Cara Mengatasi 'Unfortunately Setting Has Stopped' di Android

Sebagai pengguna Android, Anda mungkin pernah menjumpai ponsel Anda secara tiba-tiba memunculkan pesan error "Unfortunately Setting Has Stopped". Jika Anda sudah bisa mengatasinya, maka Anda tidak perlu melanjutkan membaca artikel ini, tapi jika belum menemukan solusinya, silakan simak ulasan cara mengatasi "Unfortunately Setting Has Stopped".

Menu Pengaturan merupakan salah satu fitur Android yang cukup penting yang difungsikan sebagai alat untuk mengatur atau merubah tampilan dan settingan Android sesuai keinginan pengguna. Semua Aplikasi Android berpusat pada "Pengaturan". Dan apabila pengaturan Android mengalami error ataupun rusak, maka pengguna akan menemui kendala dalam mengatur semua aplikasi pada ponselnya.

Masalah error pada Pengaturan Android biasanya ditandai dengan munculnya sebuah pesan error, seperti "Unfortunately Setting Has Stopped" atau jika di set menggunakan bahasa Indonesia menjadi "Sayangnya Pengaturan Telah Berhenti". Pesan tersebut memang tidak muncul secara terus-menerus, namun sering kali muncul saat tap dibagian tertentu pada Pengaturan Android.

Baca: Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Buka Aplikasi

Error semacam itu dapat terjadi pada semua merek smartphone, mulai Sony, Samsung, OPPO, Lenovo, Asus, Xiaomi, HTC, LG, ataupun Smarfreen Andromax dan Evercoss. Penyebab umum dari permasalahan tersebut biasanya karena tumpukan cache dan memori RAM yang penuh karena banyaknya aplikasi yang berjalan di background.

Cara Mengatasi Pengaturan Android Muncul Pesan Error


Berikut cara untuk memperbaiki pesan error pada Pengaturan Android.

Cara #1 : Hapus Data Pengaturan


Cara yang pertama yakni dengan menghapus data pengaturan secara permanen mulai dari basis data, data logi, setelan, cache, history, dan lainnya. Cara ini merupakan cara terbaik dan yang paling banyak digunakan oleh pengguna Android lainnya. Terbukti, dengan cara ini aplikasi tertentu yang sebelumnya menyebabkan muncul pesan error kembali bisa normal. Jangan lupa, setelah memilih cara ini Anda perlu melakukan reboot Android Anda selama beberapa saat.

Berikut cara hapus data pengaturan:

Buka menu Pengaturan >> Aplikasi >> tap Semua >> cari aplikasi Pengaturan, kemudian tap "Paksa Berhenti" dan "Hapus Data".

Cara #2 : Lakukan Factory Reset


Jika dengan cara yang pertama tidak membuahkan hasil. maka lakukan dengan cara yang kedua yakni dengan mengembalikan Android ke pengaturan Awal. Sebelum melakukannya, pastikan Anda telah mem-backup semua file penting Anda, mulai video, foto, musik, aplikasi apk, dokumen, dan yang lainnya ke memori eksternal atau ke komputer.

Unfortunately Setting Has Stopped
Unfortunately Setting Has Stopped

Jika sudah mencadangkan semua file, cara melakukan factory reset Android adalah sebagai berikut:

Buka Menu Pengaturan >> Buat Cadangan & Setel Ulang >> Kembalikan Ke Pengaturan Pabrik >> Pilih "Reset Ulang Telepon".

Demikian cara mudah untuk mengatasi munculnya pesan "Unfortunately Setting Has Stopped" di hp Android, semoga berguna.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url