7 Tips Memilih Printer Terbaik dan Berkualitas

Sebagian pengguna komputer sangat membutuhkan printer sebagai alat pelengkap pekerjaan mereka, seperti kalangan mahasiswa misalnya yang membutuhkan printer sebagai alat cetak untuk keperluan kegiatan belajar sehari-hari mereka.

Selain mashasiswa, printer juga sangat dibutuhkan oleh kalangan pekerja kantoran. Dengan memiliki printer, setiap dokuman seperti dokumen Word dan Excel dapat di print out secara mudah langsung dari tempat kerja. Tipe printer pun cukup beragam, baik dari sisi brand, harga, maupun jenis tintanya.

Daftar Isi:

  1. Jenis - Jenis Printer
  2. 1. Printer InkJet
  3. 2. Printer Dot Matrix
  4. 3. Printer LaserJet
  5. 4. Printer LED / LCD
  6. 5. Printer Plotter
  7. Tips Memilih Printer Terbaik
  8. 1. Beli Printer Sesuai Kebutuhan
  9. 2. Pilih Merek Terkenal
  10. 3. Kecepatan Cetak
  11. Kualitas Hasil Cetakan
  12. 5. Jangan Beli Printer Bekas
  13. 6. Daya Tahan Printer
  14. 7. Ada Garansi
  15. Penutup

Printer digunakan untuk jangka panjang, sama halnya dengan PC. Oleh sebab itu, memilih printer berkualitas merupakan salah satu pertimbangan penting saat Anda ingin membeli printer di toko peralatan komputer terdekat. Tidak melulu soal harga murah, tapi Anda juga perlu mengetahui jenis printer terbaik dengan kualitas yang dapat diandalkan.

Jenis - Jenis Printer


Sebelumnya, penting untuk diketahui jenis-jenis printer yang saat ini umum digunakan oleh banyak orang. Beberapa jenis printer yang paling banyak digunakan saat ini diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Printer InkJet


Printer Terbaik - Epson SureColor P800 A2 Inkjet Printer
Epson SureColor P800 A2 Inkjet Printer

Jenis printer yang paling sering kita jumpai adalah printer InkJet. Printer inkjet cara kerjanya dengan menyemprotkan tinta pada kertas untuk membentuk gambar atau dokumen yang Anda print.

Printer ini bekerja dengan cara menempatkan sebuah plat magnet yang mengalirkan tinta ke atas kertas sesuai dengan pola yang diinformasikan oleh PC atau drivernya. Sehingga ada kalanya tinta tidak mengalir karena ada masalah, dan Anda perlu mengatasinya dengan cara memperbaiki tinta printer tidak mengalir.

2. Printer Dot Matrix


Tips Memilih Printer Terbaik - Panasonic KX-P3196 Dot Matrix
Panasonic KX-P3196 Dot Matrix Printer

Jenis printer berikutnya adalah printer dot matrix. Tipe printer yang satu ini menggunakan sistem pembentukan karakter dengan cara menekan jarum pada pita diatas kertas sehingga dapat mencetak sebuah karakter tertentu diatas kertas tersebut.

Jadi, tinta dari printer ini adalah pita-pita itu sendiri. Hasil cetakannya merupakan titik-titik kecil yang terangkai menjadi sebuah karakter. Dengan cara kerjanya yang demikian, hasil cetakannya tidak begitu bagus.

3. Printer LaserJet


HP Color LaserJet Pro MFP M281fdw
HP Color LaserJet Pro MFP M281fdw

LeserJet merupakan tipe printer yang bisa dijumpai pada toko atau gerai percetakan sticker. Printer yang satu ini memanfaatkan laser sebagai media utama dalam pencetakannya.

Cara kerja printer laser jet terbilang unik, laser disinarkan pada sejenis drum untuk membuat pola gambar yang akan dicetak di atas kertas yang kamu miliki. Drum tersebut akan berputar melalui toner, bagian drum yang berlistrik akan mengambil toner tersebut untuk kemudian dipindahkan ke atas kertas dengan bantuan tekanan dan panas.

Beberapa kelebihan printer laser jet antara lain memiliki kecepatan cetak lebih cepat, hasil cetakan sangat bagus, dan suara proses pint out yang cenderung senyap. Adapun kekurangan printer laser jet diantaranya adalah harganya mahal dan cepat panas.

4. Printer LED / LCD


Samsung SL-C2620DW SMART ProXpress LED Printer
Samsung SL-C2620DW SMART ProXpress LED Printer

Jenis printer lainnya adalah printer LED / LCD. Cara kerja printer ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan printer laser jet. Perbedaannya terletak pada sumber pembuat polanya.

Jika printer laser jet menggunakan laser, maka printer LED / LCD menggunakan light-emitting diode untuk membuat pola diatas drum. Memiliki hasil cetakan sangat bagus, baik untuk teks maupun gambar.

5. Printer Plotter


Printer Plotter Canon Ipf8410
Printer Plotter Canon Ipf8410

Jenis printer ini banyak digunakan untuk keperluan percetakan grafis, vinyl, sticker, dan lain sebagainya yang membutuhkan cetak grafis pada bidang yang luas. Oleh karena itu printer ini banyak digunakan untuk percetakan banner, poster, dsb.

Printer plotter ada dua macam, yaitu flatbed plotter dan drum plotter. Kelebihan printer plotter yaitu mampu mencetak kertas dengan ukuran yang lebar, dengan kecepatan cetak yang cukup cepat serta memiliki hasil cetakan yang cukup bagus. Adapun sisi minusnya yakni harganya masih cukup mahal, dan juga boros tinta.

Tips Memilih Printer Terbaik


Memilih peralatan terbaik tentu saja menyesuaikan dengan ukuran kebutuhan. Terlepas dari kualitas, pertimbangan penting yang dapat dijadikan acuan adalah printer tersebut akan Anda gunakan untuk apa?

Misalkan Anda seorang mahasiswa dan ingin membeli printer terbaik untuk mahasiswa, maka printer inkjet sudah dapat memenuhi kebutuhan Anda. Jadi, Anda tidak perlu mengeluarkan lebih banyak uang untuk membeli printer laserjet.

Dan berikut ini beberapa tips untuk memilih printer terbaik yang bisa menjadi pertimbangan Anda saat ingin membeli printer baru.

1. Beli Printer Sesuai Kebutuhan


Sebagaimana telah disebutkan, yang paling utama adalah membeli printer berdasarkan kebutuhan Anda. Jika hanya keperluan Anda hanya untuk ngeprint dokumen Word, Excel, atau dokumen biasa lainnya serta dalam jumlah yang sedikit, maka printer inkjet sudah dapat memenuhi kebutuhan print out sehari-hari Anda.

Harga printer inkjet cukup terjangkau, cukup dengan budget 200 ribuan Anda sudah bisa membelinya, baik itu merek Canon, Epson, HP, dsb.

2. Pilih Merek Terkenal


Harga murah jelas menjadi pertimbangan tersendiri, namun pastikan Anda memprioritaskan merek printer ternama, seperti Canon, HP, Epson, dan sejumlah brand dengan reputasi tinggi lainnya.

Tentu tidak salah ketika Anda memilih printer dari brand yang belum seberapa dikenal, namun untuk menghindari kecewa dikemudian hari karena kualitas yang belum seberapa teruji, maka ada baiknya Anda memilih merek printer terbaik yang telah digunakan banyak orang.

3. Kecepatan Cetak


Tanpa mempermasalahkan sifat keperluan Anda, saya yakin Anda menginginkan printer yang memiliki kemampuan mencetak dengan kecepatan yang baik.

Proses percetakan yang lamban akan membuat Anda tidak nyaman karena dibuat menunggu terlalu lama, terlebih saat Anda sedang buru-buru. Sehingga, salah satu pertimbangan penting saat memilh printer yakni mengacu pada tingkat kecepatan percetakan printer tersebut. Anda bisa menanyakan hal ini ke sales di toko printer yang Anda kunjungi.

4. Kualitas Hasil Cetakan


Cepat tapi kualitas cetakan buruk jelas bukan printer yang Anda inginkan. Oleh sebab itu, dalam memilih printer, anda juga perlu mengetahui kualitas percetakan printer tersebut.

Sebagai informasi, hampir semua printer baru itu memiliki kualitas cetakan yang bagus, namun masalah kualitas ini akan muncul seusasi kita mengganti tinta. Tidak jarang usai mengganti tinta hasil cetakannya menjadi sangat buruk - bergaris-garis, warna tidak match, blur, dll.

Jika Anda tidak memiliki informasi yang cukup, silahkan konsultasikan hal ini ke sales toko komputer yang Anda kunjungi. Tanya mereka secara baik-baik, dan mintalah masukan darinya.

5. Jangan Beli Printer Bekas


Meskipun harganya bisa separuh lebih murah dari printer baru, namun saya tidak merekomendasikan Anda untuk membeli printer bekas. Printer second biasanya banyak meninggalkan masalah sehingga menjadi sangat riskan untuk Anda pilih.

Jika uang yang terkumpul masih belum cukup untuk membeli printer baru, sebaiknya Anda bersabar terlebih dulu sampai uang Anda cukup.

6. Daya Tahan Printer


Pertimbangan yang cukup penting berikutnya adalah mengenai daya tahan printer. Anda akan menggunakan printer tersebut untuk jangka panjang, bukan? Nah, disini Anda perlu mengetahui ketahanan printer yang akan Anda pilih.

7. Ada Garansi


Tips membeli printer terakhir yang juga tidak semestinya Anda abaikan adalah adanya masa garansi. Sebagai langkah berjaga-jaga, pastikan Anda membeli printer yang memberikan garansi. Sehingga jika printer rusak terlalu cepat, Anda bisa mendapatkan ganti atau servis bebas biaya.

Sebagian printer merek kenamaan memberikan garansi pada konsumen, namun Anda perlu menanyakan hal ini ke customer service toko komputer tersebut karena setiap toko memberlakukan garansi dengan cara yang berbeda-beda.

Penutup


Memilih printer sebenarnya cukup sederhana katimbang membeli laptop atau komputer. Printer bisa didapat dengan begitu mudah di toko-toko komputer atau toko elektronik, pilihannya banyak, dan tidak seberapa membutuhkan pertimbangan teknis selain dari yang disebutkan diatas. Namun, ada beberapa hal yang perlu menjadi catatan saat ingin membeli printer, termasuk ukuran keperluan dan reputasi brand untuk mengukur kualitas atau ketahanan barang.

Share

LATEST ARTICLES

Post a Comment

close