Cara Membuat HP Android Jadi Remote TV, AC, Kipas, Receiver

Pengguna platform Android dimungkinkan untuk membuat HP Android miliknya menjadi alat yang berguna, termasuk untuk membuat HP Android jadi remote TV, AC, Kulkas, Receiver Parabola, Kipas Angin, dan lain sebagainya.

Sebagian smartphone Android yang beredar dipasaran telah dilengkapi fitur infrared. Fitur ini dapat Anda manfaatkan untuk menjadikan HP Android Anda sebagai remote peralatan barang elektronik di rumah atau di kantor seperti AC, speaker, TV, dan sebagainya.

Membuat remote TV dengan HP Android dapat dilakukan dengan begitu mudah. Pertama, Anda hanya perlu memastikan bahwa smartphone milik Anda dibekali fitur infrared. Jika tersedia, maka itu artinya Anda bisa menggunakannya sebagai remote.

Cara Membuat HP Android Jadi Remote TV Hingga Kulkas


Tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan HP Android jadi remote. Ini justru akan memudahkan Anda karena biasanya smartphone tidak jauh dari genggaman kita. Untuk membuat remote dengan Android, hanya ada dua bekal yang perlu disiapkan, yaitu:

  1. Smartphone Android yang dilengkapi Infrared.
  2. Aplikasi remote TV / AC / Decoder untuk Android

Saat ini telah banyak tersedia aplikasi remote TV untuk Android. Anda dapat menemukannya dengan begitu mudah di Play Store. Selain itu, untuk pengguna HP Xiaomi, aplikasi remote TV untuk HP Xiaomi bahkan sudah tersedia secara default - user tidak perlu menginstall sendiri.

Nah saya telah merangkum beberapa aplikasi remote TV dan lain-lain yang dapat Anda install di smartphone Android Anda guna menjadikan HP Anda sebagai remote.

Cara Membuat Remote dengan Android Menggunakan Aplikasi Zaza Remote


Cara Membuat Remote dengan Android Menggunakan Aplikasi

Aplikasi Zaza Remote merupakan aplikasi remote universal yang sangat disukai oleh pengguna Android yang ingin membuat remote dari HP Android.

Aplikasi remote Android yang satu ini bahkan supports hingga ribuan alat elektronik rumah tangga seperti TV, AC, DVD, Proyektor, Set Top Box (STB) receiver parabola, power amplifier, kipas angin dan lain sebagainya serta memiliki ratusan ribu databases remote control lokal yang dapat digunakan tanpa perlu dukungan koneksi internet. Sangat menarik, bukan?

Cara setting remote HP Android dengan aplikasi Zaza Remote:

  1. Pertama, silahkan download dan install aplikasi Zaza Remote lewat Google Play Store.
  2. Setelah aplikasi ini sukses terinstall di smartphone Android Anda, buka "Icon Menu" yang ada dipojok kiri-atas layar smartphone kemudian tap pada "Icon +".
  3. Selanjutnya "Pilih Perangkat Yang Anda inginkan" (bisa berupa TV, DVD, AC, atau yang lainnya).
  4. Carilah merk perangkat elektroniknya (cth: Samsung, Sony, Maspion, dsb).
  5. Lalu pilih "Nama Merk Perangkat" kemudian silahkan tap pada "Icon Power".
  6. Apabila tidak ada respon pada alat elektronik, silahkan tap "No Response".
  7. Lalu "Tap Kembali Tombol Icon Power" hingga ada respon.
  8. Jika telah ada respon, silahkan Anda "Tap Has Response".

Cara Membuat Remote dari Android dengan Aplikasi Smart IR Remote


Cara Membuat Remote dari Android dengan Aplikasi Smart IR Remote

Aplikasi remote untuk Android yang juga cukup mudah digunakan adalah Smart IR Remote. Klaim dari pengembang aplikasi ini telah supports hingga ratusan ribu perangkat elektronik. Dari berbagai aplikasi remote Android yang ada di Play Store, aplikasi Smart IR Remote memang memiliki jumlah pengguna yang cukup signifikan.

Jika Anda memasang aplikasi ini di smartphone Android milik Anda, maka Anda dapat menjadikan HP Android Anda sebagai remote berbagai macam perangkat elektronik, mulai kipas angin, decoder parabola, AC, kamera DSLR hingga kulkas.

Untuk cara konfigurasinya, secara keseluruhan hampir sama dengan aplikasi Zaza Remote. Jika tertarik, Anda bisa mencobanya sekarang.

Aplikasi Remote Android Tanpa Infrared


Seperti disebutkan sebelumnya, untuk bisa menggunakan HP Android sebagai remote perkakas elektronik di rumah dibutuhkan koneksi infrared pada ponsel. Namun, ada juga sejumlah aplikasi yang tidak mengharuskan adanya koneksi infrared.

Anda bisa mencobanya, namun sebagai catatan cukup banyak aplikasi remote Android tanpa infrared yang tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Jadi, Anda perlu memilih aplikasi yang benar-benar works.

Sementara itu, berikut ini adalah beberapa daftar aplikasi remote Android yang tidak membutuhkan infrared:

  1. Remote CT
  2. Chromecast
  3. ASmart Remote IR
  4. Mi Remote Controller
  5. Easy Universal Remote TV
  6. Super Command Universal TV

Semua aplikasi remote Android diatas bisa Anda download melalui Play Store. Silahkan Anda coba salah satu darinya.

Penutup


Membuat remote dari HP Android dapat dilakukan dengan sedemikian mudah. Telah tersedia berbagai macam aplikasi remote untuk Android yang dapat Anda pilih. Terlebih untuk Xiaomi, smartphone ini bahkan telah dilengkapi aplikasi remote bawaan.

Share

LATEST ARTICLES

Post a Comment

close