Beberapa Cara Untuk Memperkuat Sinyal HP

Cara Memperkuat Sinyal HP
Handphone atau HP memiliki kemampuan daya tangkap signal yang berbeda-beda, meskipun specs hardware yang digunakan hp tersebut secara teori sama saja. Baik feature phone maupun smartphone, terdapat beberapa seri hp yang tergolong susah untuk menangkap signal. Nah, jika Anda termasuk pengguna yang sedang mengalami permasalahan hp lemah sinyal, kali ini saya akan coba membahasnya, dan semoga bisa memberikan solusi.

Ponsel mengalami sinyal lemah sejatinya dipicu oleh banyak hal, mulai faktor cuaca, lokasi perangkat, kualitas hardware, dan lain sebagainya. Ponsel lemah sinyal pastinya akan sangat mengganggu, terlebih lagi jika Anda sangat aktif menggunakan ponsel, baik untuk menelepon, mengirim SMS atau bahkan berinternetan dimana akses internet membutuhkan kekuatan dan stabilitas jaringan yang baik.

Ada beberapa cara untuk memperkuat sinyal hp, apapun tipe hp yang Anda gunakan, teknik yang saya sebutkan dibawah ini secara teknis dapat diapikasikan pada semua tipe hp, baik hp biasa, feature phone hingga smartphone. Berikut beberapa kiat untuk mengatasi hp sinyal lemah yang dapat Anda terapkan pada hp milik Anda.

1. Membuat Signal Map

Aktifkan mode field test dengan masuk ke menu Setting untuk melihat indikator kekuatan sinyal. Kemudian, silakan berjalan dari satu titik ke titik yang lain dalam rumah Anda untuk mengetahui berapa kekuatan sinyal yang Anda dapatkan disana. Silakan menandai setiap titik pada peta.

Dengan menggunakan cara ini, Anda akan dengan mudah menemukan titik mana saja yang memiliki sinyal paling kuat. Setiap kali Anda terganggu oleh masalah sinyal lemah, maka Anda dapat meletakkan hp Anda di titik tersebut sehingga sinyal hp bisa lebih maksimal.

2. Aktifkan Mode Pesawat Untuk Sementara Waktu

Silakan aktifkan mode Pesawat selama beberapa detik, kemudian matikan kembali mode Pesawat. Tujuan dari langkah ini adalah untuk menyegarkan koneksi ke jaringan operator seluler.

Dalam sejumlah kasus, termasuk pengalaman saya sendiri tentunya, mengaktifkan mode Pesawat dalam beberapa detik dan kemudian mematikannya lagi dapat membantu ponsel untuk memiliki daya tangkap sinyal yang lebih baik.

3. Buka Jendela Rumah Anda

Misalkan Anda sedang berada didalam rumah dan Anda mendapati suara sering putus-putus saat Anda menelepon, silakan buka jendela dan berdirilah di dekatnya.

Hal yang sama pun bisa Anda lakukan jika Anda sedang berada dalam sebuah ruangan tertutup lainnya, misalkan saat Anda sedang berada didalam mobil. Buka jendela mobil guna menghilangkan obyek penghalang ponsel untuk menangkap sinyal.

4. Berdirikan Ponsel Anda

Secara teori saya tidak dapat menjelaskan apakah hal ini memang efektif, namun berdasarkan pengalaman pribadi, ponsel dalam keadaan berdiri lebih mudah mendapatkan sinyal katimbang pada posisi lainnya.

Nah, itulah 4 cara untuk meningkatkan sinyal hp yang dapat saya share pada kesempatan ini. Semoga bermanfaat, dan dapat memberikan solusi bagi sahabat pembaca.
Next Post Previous Post
1 Comments
  • Nove Hasanah
    Nove Hasanah September 24, 2015 at 3:27 AM

    wah kebetulan di rumah saya sulit sekali menemukan sinyal hp yang kuat.
    bisa dicoba nih tipsnya mbak.
    makasih.

Add Comment
comment url