Cara Membuat Aplikasi Android

Membuat aplikasi Android sendiri dapat dilakukan oleh siapapun meskipun yang bersangkutan tidak mengerti bahasa pemrograman sama sekali. Saat ini sudah tersedia sekian banyak tool online gratis yang memungkinkan Anda untuk membuat aplikasi hp Android pertama Anda tanpa harus memahami bahasa programming apapun. Tools-tools tersebut memang di desain untuk membantu netizen yang buta terhadap bahasa progamming namun memiliki keinginan untuk membuat aplikasi.

Berangkat dari rasa iseng, saya berkeinginan untuk membuat aplikasi situs dafiatin.com. Tanpa menggunakan referensi tutorial apapun saya langsung menuju situs yang menyediakan tool pembuat aplikasi tersebut. Setelah melewati tahapan demi tahapan ternyata pembuatan aplikasi berbasis Android di situs tersebut cukup mudah dan praktis, bahkan aplikasi bisa selesai hanya dalam waktu kurang dari 3 menit. Selain gratis, tool tersebut juga menyediakan link untuk publikasi aplikasi di Google Play.

Adalah AppsGeyser yang memungkinkan siapa saja untuk menciptakan aplikasi Android secara mudah dan praktis. Dari kesekian banyak web tool pembuat aplikasi secara online, AppsGeyser merupakan salah satu yang terpopuler. AppsGeyser tidak membatasi jumlah pembuatan aplikasi sesuai kehendak user. Selain itu, situs ini juga memberi kesempatan terhadap usernya untuk menguangkan aplikasi yang mereka ciptakan. Adapun sistem pembagian hasil untuk aplikasi yang di monetisasi adalah sebesar 50%-50%.

Bagi Anda pengelola blog yang ingin membangun engagement dengan para visitor, tidak ada salahnya bagi Anda untuk membuat aplikasi Android Apk menggunakan bantuan AppsGeyser. Para visitor situs web Anda dapat mengakses situs web Anda secara lebih mudah kapanpun mereka mau dengan aplikasi yang Anda siapkan. Anda hanya perlu duduk santai didepan komputer, mengisi bidang form yang tersedia kemudian kurang dari 3 menit aplikasi smartphone Android Anda siap untuk di download.

Seperti saya sebutkan diatas, bahwa membuat aplikasi menggunakan tool AppsGeyser ini cukup mudah, namun bagi Anda yang masih membutuhkan panduan, berikut ini saya share langkah-langkah membuat aplikasi Android secara online menggunakan tool AppsGeyser.

Cara Membuat Aplikasi Blog Untuk Android Secara Instan


Silakan masuk ke situs web berikut: appsgeyser.com

Cara Membuat Aplikasi Android #1

Klik tombol CREATE NOW!


Cara Membuat Aplikasi Android #2
Klik tombol Website.

Cara Membuat Aplikasi Android #3
Masukkan URL situs Anda pada bidang Website URL


Cara Membuat Aplikasi Android #4

Masukkan nama aplikasi Anda pada bidang APP NAME. Nama aplikasi ini bisa Anda isikan apa saja sesuai dengan keinginan Anda. Selanjutnya, silakan klik tombol NEXT.

Cara Membuat Aplikasi Android #5

Silakan masukkan deskripsi aplikasi Anda pada bidang DESCRIPTION. Seperti halnya nama aplikasi, deskripsi aplikasi juga bisa Anda isikan apa saja, misalkan deskripsi dari tag line blog Anda. Selanjutnya, silakan klik tombol NEXT.

Cara Membuat Aplikasi Android #6

Pada gambar diatas terlihat sebuah pilihan, yaitu pada bidang icon dimana Anda bisa menggunakan Default icon atau Custom icon. Jika Anda menggunakan Default icon maka icon aplikasi Anda berupa icon AppsGeyser, dan jika Anda ingin menggunakan icon sendiri maka Anda bisa memilih Custom icon selanjutnya silakan upload gambar Anda. Jika sudah menentukan pilihan, selanjutnya silakan klik tombol NEXT.

Cara Membuat Aplikasi Android #7

Silakan klik tombol CREATE APP. Selanjutnya akan muncul halaman pendaftaran akun di AppsGeyser seperti terlihat pada gambar dibawah.

Cara Membuat Aplikasi Android #8

Isilah semua bidang seperti tertera pada gambar diatas meliputi E-email, Password dan Phone number. Pada fase ini, Anda akan diberikan pilihan apakah Anda berencana memonetisasi aplikasi Anda atau tidak. Jika Anda berencana untuk memonetisasi aplikasi Anda maka silakan beri centang pada bidang I wan to make money with apps. Selanjutnya, silakan beri centang pada bidang I agree with the Term of Service. Kemudian, beri centang pada bagian I'm not a robot dan jawablah pertanyaan keamanan sesuai gambar yang tertera. Selanjutnya, silakan klik tombol SIGN UP. 


Cara Membuat Aplikasi Android #9

Tugas Anda selanjutnya adalah membukan inbox email yang tadi Anda gunakan untuk mendaftar. Buka inbox email Anda dan klik link verifikasi.

Cara Membuat Aplikasi Android #10

Silakan klik tombol VERIFY YOUR EMAIL. Jika tombol tersebut tidak berfungsi, silakan copy link verifikasi ke address bar browser Anda lalu tekan tombol keyboard ENTER.

Cara Membuat Aplikasi Android #11

Email Anda sudah terverifikasi, dan selanjutnya Anda bisa masuk ke dashboard AppsGeyser dengan mengklik tombol GO TO YOU DASHBOARD. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman dashboard dimana Anda bisa mendownload aplikasi yang tadi Anda buat.

Cara Membuat Aplikasi Android #12

Jika Anda ingin mendownload aplikasi Anda dalam bentuk apk. silakan klik tombol DOWNLOAD. Selanjutnya akan muncul jendela Apps building.

Cara Membuat Aplikasi Android #13

Silakan tunggu selama beberapa saat hingga muncul link download.

Cara Membuat Aplikasi Android #14

Klik tombol Download untuk mengunduh aplikasi Anda dalam format .apk

Cara Membuat Aplikasi Android #15 - selesai

Selesai - Silakan install aplikasinya di ponsel Anda.

Nah, demikian tadi langkah demi langkah membuat aplikasi Android secara online menggunakan AppsGeyser, cukup mudah bukan?. Sebagai catatan, jika selama ini Anda memiliki keinginan untuk membuat aplikasi Android dari hp, maka dengan cara yang saya tuangkan diatas Anda bisa melakukannya.

Sebagai informasi, tampilan aplikasi situs/blog akan menyesuaikan dengan template blog Anda. Jika Anda ingin mengedit aplikasi Anda, silakan masuk ke halaman EDIT di AppsGeyser.

Demikian, semoga bermanfaat. Dan jika ada yang ingin ditanyakan, silakan sampaikan pertanyaan Anda melalui form komentar.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url