Cara Nonaktifkan Notifikasi Aplikasi Tertentu di HP Android

Ponsel Android lazimnya berisikan banyak aplikasi, mulai aplikasi messaging, game, social network, dll. Dari sekian banyak aplikasi aktif yang terpasang di ponsel Android miliki Anda, mungkin saja Anda berkeinginan untuk mematikan pemberitahuan pada aplikasi tersebut. Alasannya mungkin karena Anda merasa pemberitahuan tersebut tidak terlalu penting, Anda orang sibuk yang tidak suka mendengarkan ponsel Anda sebentar-sebentar berdering atau atas alasan-alasan yang lainnya.

Anda tidak perlu repot untuk menonaktifkan notifikasi aplikasi di ponsel Anda. Cukup dengan menyelesaikan 1-2 langkah saja Anda sudah tidak akan lagi mendapatkan notifikasi dari sistem yang terintegrasi dengan aplikasi tersebut. Jika ada salah satu aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan pemberitahuannya, silakan simak panduannya berikut ini.

Cara Nonaktifkan Notifikasi Aplikasi Android


Pada saat Anda menerima sebuah notifikasi, silakan tekan dan tahan notifikasi tersebut sehingga akan muncul menu "App info".

Kemudian, bukalah menu "App info" yang kemudian akan muncul tampilan detail aplikasi tersebut dan Anda bisa menonaktifkan notifikasi aplikasi tersebut.

Buang tanda centang pada bagian "Show notifications" sehingga kemudian akan muncul popup peringatan bahwa Anda akan menonaktifkan notifikasi, lanjutkan dengan memilih "OK".

Cara Nonaktifkan Notifikasi Aplikasi Tertentu di HP Android

Selesai.

Guna menghemat space memory dan RAM pada ponsel Anda, mungkin Anda juga ingin menonaktifkan sebagian aplikasi yang tidak terlalu penting di ponsel Anda. Jika demikian, silakan simak caranya berikut ini.

Cara Menonaktifkan Aplikasi Sistem di Android


Silakan masuk ke menu "Settings".

Pilih "Manage Applications/Application Manager".

Swipe arah kanan hingga Anda menjumpai "All Application"

Silakan pilih aplikasi mana yang akan Anda nonaktifkan.

Tap pada aplikasi tersebut, kemudian pilih "disable/Turn Off".

Cara Menonaktifkan Aplikasi Sistem di Android 1

Akan muncul pesan peringatan, lanjutkan dengan memilih "OK".

Cara Menonaktifkan Aplikasi Sistem di Android 2

Ketika terdapat aplikasi yang di disable/Turn Off, maka akan mucul Tab baru setelah All Applications. Fungsi dari tap ini adalah untuk melihat daftar aplikasi yang telah di disable. Jika Anda ingin mengembalikan pengaturan aplikasi seperti sedia kala caranya dengan memilih Reset app preferences seperti terlihat pada gambar dibawah.

Cara Menonaktifkan Aplikasi Sistem di Android 3

Demikian panduan cara menonaktifkan notifikasi aplikasi di Android dan cara menonaktifkan aplikasi di Android yang dirasa kurang penting, semoga artikel ini berguna untuk Anda.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url