Tips Untuk Meningkatkan Lifetime Smartphone


img (c) James Niccolai/IDG News Service
img (c) James Niccolai/IDG News Service
Lifetime smartphone adalah ukuran ketahanan smartphone tersebut dari mengalami kerusakan. Nah, kali ini saya ingin share beberapa kiat untuk meningkatkan keawetan smartphone, khususnya smartphone yang menerapkan sistem operasi Android. Awet tidaknya sebuah ponsel sejatinya bergantung pada banyak hal, dan tidak semata-mata ditentukan oleh mutu hardware atau kualitas pabrikan.

Untuk menjaga ponsel Anda agar bisa terhindar dari masalah fatal hanya dalam rentang waktu yang relatif singkat, maka pola penggunaannya harus terjaga. Pola penggunaan terjaga ini meliputi pengisian ulang baterai, penggunaan, menghindarkan ponsel dari benda-benda yang bisa memicu kerusakan, dll.

Agar hp Anda tidak mudah rusak, silakan simak beberapa tips untuk meningkatkan lifetime hp berikut ini dan silakan Anda terapkan.

1. Proteksi Ponsel
Memproteksi ponsel yang saya maksudkan pada poin ini adalah dengan memasang cover casing atau casing pelindung. Tujuannya bukan hanya untuk menghindarkan ponsel dari goresan tetapi juga untuk menjaga ponsel dari kerusakan saat ponsel tersebut jatuh.

2. Jaga Pola Isi Ulang Baterai
Baterai adalah sumber energi ponsel Anda. Baterai tidak sebatas menjadi energi untuk menghidupkan ponsel, tetapi baterai juga dapat menyebabkan kerusakan pada komponen lainnya jika prilaku pengisian ulang daya tidak dilakukan secara teratur. Jangan menggunakan ponsel pada saat sedang dilakukan pengisian ulang baterai guna menghindarkan ponsel dari kerusakan akibat temperatur terlalu panas.

3. Hindari Meletakkan Ponsel Pada Saku Terlalu Ketat
Ponsel biasanya akan kita letakkan di saku celana pada saat kita keluar rumah. Yang perlu diperhatikan adalah, sebaiknya Anda menghindari memasukkan ponsel pada celana yang cukup ketat karena dapat menyebabkan temperatur ponsel memanas.

4. Jangan Letakkan Ponsel Pada Tempat Dengan Suhu Terlalu Panas
Jangan letakkan ponsel diatas televisi, keyboard laptop, kulkas, atau benda-benda sejenis lainnya. Letakkan ponsel Anda ditempat yang tepat dan tidak bersuhu panas tinggi karena hal ini dapat memicu kerusakan ponsel.

5. Pastikan Ponsel Terbebas Dari Air
Air adalah salah satu momok bagi ponsel (kecuali ponsel yang sudah dilengkapi fitur tahan air). Jika ponsel Anda kemasukan air, maka dapat dipastikan ponsel Anda akan mengalami kerusakan hanya dalam rentang waktu yang sangat singkat. Jika Anda sering berada ditempat terbuka, tidak ada salahnya untuk menyiapkan plastik kecil yang dapat Anda gunakan untuk membukus ponsel Anda ketika hujan turun.

6. Kontrol Penggunaan
Tetap perhatikan penggunaan ponsel Anda dengan memberikan jeda. Jika Anda memaksa ponsel untuk bekerja secara terus-menerus, mengerjakan proses yang berat seperti memainkan game HD, maka hal ini akan menyebabkan temperatur CPS sangat panas, ponsel mejadi lambat, dan tidak menutup kemungkinan akan terjadi hang.

No comments