Tips Memilih Kamera Smartphone Bermutu


Tips Memilih Kamera Smartphone Berkualitas
Kamera merupakan salah satu barometer pengguna dalam memilih smartphone, terlebih lagi bagi mereka yang notabene memiliki hobi dibidang fotografi. Saat ini sebenarnya sudah tersedia sekian banyak jenis smartphone yang sudah menggunakan kamera dengan teknologi super, salah satunya adalah Sony Xperia Z3.

Memilih smartphone dengan kualitas kamera bagus pada dasarnya tidaklah terlalu sulit, namun bagi sahabat pembaca yang mungkin saja masih cukup awam tentunya masih membutuhkan referensi sebelum menentukan pilihan. Berikut beberapa kiat untuk memilih kamera smartphone bermutu yang dapat Anda jadikan sebagai patokan.

1. Resolusi Gambar (Megapixel/MP)
Selain sensor gambar, untuk mengukur kualitas kamera smartphone yakni terletak pada resolusi gambar. Semakin padat pixel sebuah gambar, maka semakin padat obyek yang dapat ditangkap oleh kamera. Pada umumnya, sensor gambar yang berukuran relatif besar akan memiliki resolusi gambar yang besar pula. Misalkan pada smartphone Sony Experia Z1 yang memiliki resolusi 20 MP, atau Nokia Lumia 1020 yang memiliki resolusi hingga 41 MP.

2. Lensa
Pada umumnya lensa yang terdapat pada kamera bersifat fix lebar, tidak dimungkinkan zoom secara optik yang menjadikan setiap smartphone yang satu dengan yang lainnya relatif sama. Yang penting dari lensa tidak lain adalah nilai f atau bukaannya. Jika Angkanya semakin kecil, maka semakin bagus, karena bukaannya semakin besar sehingga semakin banyak cahaya yang dapat masuk ke dalam ponsel. f/2.4.

3. Manual Exposure Control
Kamera smartphone yang bagus adalah yang memungkinkan penggunanya untuk mengganti setting aperture, shutter speed dan ISO secara manual. Dengan adanya Manual Exposure Control, pengguna dimungkinkan untuk memotret gambar dengan berbagai hasil yang tentunya lebih kreatif. Sebagian kamera smartphone dengan kualitas rendah hanya menggunakan mode auto, dan sebagian lagi hanya memungkinkan kita untuk menyetel satu atau dua dari parameter exposure.

4. Stabilization
Fitur yang satu ini juga tidak kalah pentingnya. Dengan adanya fitur stabilization akan membantu kita saat memotret pada kondisi minus cahaya atau saat merekam video. Jika fitur stabilization tidak tersedia, maka getaran tangan yang berlebihan akan menjadikan foto tampak blur.

5. Lampu Flash
Lampu flash adalah salah satu komponen terpenting pada kamera smartphone. Lampu flash dibutuhkan untuk menghasilkan gambar yang optimal jika pemotretan dilakukan pada malam hari. Untuk menghasilkan gambar yang optimal pada malam hari pencahayaan oleh lampu flash tetap dibutuhkan meskipun Anda memotret dalam sebuah ruangan yang sudah tampak terang.

No comments