Kamus Teknologi Smartphone (20 Istilah Berkaitan dengan HP)

Teknologi smartphone kian pesat berkembang. Jika dulunya kita hanya dapat mengandalkan ponsel biasa yang secara keseluruhan hanya dapat digunakan untuk telepon dan kirim SMS, sekarang berbagai macam fitur memukau telah hadir pada perangkat smartphone.

Untuk orang awam, mungkin banyak yang belum mereka pahami mengenai beberapa istilah yang berkaitan dengan teknologi smartphone. Wajar, karena smartphone terus dilakukan pembaharuan dan selalu muncul hal-hal baru yang cukup asing ditelinga orang awam.

Nah berikut ini kamus teknologi smartphone atau beberapa istilah yang berhubungan dengan teknologi smartphone yang mungkin belum Anda pahami. Dibawah ini diulas mengenai Flash, Bandwidth, ShatterShield, dan lain-lain. Selamat menyimak, wawasan Anda akan sedikit bertambah dengan membaca artikel ini.

1. Dolby Vision & HDR 10


Untuk penikmat film, selain aspek rasio Univisium, pastikan smartphone Anda juga telah mendukung standar baru Mobile HDR, yaitu Dolby Vision dan HDR 10.

Kualitas display video yang Anda tonton jadi lebih cerah, warna lebih hidup, kontras terlihat lebih baik, namun tetap mempertahankan area gelap.

2. Univisium 


Univisium adalah format aspek rasio baru pada smartphone. Contoh pabrikan smartphone yang menggunakannya termasukSamsung dan LG. Pada Galaxy Note 8, teknologi ini dikenal sebagai Infinity Display.

Mereka mengadopsi layar dengan aspek rasio 18:9 atau perbandingan 2:1, sehingga disebut juga Univisium. Aspek rasio ini menawarkan sebuah media theater yang menjadi standar pengalaman menonton video yang kian menyenangkan.

3. Always-on Display


Istilah pada teknologi smartphone berikutnya adalah Always On Display. Istilah ini mengacu pada kemampuan smartphone dimana sebuah smartphone akan selalu menyala untuk menampilkan waktu dan notifikasi.

Dengan hadirnya teknologi ini, maka user tidak perlu khawatir akan melewatkan notifikasi atau pemberitahuan penting.

4. Quick Charge


Pernah lihat iklan yang memaparkan waktu isi ulang baterai sedemikian cepat? Quick Charge merupakan sebuah teknologi ponsel yang memungkinkan ponsel tersebut dapat mengisi baterai secara cepat dari waktu normal yang diperlukan.

Quick Charge tertanam pada chipset buatan Qualcomm. Versi terbarunya adalah Quick Charge 4+, menawarkan kemampuan pengisian daya baterai hanya dalam waktu 5 menit baterai dapat digunakan selama 5 jam.

5. ProMotion Display


Ini adalah sebuah teknologi layar terbaru yang diaplikasikan pada perangkat iPad Pro dengan refresh rate adaptif tinggi, yakni mencapai 120Hz.

Untuk diketahui, rata-rata perangkat mobile yang ada di pasaran saat ini masih berjalan dengan 60Hz. Dua keunggulan layar 120Hz yaitu memiliki tampilan yang lebih halus dan lebih realistis.

Dengan teknologi ini, pengalaman menggambar kian terasa, karena latensi stylus menjadi lebih berkurang. Apa yang Anda coretkan langsung tampil di layar tanpa ada penundaan.

6. Water Resistant


Cari HP anti air? Jika iya, maka Anda perlu memilih smartphone yang telah dibekali teknologi water resistant.

Pilihan hp anti air sudah cukup banyak, beberapa pabrikan yang telah merilis smartphone dengan teknologi water resistant termasuk, Samsung, Apple, dan Huawei.

Smartphone dengan fitur water resistant telah dilengkapi dengan sertifikasi IP67/1P68, yang dapat Anda anak nyebur ke air sedalam 1.5 meter dalam hitungan waktu 30 menit.

7. ShatterShield


Motorola yang mulai memperkenalkan istilah ini. Salah satu smartphone keluaran terbaru yang menggunakan lapisan ShatterShield adalah Moto Z2 Force.

Adapun shattershield adalah sebuah teknologi layar anti-retak yang sangat kuat, sehingga layar ponsel tidak mudah pecah meskipun ponsel jatuh.

8. GPS


Global Positioning System atau GPS adalah sistem penentuan lokasi berdasarkan sinyal satelit yang akan menghasilkan informasi berupa koordinat, latitude dan lokasi dalam peta.

Cara kerja GPS ini membutuhkan 3 komponen dalam menentukan lokasi, yaitu satelit, receiver dan posisi yang baik (tanpa hambatan).

9. A-GPS


A-GPS adalah sebuah teknologi yang menggunakan server bantuan untuk memotong waktu yang dibutuhkan untuk menentukan lokasi penggunaan GPS.

Teknologi ini cukup berguna di daerah perkotaan atau ruangan yang memiliki banyak penghalang. 3 komponen yang dibutuhkan adalah satelit, assistance server (GSM) dan receiver A-GPS.

10. LED Flash


LED Flash adalah lampu flash yang menggunakan diode biasa. LED Flash digunakan untuk keperluan pencahayaan pada ponsel, misalkan pada saat memotret di malam hari kamera HP memerlukan dukungan cahaya.

Kelebihannya LED flash yakni lebih hemat daya, namun kurang maksimal jika digunakan untuk mengambil foto pada malam hari.

11. XENON Flash


XENON Flash merupakan perangkat seperti lampu blitz yang berfungsi dalam hal pencahayaan kamera smartphone.

Xenon Flash sama halnya dengan LED Flash, namun memiliki keunggulan dibanding LED Flash. Xenon Flash mampu menghasilkan pencahayaan yang lebih terang dibanding LED Flash, namun demikian ia lebih boros baterai.

12. GEO Tagging


Fitur ini akan membuat foto yang dihasilkan dari kamera dapat diketahui informasinya berupa posisi data GPS (longitude, latitude dan altitude).

Dengan menggunakan fitur GEO Tagging, maka Anda atau orang lain dapat mengetahui letak pengambilan sebuah foto termasuk data dan waktu ketika foto tersebut diambil.

13. Bandwidth


Bandwidth merupakan salah satu istilah yang sangat sering kita dengar berkaitan dengan teknologi internet dan smartphone. Secara ringkasnya, bandwidth adalah lebar jalur.

Bandwidth merupakan jumlah kapasitas maksimum suatu jalur komunikasi yang digunakan untuk mengirimkan data antara server dan client dalam hitungan bit per second (bps).

14. PCB 


Printed Circuit Board atau PCB merupakan papan yang berguna untuk digunakan sebagai letak berbagai komponen penting seperti PA, LCD, dan IC.

15. Hybrid Dual SIM


Hybrid Dual SIM adalah ponsel memiliki dua buah slot untuk kartu SIM. Namun, slot tersebut juga dapat diguanakan untuk meletekkan kartu memory.

Apabila user ingin menggunakan dua kartu SIM, maka kartu memory microSD tidak dapat dipasang di smartphone karena slot sudah tidak lagi tersisa.

16. Corning Gorilla Glass


Corning Gorilla Glass adalah lapisan pelindung sebuah layar smartphone yang fungsinya untuk meminimalisir kerusakan yang sangat mungkin terjadi akibat adanya gesekan pada layar atau karena ponsel terjatuh.

Jadi, Corning Gorilla Glass digunakan sebagai alat proteksi agar tidak menyebabkan kerusakan pada bagian layar ponsel.

17. Chipset


Chipset adalah sekumpulan chip atau biasa disebut dengan IC (Integrated Circuit). Chip-chip ini dirancang dengan fungsi-fungsi tertentu agar dapat saling bekerjasama satu dengan yang lain.

Dalam sistem komputer, chipset biasanya terdapat pada beberapa perangkat, seperti motherboard dan kartu ekspansi seperti VGA Card. Keberadaan chipset ini bisa dianalogikan sebagai Polantas yang ditugaskan untuk mengarahkan aliran data dalam sebuah komputer dan menentukan perangkat apa saja yang sesuai dengan komputer tersebut.

Misalnya saja, chipset yang dapat mengarahkan data yang berasal dari CPU (processor) menuju perangkat seperti kartu VGA atau RAM.

18. FPS


Fram per Second atau FPS adalah sebutan untuk berapa banyak frame (layar) yang bisa dihasilkan oleh perangkatmu per detiknya dalam sebuah game.

Semakin tinggi atau semakin banyak jumlah FPS yang dihasilkan, maka gerakan yang terasa di dalam game akan semakin halus dan lancar.

19. GPU


Graphics Processing Unit atau GPU adalah sebuah prossesor khusus untuk bagian grafis 3D dari microprocessor. Alat ini digunakan di sistem benam, smartphone, komputer pribadi, workstation, dan console game.

20. RAM


Teknologi Smartphone - 20 Istilah Berkaitan dengan HP
Smartphone Technology: 5x Dual-Camera Zoom

Random Access Memory atau yang lebih sering disebut RAM adalah sebuah hardware (perangkat keras) pada komputer atau smartphone yang fungsinya adalah untuk mengoperasikan perangkat.

RAM ini berbeda dengan memory internal atau jika di komputer disebut hardisk. RAM tidak dapat digunakan untuk menyimpan data sebagaimana Anda menyimpan file di hardisk atau microSD, RAM berguna untuk pengoperasian perangkat dimana semakin tinggi kapasitasnya, maka semakin cepat pula performa suatu perangkat.

Penutup


Itulah 20 istilah pada HP atau smartphone yang mungkin sebelumnya belum Anda pahami. Semoga ulasan ringkas diatas berguna bagi Anda.

Selain yang disebutkan diatas, pastinya masih ada sekian banyak istilah-istilah lain yang berkaitan dengan teknologi smartphone yang tidak sempat diulas dalam artikel ini.

Share

LATEST ARTICLES

Post a Comment

close