Cara Menggunakan Android Device Manager

Google melengkapi platform buatannya dengan fitur Android Device Manager (ADM) yang sangat berguna bagi user. Android Device Manager adalah sebuah fitur yang disediakan oleh Google untuk membantu pengguna smartphone Android melacak keberadaan smartphone mereka, termasuk ketika smartphone tersebut hilang atau dicuri orang.

ADM telah tersedia di hampir semua perangkat berbasis Android untuk versi 2.2 ke atas. ADM ini memiliki fungsi yang sama dengan aplikasi Find my iPhone pada platform iOS (iPhone, iPad). Dengan aplikasi ini, user dapat menemukan lokasi smartphone miliknya serta melakukan berbagai operasi lain yang berguna untuk kepentingan mengamankan data ketika ponsel telah hilang.


Cara Kerja Android Device Manager Beserta Fiturnya


  1. ADM akan bekerja untuk melacak lokasi smartphone Android yang hilang dengan memanfaatkan kemampuan geolocation yang terpasang pada smartphone tersebut, karena pada dasarnya setiap perangkat memiliki kemampuan untuk membaca lokasi berdasarkan jaringan dan akun Google.
  2. Kelebihan kedua ADM yakni sangat bermanfaat buat user yang sering lupa meletakkan HP miliknya. Dengan aplikasi ini user bisa membunyikan nada dering HP pada saat perangkat tersebut dalam keadaan silent mode (diam).
  3. Mengunci ponsel yang hilang, ini sangat bermanfaat bagi user yang punya smartphone dan terhubung dengan banyak aplikasi keuangan, tujuan mengunci HP adalah agar tidak bisa di buka dan diakses serta melindungi data pribadi si user sebelum di reset ulang. Jadi, meskipun HP tersebut hilang data Anda tidak akan bisa dimanfaatkan oleh orang lain.
  4. Bisa menghapus data di HP Android yang hilang, ini adalah langkah terakhir yang bisa dilakukan oleh si pemilik smartphone jika tidak ingin semua data yang bersifat pribadi menjadi suguhan banyak orang atau setidaknya diketahui oleh pihak yang memegang smartphone Anda.

Cara Menggunakan Android Device Manager


Sebagai langkah berjaga-jaga, direkomendasikan bagi Anda untuk mengaktifkan Android Device Manager agar ketika smartphone Anda hilang atau jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab, Anda bisa menemukannya kembali atau setidaknya Anda masih dapat mengontrolnya.

Anda memiliki kesempatan untuk menemukan HP hilang dengan memanfaatkan fitur Android Device Manager yang ada di HP Android Anda. Fitur ini bahkan dapat Anda gunakan secara gratis tanpa harus mengeluarkan biaya sepeserpun.

Dan berikut ini diulas cara menggunakan Android Device Manager yang bisa langsung Anda praktikkan pada perangkat Android milik Anda.

Catatan:

Sebelum memulai, pastikan bahwa:

  • Anda sudah masuk ke akun Google.
  • Fitur akses lokasi di HP dalam keadaan hidup.

Cara Mengaktifkan Android Device Manager


Berikut cara mengaktifkan Android Device Manager:

  1. Buka menu Pengaturan atau Settings di HP Android Anda.
  2. Geser ke bawah lalu tap Location.
  3. Pada bagian atas, tap Off untuk beralih ke On.
Menggunakan Android Device Manager - mengaktifkan lokasi smartphone android

Apabila sudah diaktifkan, berikut ini langkah-langkah untuk menggunakannya:

1. Buka menu "Google Settings" pada pengaturan smartphone Anda dengan cara geser ke bawah dan silahkan tap Google.
Menggunakan Android Device Manager - Google Settings
2. Kemudian tap Security.
Menggunakan Android Device Manager - Security Google Settings
3. Pada bagian "Android Device Manager", alihkan Remotely locate this device dan Allow remote and erase ke posisi aktif atau nonaktif. 
Menggunakan Android Device Manager - Enable Remotely locate this device
4. Usai Anda mengaktifkannya, pastikan bahwa Android Device Manager berfungsi dengan baik. Masuklah ke Akun Google di halaman web berikut: Find My Device, bisa menggunakan laptop atau smartphone, kemudian pastikan bahwa HP Anda terlihat disana.
Menggunakan Android Device Manager - menemukan lokasi HP

Usai masuk ke halaman Android Device Manager, disana akan diperlihatkan tipe dan merek smartphone yang Anda gunakan. Anda juga melihat Android Device Manager akan menghubungi perangkat Anda. Jika sudah selesai, maka akan menemukan lokasi Anda dan ditampilkan kabar lokasi terakhir; jam sekian dan terakhir online tanggal sekian.

Dibagian bawah terdapat tiga pilihan menu yang bisa Anda gunakan untuk menderingkan HP Anda, mengunci perangkat dan menghapus semua data pada HP Anda.

Untuk menguji coba, bisa dicoba deringkan HP dengan di tap pada tombol Deringkan. Apabila muncul pertanyaan Deringkan perangkat? silahkan klik tombol Deringkan.
Menggunakan Android Device Manager - Deringkan hp

Selanjutnya HP Anda akan berdering dengan mengeluarkan bunyi nada seperti pada saat Anda menerima panggilan telepon. Pada pemberitahuan saat lock screen akan muncul pesan dari Android Device Manager dengan tulisan "Ringing".
Menggunakan Android Device Manager - Android Device Manager Berdering

Selesai.

Anda sudah berhasil mengaktifkan Android Device Manager di Android yang bisa dimanfaatkan sebagai upaya untuk berjaga-jaga ketika HP hilang atau dicuri orang.

Dengan telah mengaktifkan Android Device Manager di perangkat Anda, maka Anda sudah cukup terlindungi karena nantinya Anda dapat melacak lokasi HP Android milik Anda ketika benar-benar hilang atau Anda lupa meletekkannya dimana.

Penutup


Smartphone hilang atau dicuri orang sangat mungkin terjadi, sehingga dengan hadirnya Android Device Manager ini pengguna semestinya memanfaatkannya sebagai langkah berjaga-jaga. Bayangkan HP Anda hilang dan didalamnya berisi berbagai macam informasi penting yang tidak seharusnya diketahui orang lain, tentu akan sangat merugikan Anda. Dan dengan mengaktifkan ADM, masalah tersebut tidak lagi perlu Anda khawatirkan.

Share

LATEST ARTICLES

Post a Comment

close