Cara Memunculkan Logo 4G LTE di HP Android

4G LTE merupakan standar teknologi komunikasi yang berlaku pada masa sekarang. Sebagian besar smartphone yang beredar di pasar merupakan smartphone yang mengusung teknologi 4G LTE.

Dibanding teknologi sebelumnya, 3G, jaringan 4G LTE menawarkan kecepatan akses yang lebih baik sehingga kian memanjakan pengguna dalam melakukan komunikasi via perangkat mobile seperti smartphone Android.

Pada pengaturan jaringan, user dapat menjumpai menu untuk mengaktifkan 4G LTE. Namun, secara default sebenarnya logo 4G LTE muncul dibagian atas layar ponsel, kecuali pengaturan jaringan 4G masih dalam keadaan nonaktif.

Dengan memilih jaringan 4G LTE, user dapat menikmati kecepatan akses internet yang lebih kenceng, baik untuk streaming maupun download. Sepanjang operator tidak sedang mengalami gangguan jaringan, pengguna akan mendapatkan speed download dan upload yang cukup stabil.

Cara Memunculkan Logo 4G LTE di Android


Jika Anda mendapati logo 4G LTE di HP Android milik Anda tidak muncul, baik untuk HP Android Samsung, Xiaomi, vivo, Oppo, maupun brand lainnya, Anda dapat memunculkannya dengan cukup mudah.

Tidak ada langkah-langkah khusus, pun tidak perlu untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga, baik untuk pengguna Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL, maupun Smartfren.

Untuk menampilkan logo 4G LTE di Android Anda hanya perlu masuk ke setelan jaringan. Disana nantinya Anda akan menjumpai menu pengaturan jaringan 4G atau tipe jaringan lainnya.

Berikut ini panduan cara mengubah jaringan ke 4G di Android sekaligus untuk memunculkan gambar logo 4G LTE dibagian atas layar smartphone Android.

Sebelumnya, pastikan smartphone Anda memenuhi kriteria berikut ini:

  • Sudah mendukung jaringan 4G LTE.
  • Lokasi Anda menjangkau jaringan 4G.
  • Kartu SIM Anda sudah di upgrade (support 4G)

Berikut cara mengaktifkan 4G LTE di Android:

1. Cara Mengunci 4G LTE


Silahkan masuk ke menu Pengaturan di smartphone Android Anda, lalu pilih Data seluler.

menu pengraturan jaringan 4g lte

Kemudian akan muncul jendela pop up seperti dibawah ini.

tipe jaringan GMS WCDMA 4G

Pilih tipe jaringan GMS/WCDMA/4G.

Cara diatas berlaku untuk smartphone Lenovo dengan versi Android KitKat / Marshmallow. Untuk versi Android diatasnya, langkah-langkahnya bisa agak sedikit berbeda, namun pada intinya Anda perlu masuk ke menu settings jaringan.

Selain dengan metode diatas, ada juga cara lain yang justru lebih mudah, yaitu dengan menggunakan short code. Selengkapnya bisa disimak berikut ini.

2. Cara Mengaktifkan 4G di Android


Silahkan masuk ke menu Panggilan, lalu ketik short code: *#*#4636#*#*

Cara Memunculkan Logo 4G LTE di Android
Selanjutnya silahkan Anda pilih menu About phone / Phone information atau Tentang telepon.

memilih tipe jaringan 4G LTE

Kemudian Anda dapat memilih tipe jaringan 4G LTE.

Metode diatas berlaku pada hampir sebagian besar merek smartphone, namun tidak berlaku untuk Samsung. Jika Anda menggunakan smartphone Samsung, Anda dapat memilih opsi yang pertama.

3. Cara Memunculkan 4G LTE di Xiaomi


Untuk HP Xiaomi, cara merubah jaringan ke 4G kemudian menguncinya bisa dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Masuklah ke menu "Settings >> About Phone / Tentang ponsel".
  • Tap hingga 5x pada "Penyimpanan Internal" untuk masuk menu Setelan jaringan.
  • Kemudian pilih "Informasi Telepon 1".
  • Gulir kebawah hingga Anda menjumpai menu "Setel Jenis Jaringan" / "Set Preferred Networks Type".
  • Lalu tap pada "LTE/GSM/CDMA auto (PRL) >> CDMA Only".

Usai mengaktifkan 4G LTE di Xiaomi sebagaimana langkah-langkah diatas, nantinya logo 4G dibagian atas HP Xiaomi Anda akan muncul seperti berikut ini.

cara menampilkan logo 4g lte di xioami

Penutup


Cara menampilkan logo 4G di Android seperti diulas diatas sangatlah mudah. Anda hanya perlu masuk ke menu Settings jaringan, disana Anda dapat mengunci sinyal 4G di HP Android Anda, dan kemudian logo 4G LTE akan muncul dibagian atas disamping indikator sinyal HP Anda.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url