Perbedaan HP Biasa Dengan Smartphone

Perbedaan HP Biasa Dengan Smartphone
Kendati smartphone sudah lama menjadi tren baru dunia gadget, namun bagi segelintir masyarakat mungkin masih ada diantara mereka yang belum memahami perbedaan hp biasa dan smartphone. Pada postingan ini saya ingin berbagi pengetahuan terkait perbedaan hp biasa dengan feature phone, dan smartphone (ponsel cerdas) yang saat ini lebih didominasi platform Android.

Dulunya, masyarakat hanya mengenal ponsel biasa, seperti beberapa seri ponsel Nokia produksi awal tahun 2000-an, kemudian ada Motorola, Samsung dan juga Siemens. Kini, teknologi ponsel biasa dan feature phone sudah tergeser oleh teknologi ponsel cerdas yang secara fungsional lebih canggih serta lengkap untuk mendukung aktivitas telekomunikasi serta memiliki mobilitas tinggi.

Jika ponsel biasa hanya dapat digunakan untuk menelpon dan mengirim SMS, kemudian feature phone digunakan untuk mendengarkan musik, internetan dan menjalankan fungsi-fungsi terkait, maka smartphone adalah sebuah gadget multifungsi yang dapat digunakan untuk beragam keperluan, mulai untuk melacak sebuah lokasi menggunakan GPS, melihat rute jalan, menjalankan aplikasi push mail, dan sejumlah fitur-fitur cerdas lainnya terdapat pada smartphone.

Dari uraian singkat diatas, maka dapat disimpulkan perbedaan hp biasa dengan feature phone atau dengan smartphone adalah terletak pada kecanggihan teknologi serta kelengkapan fitur serta fungsinya.

› Ponsel Biasa
Ponsel biasa adalah handphone dengan fitur yang sangat terbatas, karena hanya memiliki fungsi untuk menelepon dan mengirim serta menerima pesan singkat (SMS). Meski demikian, ponsel ini memiliki daya tahan baterai lebih kuat karena konsumsi daya yang relatif kecil jika dibandingkan feature phone atau smartphone.

› Feature Phone
Feature phone merupakan transisi antara handphone biasa dengan smartphone. Jika handphone biasa hanya memiliki fungsi melakukan panggilan dan mengirim pesan singkat, maka untuk feature phone ini terdapat sejumlah fitur tambahan, seperti tersedianya music player, kamera, serta fitur push mail pada sejumlah tipe feature phone kelas atas.

› SmartPhone
Smartphone adalah perangkat telepon seluler yang memiliki fitur lebih lengkap dari telepon seluler generasi sebelumnya. Smartphone dilengkapi sebuah sistem operasi (OS) yang dapat terintegrasi dengan jaringan internet secara sempurna. Smartphone dilengkapi berbagai macam fitur pintar yang dapat mendukung aktivitas pekerjaan serta untuk keperluan-keperluan penting lainnya, seperti membuat dokumen berbasis teks menggunakan aplikasi yang terpasang apda smartphone tersebut.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url