Tips Merawat LCD Smartphone

Tips Merawat LCD Smartphone
LCD adalah salah satu komponen terpenting pada ponsel, tanpa LCD secanggih apapun ponsel Anda tidak akan berguna apa-apa karena tidak dapat menampilkan grafis. Selain memiliki fungsi pokok, LCD juga rentang dengan kerusakan. Oleh yang demikian, sebagai user kita harus pandai-pandai merawat LCD ponsel kita agar memiliki lifetime yang lebih baik.

Untuk dapat menghindarkan LCD dari kerusakan, terlebih dulu kita perlu memahami apa sajakah yang dapat menyebabkan kerusakan LCD, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Terjadinya benturan keras
Ponsel memiliki ukuran yang relatif kecil. Karena ukuran fisik yang relatif kecil, perangkat ini cukup mungkin mengalami jatuh sehingga user harus lebih hati-hati dalam mempergunakannya.

2. Terjepit saat berada disaku
Sangat penting untuk diperhatikan ketika Anda meletakkan ponsel di saku. Pastikan posisi ponsel tidak terjepit oleh paha Anda karena hal tersebut akan menyebabkan LCD mengalami keretakan.

3. Kemasukan air
Selain dapat menyebabkan kerusakan pada sektor layar atau LCD, air juga dapat merusak komponen vital lainnya pada ponsel. Usahakan untuk bersikap lebih waspada supaya ponsel Anda terbebas dari air.

Setelah memahami beberapa hal yang dapat menjadi pemicu kerusakan LCD ponsel, maka berikut ini adalah beberapa kiat untuk merawat LCD hp agar tidak mudah mengalami kerusakan.

1. Jangan biarkan LCD terlalu banyak mengalami guncangan atau getaran 
Guncangan dan getaran secara berlebihan akan menyebabkan LCD mengalami kerusakan pada jangka panjang. Bersikap lebih care dengan gadget Anda sehingga bisa digunakan untuk jangka waktu yang lebih lama.

2. Hindarkan menempatkan ponsel pada posisi yang berpotensi membuatnya terjepit
Poin ini sudah saya singgung diatas, pastikan ketika berada di saku posisi ponsel tidak terjepit paha Anda. Perhatikan khusus bagi Anda yang memiliki tubuh berisi atau menggunakan jeans.

3. Jangan menggunakan casing dengan ukuran yang tidak sesuai 
Misalkan Anda ingin mengganti casing lantaran casing lama sudah tidak enak dipandang, pastikan Anda membeli casing yang ukurannya benar-benar sesuai dengan bodi ponsel Anda.

4. Bersihkan bagian luar LCD menggunakan benda yang lembut
Jangan asal membersihkan, tetapi pastikan alat untuk membersihkan LCD yang akan Anda gunakan memiliki tekstur yang lembut, misalkan kain atau tisue.

5. Pola sentuh secara wajar
Bagi Anda pengguna ponsel touch screen seperti smartphone pada umumnya, pastikan Anda tidak menekan layar secara berlebihan karena hal ini dapat memicu kerusakan. Jika Anda ingin agar tingkat sensitivitas layar lebih baik, silakan ubah setelan sensitivitas layar melalui menu Setelan ponsel.

Demikian beberapa penyebab LCD hp rusak beserta beberapa kiat untuk menyikapinya. Semoga artikel ini berguna bagi Anda. Terakhir, sayangi gadget Anda agar ia bisa memberi nilai manfaat kepada Anda untuk jangka waktu yang lebih lama.

Share

LATEST ARTICLES

Post a Comment