Cara Memperbaiki HP Android yang Tidak Dapat di Cas

Cara Memperbaiki HP Android yang Tidak Dapat di Cas
Salah satu masalah yang sering terjadi pada HP adalah tidak dapat dicas, hal ini memiliki dua kemungkinan yakni kerusakan pada charger atau HP nya sendiri.

Pernahkah ponsel Anda tidak bisa di cas ? Jika pernah atau mungkin sedang mengalaminya, maka Anda perlu mengeceknya. Masalah kerusakan dapat terletak pada 2 kemungkinan, yakni charger ataupun ponsel Anda. Kerusakan dapat diketahui dengan menyambungkannya ke HP lain. Apabila arus listrik dapat masuk ke HP lain, maka dapat disimpulkan bahwa HP Anda lah yang mengalami masalah. Namun, apabila arus listrik tidak masuk di HP lain, maka kemungkinan charger atau perangkatnya lah yang bermasalah. Untuk masalah tersebut, Anda perlu memeriksa apakah konektor pengisian baterai masih berfungsi, setelah itu lakukan pengujian dan pemeriksaan secara detail terhadap HP Anda.

› Kerusakan pada IC Power dan Software
Pada saat pengisian arus listrik pada HP Anda, dapat terjadi kerusakan pada IC Power yang ditandai dengan indikator isi ulang yang berjalan terus walau telah terisi penuh. Untuk menangani hal ini, maka Anda harus mengganti IC Power Anda dengan IC Power yang baru.

Sedangkan, kerusakan pada Software ditandai dengan indicator isi ulang baterai yang berjalan terus meskipun HP Anda tidak disambungkan dengan pengisi daya. Maka untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu melakukan program ulang dengan versi yang sama.

› Kabel USB
Terkadang, kerusakan juga dapat terjadi pada kabel USB. Kerusakan dapat berupa putusnya kawat kabel di bagian dalam sehingga menyebabkan arus listrik tidak dapat sampai ke baterai HP. Kerusakan pada kabel USB hanya dapat diatasi dengan mengganti kabel dengan kabel yang baru atau melepas baterai (bagi HP yang dapat dilepas baterainya) dan di isi dayanya dengan menggunakan charger duduk.  Perlu diperhatikan, kabel USB diganti dengan merk yang sama dengan charge USB dan merk HP. Adapun penggunaan merk yang sama bertujuan untuk menghindari kerusakan akibat ketidakcocokan seperti watt, Ampere dan general powerage antara HP dan alat pengisi daya.

› Port USB
Kerusakan HP juga dapat diakibatkan oleh port USB. Pemasangan atau pencabutan kabel USB yang terburu-buru dapat menyebabkan konektor kabel USB atau pun port USB bengkok, sehingga pada saat disambungkan dengan charger, konektor tidak dapat tersambung dengan tepat dan mengakibatkan arus listrik tidak dapat masuk. Selain itu, port USB yang kotor, terkena air dan terbentur juga dapat merusak port USB. Untuk itu, Anda harus rutin membersihkan port USB dari debu dan kotoran lainnya, menghindari benturan dan kontak air. Sebelum  membersihkan bagian ponsel seperti port USB nonaktifkan lah ponsel Anda.

Dalam kasus kerusakan ringan pada alat elektronik dapat dilakukan perbaikan sendiri. Namun, apabila Anda tidak yakin dan belum berpengalaman dalam memperbaiki sendiri kerusakan ponsel Anda segeralah bawa ke jasa service elektronik untuk diperbaiki oleh tenaga professional.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url