dan pastikan untuk menghapus aplikasi tersebut dari smartphone Anda.

4. Jangan Gunakan Semua Space Memori

Memenuhi media storage hingga mencapai total ruang dapat menyebabkan smartphone menjadi lelet. Misalkan total ruang penyimpanan memori pada smartphone Android Anda adalah 2 GB, maka usahakan untuk menysisakan ruang setidaknya 100 MB dari total kapasitas. Jika memori sudah mendekati penuh, Anda dapat menghapus sejumlah file yang kurang penting atau dengan memindahkannya ke komputer.

5. Matikan Aplikasi Aktif Yang Kurang Penting

Salah satu keunggulan yang ada pada smartphone tidak lain adalah memiliki kemampuan menjalankan sekian banyak aplikasi dalam waktu bersamaan. Namun, hal ini dapat memicu lambatnya loading jika tidak diimbangi dengan kapasitas RAM yang cukup. Selain itu, tipe processor juga dapat dijadikan ukuran. Guna menjaga stabilitas loading smartphone Anda, silakan matikan aplikasi aktif yang tidak terlalu Anda butuhkan.

Demikian 5 cara mudah mengatasi ponsel Android yang loading lambat, semoga dapat memberikan solusi.

No comments