Cara Membatasi Pengguna WiFi di Android

Smartphone Android dilengkapi fitur hotspot yang memungkinkan user untuk berbagi koneksi internet melalui sambungan WiFi. Ketika hotspot diaktifkan, maka user bisa berbagi koneksi data dengan pengguna lain baik dengan atau tanpa proteksi.

Jika user bersangkutan memilih untuk menambahkan password pada hotspot miliknya, maka klien (pengguna WiFi) harus mengetahui password hotspot tersebut supaya bisa terhubung lewat WiFi. Dan untuk keperluan keamanan, biasanya setiap hotspot memang dilindungi dengan sandi. Kecuali, hotspot tersebut memang sengaja dibuat open.

Pada perangkat Android, jumlah pengguna WiFi melalui hotspot bisa dibuat unlimited atau sampai dengan jumlah tertentu (misalkan 2-10 orang). Anda bisa saja berbagi koneksi tanpa batas atau unlimited users, namun hal ini tentu akan membuat paket internet Anda menjadi cepat habis. Sekalipun Anda memiliki paket internet unlimited, tetap saja berlaku FUP seperti paket internet unlimited Smartfren.

Nah, disini kita akan berbagi informasi cara membatasi jumlah pengguna WiFi di HP Android agar tidak mengganggu kenyamanan Anda, baik dari sisi kecepatan akses maupun ukuran konsumsi data.

Tujuan Membatasi Jumlah Pengguna WiFi di Android


Ada beberapa hal yang bisa mendasari seorang user untuk memilih membatasi jumlah pengguna WiFi di perangkat Android miliknya, diantaranya:

  • Agar tidak terganggu internet WiFi lemot akibat jumlah pengguna yang terlalu banyak.
  • Untuk menghindari paket internet cepat habis jika digunakan dengan sekian banyak orang.
  • Agar lebih nyaman dan aman saat mengakses internet, khususnya pada jam-jam jaringan sibuk.

Mungkin saja salah satu dari beberapa alasan diatas yang kemudian mendorong Anda untuk memilih membatasi jumlah pengguna hotspot di HP Android milik Anda.

Cara Membatasi Jumlah Pengguna WiFi di HP Android


Ketika Anda sudah menentukan jumlah pengguna WiFi di Android, maka itu artinya Anda dapat memblokir pengguna WiFi pada perangkat Android milik Anda bilamana jumlah pengguna telah memenuhi kuota yang sudah Anda tetapkan.

Misalkan pada fitur pembatasan jumlah pengguna WiFi di HP Android Anda telah di set sebanyak 5 orang, maka tidak akan ada orang ke-6 atau ke-7 yang dapat menggunakan hotspot Anda. Anda pun tidak perlu khawatir akan terganggu atau mencemaskan paket data habis.

Untuk membatasi atau memblokir pengguna WiFi di Android kita dapat memanfaatkan fitur bawaan ponsel. HP Android telah tersedia fitur untuk membatasi pengguna WiFi. User hanya perlu masuk ke panel Settings untuk menentukan jumlah pengguna WiFi.

Bagaimana cara blokir pengguna WiFi di Android setelah mencapai jumlah tertentu? Silahkan ikuti langkah-langkahnya seperti dijelaskan berikut ini. Dan sebagai catatan, panduan cara membatasi klien WiFi dibawah ini dibuat menggunakan smartphone Xiaomi.

Namun, sebenarnya langkah-langkahnya tidak jauh berbeda dengan merk HP Android lainnya, misalkan Samsung, vivo, Sony, OPPO, atau Lenovo. Intinya, Anda perlu masuk ke menu pengaturan hotspot pada HP Android Anda.

1. Silahkan masuk ke menu Settings / Pengaturan pada ponsel Android Anda.

Cara Membatasi Pengguna WiFi di Android 1

2. Pada menu Pengaturan, Anda akan menjumpai menu Portable hotspot.

Cara Membatasi Pengguna WiFi di Android 2

3. Pada jendel pengaturan Portable hotspot, silahkan tap pada bidang Connected devices.

Cara Membatasi Pengguna WiFi di Android 3

4. Pada jendela Connected devices, silahkan tap pada Limit of connected devices untuk menampilkan pilihan jumlah pengguna WiFi yang Anda inginkan pada HP Android Anda. Dan jika Anda ingin memasukkan user dalam daftar blokir, silahkan tap pada Blocklist.

Cara Membatasi Pengguna WiFi di Android 4

5. Selanjutnya Anda tinggal tentukan berapa jumlah pengguna WiFi pada smartphone Android milik Anda yang Anda inginkan. Bisa 1 pengguna atau unlimited.

Cara Membatasi Pengguna WiFi di Android 5

6. Selesai

Seperti disebutkan sebelumnya, jika jumlah user WiFi telah Anda tetapkan. Maka, selanjutnya hotspot atau WiFi pada HP Android Anda hanya dapat digunakan sesuai dengan jumlah pengguna yang telah Anda tetapkan. Kecuali Anda memilih unlimited yang memungkinkan jumlah pengguna tanpa batas.

Penutup


Cara memblokir atau membatasi pengguna WiFi di HP Android dapat Anda lakukan dengan begitu mudah. Secara keseluruhan, Anda hanya perlu masuk ke menu Pengaturan kemudian masuk ke bagian Portable hotspot.

Jika memang dirasa perlu, Anda dapat mengaktifkan batas pengguna WiFi di perangkat Android milik Anda kapanpun Anda menginginkannya. Langkah-langkahnya cukup mudah dan cepat sebagaimana dijelaskan diatas.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url