Cara Agar Paket Internet Tidak Cepat Habis

Cara agar paket internet tidak boros akan saya bahas pada kesempatan posting kali ini. Seperti diketahui, harga paket internet cukup mahal dan disisi lain kuota dengan begitu cepat habis, terlebih lagi jika kita terbiasa mengakses halaman web yang ukurannya cukup besar. Sebenarnya ada beberapa kiat yang bisa Anda terapkan sehingga kuota Anda bisa sedikit lebih hemat.

Bagi sahabat pembaca yang selama ini merasa sering kehabisan kuota karena tingkat keseringan Anda mengakses internet, tips menghemat kuota internet dibawah ini mungkin bisa memberi solusi. Silakan simak tips untuk menghemat paket data internet dibawah ini.

1. Pilih pengaturan hemat data di browser Google Chrome

Cara Agar Paket Internet Tidak Cepat Habis

Bagi Anda pengguna mobile browser Google Chrome, Anda dapat mengurangi penggunaan kuota data dengan cara mengaktifkan fitur Data Saver. Untuk mengaktifkan fitur ini silakan menuju ke menu Settings > Data Saver > ON. Fitur ini akan mengompres data Anda hingga 50% untuk mengurangi pemakaian data sehingga paket data Anda bisa lebih hemat.

2. Matikan opsi sinkronisasi yang tidak diperlukan

Cara Agar Paket Internet Tidak Cepat Habis

Cara menghemat kuota internet di hp Android berikutnya adalah dengan cara menon-aktifkan akun yang memiliki opsi sinkronisasi dan tidak seberapa Anda perlukan. Untuk memulainya, silakan masuk ke menu Settings > Accounts > pilih akun yang tidak ingin Anda sinkronisasikan. Cara ini dapat mengurangi jumlah pemakaian kuota data Anda karena aplikasi tersebut tidak akan tersambung ke internet secara otomatis.

3. Batasi pemakaian data di background (Restrict Background Data)

Cara Agar Paket Internet Tidak Cepat Habis

Jika kedua solusi diatas masih belum membantu, cara menghemat paket data berikutnya adalah dengan menghentikan penggunaan data di background. Untuk membatasinya silakan masuk ke menu Settings > Data Usage > Tap tiga garis vertikal di kanan atas > Restrict background data > OK. Opsi ini akan memotong aplikasi yang menggunakan data saat mereka berjalan di background. Cara ini menyisakan kekurangan, datangnya notifikasi ponsel menjadi lambat.

4. Indentifikasi aplikasi yang menyedot kuota data

Cara Agar Paket Internet Tidak Cepat Habis


Sebagian aplikasi memang dibuat untuk memudahkan user, namun hal tersebut juga semakin meningkatkan ukuran penggunaan data. Untuk mengetahui aplikasi yang banyak memakai data, Anda bisa masuk menu Settings > Data Usage, scroll ke bawah dan temukan daftar aplikasi yang memakan banyak data. Jika tidak seberapa dibutuhkan, Anda bisa uninstall aplikasi tersebut kemudian menggantinya dengan aplikasi baru yang lebih hemat kuota.

5. Batasi update aplikasi - Hanya pilih jika terhubung dengan WiFi

Cara Agar Paket Internet Tidak Cepat Habis

Secara default, setiap aplikasi yang Anda download via Google Play akan melakukan update secara otomatis begitu ada pembaharuan. Update yang ditawarkan aplikasi terkadang memakan kuota yang sangat besar sesuai dengan perubahan pada aplikasi tersebut. Hal ini tentu saja akan membuat boros kuota. Untuk menyikapi hal ini, silakan aktifkan opsi Wifi only. Aplikasi akan meng-update datanya hanya pada saat ponsel terkoneksi dengan WiFi. Untuk mengaktifkannya, masuk ke Play Store dan pilih menu Settings > Auto-update apps > Auto-update apps over WiFi Only.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url