Tips Agar Baterai HP Android Tidak Boros

Tips Agar Baterai HP Android Tidak Boros
Android, salah satu sistem operasi ponsel terkenal ini memang paling banyak digunakan diberbagai smartphone. Umumnya banyak digunakan karena kecanggihannya, animasi, tampilan dan kemudahan dalam mengoperasikannya. Namun, karena Android terhubung dengan internet, maka pemakaian baterai semakin boros.

Ponsel Android tidak mampu bertahan 24 jam terlebih jika banyaknya pengaktifan aplikasi pada hp Android yang menguras baterai karena konektivitas internet terus-menerus. Memang, berbagai aplikasi di Android menjadikan baterai hp tidak bertahan lama. Selain itu juga, konsumsi daya baterai lebih besar dari pada feature phone.

Meski Android dianggap istimewa, canggih dan bagus, namun faktor konsumsi dan kapasitas baterai masih menjadi tanda tanya. Para pengguna OS Android harus tau bagaimana pola pemakaian hp Android yang cerdas sehingga baterai dapat bertahan lebih lama. Berikut saya share beberapa cara untuk menghemat baterai hp Android yang dapat Anda terapkan pada ponsel Android Anda.

1. Gunakan wallpaper biasa
Cara menghemat yang simple adalah dengan tidak menggunakan wallpaper yang memakan daya baterai hp. Seperti live wallpaper atau animasi wallpaper yang memperberat kinerja prosesor. Memang wallpaper yang bergerak akan memperindah tampilah pada layar tapi juga memakan daya baterai hp. Tepatnya, gunakan wallpaper biasa yang tidak bergerak saja.

2. Turunkan kecerahan layar
Jika Anda menyukai layar ponsel yang cerah, lebih baik pikir kembali. Karena layar ponsel merupakan salah satu hal yang banyak memakan daya baterai hp. Cara menurunkan kecerahan layar dapat dengan mengakses settings > display > brightness dan turunkan ke batas terendah atau bisa juga dengan menggunakan aplikasi screen filter.

3. Matikan koneksi bluetooth
Jika sedang tidak mentransfer data, lebih baik Anda mematikan bluetooth agar baterai dapat lebih hemat.

4. Matikan GPS
Banyak aplikasi pada hp Android yang memakai GPS , aplikasi satu ini memakan daya baterai yang cukup banyak. Karena GPS menggunakan gelombang radio. Yang membutuhkan akses internet 3G dan GPRS yang memfungsikan dua fitur sekaligus. Untuk itu pengaktifan GPS lebih baik hanya pada saat ingin mengetahui lokasi restoran atau chek in di social media Facebook saja. Jika tidak, lebih baik mematikan fitur GPS ini.

5. Matikan WiFi
Browsing menggunakan WiFi memang asyik apalagi dengan hotspot gratisan. Mematikan WiFi dapat memperpanjang pemakaian daya baterai ponsel Anda.

6. Uninstall aplikasi yang tidak dipakai
Gunakan aplikasi yang memang Anda perlukan. Jika tidak dipakai atau tidak aktif, ada baiknya Anda menghapus aplikasi tersebut. Untuk menghapus bisa dengan settings > apps.

7. Matikan fitur getar
Kita pasti sering menggunakan fitur getar untuk penerimaan panggilan maupun pesan pada hp. Vibrasi atau mode getar menyedot banyak daya baterai karena dipengaruhi dinamo kecil yang akan berputar pada hp. Karena itu berpengaruh terhadap daya tahan baterai. Sehingga fitur satu ini membuat daya baterai menjadi tidak berjalan efisien. Untuk itu matikan fitur getar jika memang tidak diperlukan.

Nah itu beberapa tips yang mungkin dapat dicoba untuk menghemat daya baterai hp Android. Tentunya jika mengikuti tips tersebut akan ada dampaknya. Seperti tingkat kecerahan yang berkurang. Tetapi hal tersebut tidak masalah, karena tidak terlalu penting dari pada melakukan pengisian ulang baterai yang terus menerus.

Share

LATEST ARTICLES

Post a Comment