Cara Memperbaiki Kartu Memori Tidak Terbaca


Seiring dengan usia penggunaan, selang beberapa waktu kemudian tidak menutup kemungkinan kartu memori semisal microSD akan mengalami masalah seperti tidak terbaca. Kartu memori sendiri umumnya berisikan banyak data penting didalamnya. Tidak hanya berisikan file lagu atau video klip tetapi file-file pekerjaan bisa saja ada didalamnya sehingga mengembalikannya seperti semula menjadi sebuah keharusan.

Kartu memori tidak terbaca disebabkan oleh beragam faktor, mulai rusak secara fisik hingga karena kinerja virus. Dan bagi Anda yang sedang mencari solusi kartu memori rusak atau tidak terbaca, dibawah ini beberapa cara untuk memperbaiki kartu memori tidak terbaca yang bisa Anda coba.

1. Bersihkan Kartu Memori Anda


Langkah perbaikan pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan membersihkan kartu memori tersebut.

Silakan keluarkan kartu memori dari slotnya di smartphone, kemudian bersihkan bagian lempengan tembaga menggunakan penghapus pensil.

Memperbaiki Kartu Memori
Gosok bagian memori yang berwarna kuning dengan penghapus pensil secara perlahan sampai terlihat bersih. Jika sudah bersih, masukkan kembali kartu memori tersebut ke slotnya dan silakan cek apakah sudah terbaca kembali. Jika kartu memori masih belum terdeteksi, silakan dilanjut ke tahap perbaikan berikutnya.

2. Memformat Kartu Memori


Cara ini tidak saya rekomendasikan karena semua data dalam kartu memori Anda akan ikut terhapus. Namun, opsi ini bisa Anda ambil jika data-data dalam memori Anda dirasa tidak seberapa penting.

Cara format kartu memori melalui perangkat Android yakni sebagai berikut:

  • Masuk ke menu Setting >> Storage
Memperbaiki Kartu Memori
  • Seperti terlihat pada gambar screen shot diatas, Anda akan menjumpai pilihan Erase SD card. Sentuh pada bidang tersebut untuk melakukan penghapusan data di kartu memori. Setelah itu kartu memori menjadi bersih seperti halnya kartu memori baru.

3. Cek Permasalahan Kartu Memori Menggunakan Komputer


Anda dapat mengecek error pada kartu memori Anda dengan menggunakan perangkat komputer/laptop. Caranya sebagai berikut:

  • Sambungkan smartphone Anda ke komputer dengan kabel data.
  • Smartphone Anda harus terhubung dalam Mass storage mode (MSC), bukan Media transfer mode (MTP).
  • Buka Windows Explorer, klik kanan pada Drive kartu memori, pilih Properties >> Tools >> Error Checking, tunggu hingga semua proses selesai. 
kartu-memori-rusak
  • Selanjutnya eject kartu memori tersebut, kemudian silakan di cek apakah sudah terbaca atau belum.

Demikian, semoga pemaparan diatas bisa memberikan solusi. Dan sebagai informasi, jika Anda ingin mengembalikan data-data penting dalam kartu memori Anda, silakan gunakan software recovery file.

Baca juga: Cara Mengetahui Kode PUK Kartu SIM Semua Operator

Share

LATEST ARTICLES

Post a Comment