4 Cara Membuat Foto 360 Derajat di Android

Kreasi foto cukup beragam. Selain efek bokeh, foto juga dapat dibuat menjadi berbentuk 360 derajat. Foto 360 derajat memang memiliki kesan tersendiri.

Pilihan mode foto pada kamera smartphone yang bisa dikreasikan sedemikain rupa, memungkinkan user untuk membuat foto 360 derajat.

Kamera 360 memungkinkan user untuk mengabadikan momen dalam sebuah foto dalam bentuk 360 derajat, jadi bukan hanya bagian depan yang diambil.

Saat ini memang tidak semua smartphone memiliki fitur bawaan kamera 360 derajat, namun user disuguhkan banyak aplikas kamera 360 derajat yang bisa di download secara gratis.

Di Play Store telah tersedia berbagai macam pilihan aplikasi kamera 360 yang bisa digunakan para pengguna Android untuk mengambil foto 360 derajat.

Salah satu aplikasi kamera 360 yang cukup populer adalah CardBoard Camera. Aplikasi ini mampu membuat foto 360 dari kamera semua tipe smartphone Android.

Cara menggunakan aplikasi kamera 360 CardBoard Camera pun cukup mudah. Setelah menginstallnya di smartphone Anda, cara penggunaannya cukup simple.

1. Cara Membuat Foto 360 Derajat di Android dengan Aplikasi CardBoard Camera


  1. Pertama, download dan install terlebih dulu aplikasi CardBoard Camera melalui Play Store.
    Cara Membuat Foto 360 Derajat di Android
  2. Tentukan atau pilih tempat yang tepat untuk mengambil foto.
    Cara Membuat Foto 360 Derajat di HP Android
  3. Silahkan buka aplikasi CardBoard Camera dan tap icon yang bergambar kamera di sebelah kanan-bawah layar smartphone Anda - Silahkan abadikan mulai mengabadikan gambar.
    Cara Mengambil gambar 360 Derajat di Android
  4. Cara membuat foto 360 yakni dengan memegang kamera sambil berputar ditempat.

Nah setelah selesai membuat foto 360 derajat, Anda dapat mengunggahnya ke akun jejaring sosial Anda, seperti Facebook, Instagram, atau Twitter.

Foto dengan bentuk 360 derajat mungkin akan memiliki magnet tersendiri bagi follower Anda di sosial media.

2. Cara Membuat Foto 360 Derajat dengan Aplikasi Panorama 360


Jika sebelumnya Anda dapat membuat foto dengan efek 360derajat menggunakan aplikasi CardBoard Camera, alternatifnya Anda juga dapat membuat desain foto yang sama menggunakana plikasi Panorama 360.

Aplikasi Panorama 360 sebenarnya tidak kalah familiarnya dikalangan pengguna Android. Sebagian user Android mengandalkan aplikasi ini untuk memotret gambar bergaya 360 derajat.

Untuk membuat foto 360 derajat di semua tipe hp Android dengan berbekal aplikasi ini, silahkan ikuti langkah-langkahnya seperti dijelaskan berikut ini.

  1. Download dan install aplikasi Panorama 360 lewat Google Play Store.
    aplikasi kamera 360 derajat
  2. Setelah di install di hp Android Anda, silahkan berikan izin untuk permintaan yang diminta aplikasi ini agar aplikasi bisa berjalan sebagaimana mestinya.
  3. Sebelum Anda mengambil foto, posisi smartphone harus dalam keadaan potrait, selanjutnya tap Start Capture untuk memulai.
    foto hasil efek 360 derajat
  4. Untuk memudahkan user, terdapat petunjuk pengambilan gambar yang akan muncul secara otomatis apabila gambar sebelumnya telah diambil. Anda hanya perlu mengikuti petunjuk tersebut sampai selesai.
    cara setting kamera hp 360 derajat
  5. Apabila foto telah berhasil diambil, secara otomatis akan tersimpan di Gallery. Berikutnya, foto tersebut siap Anda bagikan di akun sosial media milik Anda. Jadi dengan mengandalkan aplikasi ini, Anda bisa dengan mudah membuat foto 360 derajat di Instagram ataupun Facebook.

Apalikasi ini juga menyiapkan fitur HD untuk menghasilkan gambar berkualitas tinggi, sayangnya pengguna perlu membayar untuk menggunakan fitur ini.

3. Aplikasi Kamera 360 Derajat Terbaik


Untuk Anda yang memiliki smartphone yang belum support foto 360 derajat, berikut ini aplikasi kamera 360 derajat terbaik untuk Android.

1. Camera360 

aplikasi kamera 360 derajat - Camera360

Camera360 merupakan salah satu aplikasi kamera foto 360 derajat terbaik yang dapat dinikmati pengguna Android. Dengan kemampuannya menghasilkan foto 360 derajat yang terbilang sempurna, aplikasi ini mendapatkan rating pengguna cukup tinggi, 4.5.

2. Fyuse - 3D Photos

aplikasi kamera 360 derajat - Fyuse

Aplikasi lain yang juga menawarkan kemampuan pengambilan gambar 3D adalah Fyuse. Aplikasi ini siap menghasilkan foto spasial yang memungkinkan Anda untuk melihat posisi Anda dalam berbagai perspektif atau sudut.

3. Photaf Panorama Pro

aplikasi kamera 360 derajat - Photaf

Aplikasi kamera 360 derajat ini dirancang khusus untuk membuat gambar panorama 360 yang indah dan terpadu secara mudah menggunakan kamera smartphone Anda. Aplikasi ini akan mengarahkan Anda untuk mengambil foto pada sudut yang benar guna mendapatkan tampilan panorama yang sempurna.

4. LG 360 CAM Viewer

aplikasi kamera 360 derajat - LG 360 CAM

Aplikasi ini akan melakukan scanning secara otomatis pada Gallery di smartphone Android Anda untuk menemukan foto 360 derajat. Salah satu aplikasi 360 derajat terbaik yang dtelah dilengkapi sensor gyroscope.

5. 360cam

aplikasi kamera 360 derajat - 360Cam

Aplikasi 360cam dibuat oleh Giroptic, merupakan salah satu aplikasi Android terbaik untuk foto 360 derajat. Aplikasi ini dirancang untuk memudahkan pengguna kamera hp dalam mengambil video dan foto secara mudah dari berbagai perspektif.

4. Video Cara Membuat Foto 360 Derajat di Android




Penutup


Anda ingin mengambil gambar bergaya 360 derajat namun smartphone Android Anda belum support mode tersebut?

Tidak perlu khawatir, Anda bisa mengandalkan aplikasi kamera 360 derajat yang dapat Anda gunakan secara gratis dan pilihannya pun cukup banyak.

Anda dapat memilih salah satu atau beberapa aplikasi kamera 360 derajat terbaik untuk dapat mengabadikan momen dalam bentuk 360 degree lewat smartphone Anda.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url