Cara Mengatasi Hp Android Yang Sering Restart Sendiri

Cara Memperbaiki Hp Android Yang Sering Restart Sendiri
Diera yang serba canggih ini, kita dituntut untuk cepat dan tepat dalam segala hal, tak terkecuali untuk mendapatkan informasi dan berkomunikasi dengan orang lain. Adapun salah satu cara untuk memenuhi espektasi itu ialah dengan memiliki ponsel cerdas atau smartphone. Ya, dewasa ini smartphone bak lagi bukan menjadi kebutuhan sekunder, melainkan kebutuhan primer.

Adalah Google, pemilik dari Sistem Operasi robot hijau ini. Saat ini pun, sudah banyak vendor-vendor luar maupun dalam negeri mengadopsi Sistem Operasi Android ini. Bahkan, Android mampu menenggelamkan keperkasaan Blackberry yang sebelum ini merajai pasar telepon pintar.

Meskipun kita semakin mudah dalam mengakses berbagai hal dengan menggunakan Sistem Operasi Android ini, bukannya Android tanpa masalah. Banyak juga ditemukan berbagai kendala didalam kinerja robot hijau ini. Salah satunya yang akan kita bahas ialah seringnya Android restart dengan sendirinya.

Sebelum kita membahas tentang ponsel Android yang sering restart sendiri, sebaiknya kita pahami terlebih dulu beberapa penyebab Android itu restart sendiri. Tentunya bukan hanya satu penyebab, melainkan banyak penyebab Android mengalami masalah restart sendiri, dan salah satu kemungkinannya adalah dikarenakan tidak kompatibelnya sistem pada Android sehingga menimbulkan crash pada sistemnya atau ini juga mungkin terjadi jika beberapa aplikasi mengalami crash. Banyak kemungkinan yang bisa menjadi penyebab, dibawah ini saya tampilkan beberapa penyebab Android mengalami restart terus-menerus.

Adapun beberapa penyebab Android mengalami restart sendiri, diantaranya:


  1. Aplikasi yang Crash 
  2. Tidak Compatiblenya sebuah aplikasi dengan sistem Android yang anda gunakan
  3. Rusak atau hilangnya bagian dari sistem Android
  4. Sudah penuhnya memori penyimpanan ( RAM )
  5. Aplikasi yang membutuhkan Upgrade
  6. Kemungkinan Virus Yang ada di Android anda


Poin tersebut diatas merupakan beberapa penyebab terjadinya masalah restart sendri pada Android. Memang bukan sebuah masalah kritis, namun ini sangat mengganggu, terlebih lagi disaat kita didalam situasi dimana kita sangat membutuhkan ponsel, sementara ponsel kita selalu mengalami restart sendiri secara berulang-ulang. Bahkan, kondisi ini dapat membuat seorang user yang masih awam menjadi panik dan mengira ponsel mereka telah mengalami kerusakan serius.

Jika selalu berpangku tangan pada jasa service ponsel, maka tentunya akan memakan biaya yang tidak sedikit sehingga ada baiknya kita melakukan upaya perbaikan sendiri selagi dirasa mampu. Disini saya bahas secara ringkas tentang bagaimana cara mengatasi ponsel berbasis Android yang sering restart sendiri sebagai berikut:

1. Periksa Semua Aplikasi di Ponsel
Langkah ini merupakan langkah awal untuk memeriksa ponsel Android Anda. Mungkin ada salah satu aplikasi yang yang tidak kompatibel dengan ponsel atau mungkin RAM usage sudah mencapai 100 persen sehingga ponsel restart sendiri.

2. Instal Antivirus 
Virus merupakan musuh bagi setiap sistem operasi open source, baik itu Android ataupun sistem operasi open source lainnya Instalah antivirus terbaik dengan fitur proteksi yang baik, kalau bisa yang versi PRO, karena Antivirus jenis ini selalu mendapatkan Update. Kemudian, lakukan scan seluruh bagian ponsel, termasuk di dalam memori eksternal

3. Bersihkan Sampah Chace pada Ponsel
Langkah ini dilakukan untuk meminimalisir munculnya masalah pada ponsel Android Anda, termasuk adanya kemungkinan masalah Android mengalami restart sendiri. Jangan lupa, selalu bersihkan chace secara berkala.

4. Lakukan Hard Reset
Melakukan reset total adalah salah satu langkah untuk mengembalikan kesehatan ponsel Anda seperti sedia kala. Sebelum Anda mengambil opsi perbaikan yang satu ini, pastikan semua data penting dalam ponsel Anda di backup terlebih dahulu.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url