Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Install Aplikasi

Android adalah platform yang didukung ratusan ribu aplikasi. Aplikasi Android terus bertambah dari waktu ke waktu seiring dengan banyaknya developer atau pengembang aplikasi platform Robot Hijau ini. Selain mendownload aplikasi di Google Play, para pengguna Android juga dimungkinkan untuk mendownload aplikasi dari pihak ketiga dalam bentuk apk.

Jika Anda mendapati ponsel Android miliki Anda tidak bisa untuk dipasangi aplikasi, baik aplikasi yang Anda download dari pihak ketiga maupun download secara langsung di Google Play, berarti ada gejala permasalahan pada ponsel Anda. Nah, melalui artikel ini saya akan share beberapa cara untuk mengatasi hp Android yang gagal install aplikasi.

Sebelum merambah ke poin inti, terlebih dahulu saya akan kemukakan beberapa penyebab hp Android tidak bisa memasang aplikasi, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Terlalu sering menginstal dan menghapus aplikasi 

Jika Anda sering memasang aplikasi kemudian menghapusnya, maka hal ini dapat menyebabkan permasalahan sulit install aplikasi dimasa mendatang. Tidak peduli aplikasi tersebut Anda download lewat Google Play ataupun dari situs pihak ketiga. Mengapa demikian? jawabannya, karena setiap aplikasi yang Anda hapus akan meninggalkan sebuah folder kosong yang dalam kebanyakan kasus user tidak melakukan penghapusan terhadap folder kosong tersebut.

2. Hardware ponsel tidak sepenuhnya kompatibel / unsupported 

Ini merupakan salah satu alasan yang sering terjadi mengapa kita gagal memasang aplikasi di smartphone yang kita gunakan dengan mendownload aplikasi tersebut dalam bentuk apk. Usahakan untuk mendownload aplikasi dari Google Play, karena selain aman laman Google Play juga akan menyesuaikan secara otomatis sesuai versi Android yang Anda gunakan.

3. Terdapat aplikasi yang sedang berjalan di background dan terjadi konflik

Kasus ini memang lebih minim dibandingkan gagal install aplikasi karena faktor kompatibel hardware, namun tidak sedikit juga yang mengalami masalah karena adanya aplikasi aktif di background. Silakan nonaktifkan sejenak aplikasi yang berjalan di background hingga proses instalasi aplikasi baru selesai Anda lakukan.

Itulah 3 hal yang kerap kali menjadi penyebab gagal install aplikasi di hp Android dari Play Store maupun aplikasi yang di download dari pihak ketiga. Nah, sekarang saya akan share beberapa cara untuk mengatasi gagal install aplikasi di perangkat Android sebagai berikut:

1. Hapus Aplikasi Yang Tidak atau Kurang Anda Butuhkan

Selain dapat menghemat ruang memori penyimpanan, hal ini juga dapat menghemat space RAM dimana ketika space RAM tidak lagi tersisa makan hal ini dapat menyebabkan Anda gagal menginstal aplikasi baru.

2. Berishkan RAM 

Langah selanjutnya yang dapat Anda tempuh adalah dengan membersihkan RAM. Bergantung pada pabrikan smartphone yang Anda gunakan, jika Anda menggunakan smartphone pabrikan Samsung, Anda dapat membersihkan RAM dengan cara masuk ke menu "Task Manager" > pilih "RAM" > lalu pilih "Clear Memory".

3. Bersihkan Chache 

Jika Anda sering gagal memasang aplikasi melalui Play Store, silakan bersihkan chache pada ponsel Anda. Harap dicatat, jika Anda membersihkan chache, Anda akan logout dari Play Store, jadi harap diingat username GMail dan password Anda. Untuk membersihkan chache, silakan masuk ke menu "Settings" > "Apps" > "Running", lalu temukan dan tap Google Play Store. Selanjutnya, tap "Force Stop /Clear cache". (perhatikan gambar dibawah)

Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi di HP Android

4. Reset Ponsel Anda

Ini adalah langkah terakhir yang dapat Anda ambil apabila belum juga mendapatkan solusi. Dengan mengembalikan setelan ponsel ke awal hal ini akan menjadikan ponsel dalam keadaan fresh. Sebelum Anda melakukan factory reset, pastikan Anda backup terlebih dulu data-data penting yang ada di ponsel.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url