Cara Root HP Android Secara Mudah


Bagi sebagian pengguna Android yang notabene masih pemula, mungkin masih ada diantara mereka yang belum sepenuhnya memahami apa itu root pada perangkat Android. Root adalah sebuah proses yang dilakukan dengan tujuan untuk memberikan hak penuh kepada user. Artinya, jika ponsel Anda sudah selesai Anda root, maka Anda memiliki hak penuh untuk mengakses ke semua bagian pada ponsel Anda.

Setelah ponsel Anda dalam keadaan sudah di root, Anda dapat melakukan berbagai hal pada ponsel Anda yang sejatinya akses tersebut tidak akan Anda dapatkan tanpa melalui proses root. Nah, disinilah yang mendorong banyak orang untuk meng-root hp Android mereka karena dengan begitu mereka akan memiliki hak akses yang lebih luas terhadap ponsel mereka.

Secara umum, ada dua cara melakukan root hp Android. Cara yang paling umum alias paling banyak digunakan adalah melakukan root melalui perangkat komputer dengan menggunakan aplikasi rooting. Sementara itu, cara yang kedua adalah dengan melakukan root langsung dari handphone. Apakah rooting dari handphone dapat dilakukan? jawabannya bisa. Namun, pada artikel ini saya akan memberikan panduan cara rooting hp Android menggunakan komputer.

Untuk tutorial cara root hp Android langsung dari hp akan saya bahas pada sesi posting berikutnya. Silakan simak panduan cara root hp Android secara mudah menggunakan aplikasi Root Genius sebagai berikut.

*) Catatan: Rooting Android pada turorial ini saya menggunakan smartphone OPPO Find Joy.


  • Pastikan Anda terhubung dengan internet.
  • Silakan nonaktifkan antivirus di komputer Anda terlebih dulu.
  • Silakan download aplikasi Root Genius. (cari info link downloadnya)
  • Aktifkan mode USB Debugging di smartphone Anda; caranya sebagai berikut:
  1. Untuk Android versi 3.0-4.1x "Settings>Developer Options>USB Debugging"
  2. Untuk Android versi 4.2.x "Settings>About Phone>sentuh pada bagian "Build Number" 7 kali sampai muncul pesan "You are now a developer!" kemudian kembali lagi ke "Settings>Developer Options>USB Debugging".
  • Sampai disini saya anggap Anda sudah menginstal aplikasi Root Genius.
  • Hubungkan smartphone Anda dengan komputer menggunakan kabel USB.
  • Silakan Anda buka Aplikasi Root Genius.
  • Beri tanda centang pada Accept the user agreement pada aplikasi Root Genius, selanjutnya aplikasi Root Genius akan mendeteksi ponsel Android Anda secara otomatis.

Cara Root HP Android Secara Mudah

  • Apabila ponsel Anda sudah terdeteksi, lanjutkan dengan mengklik "Root it"
  • Silakan Anda tunggu proses Root Genius rooting ponsel Anda.

Cara Root HP Android Dengan Komputer

  • Apabila Root Genius sudah selesai melakukan rooting ponsel Anda, ponsel Anda kemudian akan reboot / restart secara otomatis.

Cara Root HP Android Dengan Root Genius

  • Untuk memastikan apakah ponsel Anda benar-benar sudah berhasil di root, silakan cek pada daftar menu ponsel Anda apakah terdapat aplikasi "Kinguser". Apabila aplikasi "Kinguser" sudah terpasang di ponsel Anda, maka itu artinya ponsel Anda memang sudah berhasil di root.

aplikasi kinguser

Demikian, semoga bermanfaat. Selamat menikmati akses penuh smartphone Android Anda.

3 comments

harus diinstal terlebih dahulu yaa ...

Tips yang bermanfaat mbak :D
emang dg diroot kita bisa lebih bebas ya..
btw, salam kenal kalau ada waktu mampir mbak ke blog saya... Hehe

Tentu saja harus di install dulu