Cara Mengatasi HP Asus Sering Restart Sendiri

Asus merupakan salah satu pabrikan smartphone yang cukup populer. Brand Asus sendiri sudah dikenal sejak sekian lama sebagai produsen komputer dan laptop. Seiring maraknya industri smartphone, perusahaan asal Taiwan ini pun memutuskan untuk ikut meramaikan pasar smartphone. Seperti halnya produk komputer, smartphone Asus pun cukup digemari oleh pengguna ponsel pintar di Indonesia.

Produk smartphone Asus yang beredar di pasar saat ini adalah Zenfone. Seri Zenfone sudah dirilis dalam berbagai tipe, mulai seri low-end, mid-end, hingga smartphone klas premium. Zenfone cukup diminati pengguna smartphone di Indonesia karena dari sisi harga produk Asus memang tergolong terjangkau. Selain itu, spek yang ditawarkan juga tergolong tinggi mulai RAM, kapasitas penyimpanan, baterai, dan sebagainya.

Cara Mengatasi Asus Zenfone Sering Restart Sendiri


Bagi Anda para pengguna smartphone Asus Zenfone yang mungkin pernah menjumpai dimana smartphone Anda secara tiba-tiba restart sendiri. Lebih mengganggu lagi karena restart tersebut tidak berhasil alias mandek. Nah, berikut ini diulas beberapa cara untuk mengatasi hp Android Asus yang sering restarts terus-menerus.

Asus
Asus Zenfone Restarts

1. Masuk ke Safe Mode


Safe mode diterapkan pada sistem operasi Android versi 4.1 keatas. Fungsi safe mode mirip dengan mode Safe Mode pada Windows. Safe mode pada startup Android akan menjalankan aplikasi pra-instal saja.

Fitur safe mode membantu pengguna untuk menganalisa sistem, untuk memperbaiki kesalahan dalam perangkat lunak tanpa adanya aplikasi pihak ketiga.

Cara masuk ke Safe Mode


Ponsel dalam kondisi off/mati:

  1. Tekan dan tahan tombol power.
  2. Saat muncul logo ASUS, tekan dan tahan tombol Volume bawah (volume down) sampai sistem booting.
  3. Anda akan diminta untuk memilih "Safe Mode" di pojok kiri bawah layar.

Ponsel dalam kondisi on/hidup:

  1. Tekan dan tahan tombol power.
  2. Tekan dan tahan tombol "Off".
  3. Klik "OK" untuk me-restart ponsel untuk masuk ke system safe mode.
  4. Anda akan diminta untuk memilih "Safe mode" di sudut kiri bawah layar.

2. Wipe Cache Partition 


Banyak pengguna perangkat Android yang gemar menginstall lalu meng-uninstall berbagai macam aplikasi. Padahal, hal tersebut akan meninggalkan banyak cache atau file sampah pada smartphone. Kondisi tersebut dapat menyebabkan smartphone mengalami bug termasuk sering restart sendiri.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat membersihkan cache pada smartphone Anda melalui Recovery Mode. Adapun cara masuk ke recovery mode adalah sebagai berikut:

  • Matikan smartphone, tunggu sekira 1-2 menit.
  • Nyalakan smartphone dengan cara menekan tombol Power + Volume Down.
  • Pada saat logo Android muncul, lepaskan kedua tombol tersebut.
  • Kemudian akan muncul beberapa menu, silakan pilih "Recovery Mode" lalu "Wipe Cache Partition".
  • Selanjutnya smartphone akan restart dan dapat digunakan kembali.

*Ketika memilih menu pada Recovery Mode, Anda tidak dapat menggunakan layar sentuh. Gunakan tombol Volume Up, Volume Down dan tombol Power untuk memilih menu.


3. Lakukan Factory Reset


Jika masalah restart sendiri masih saja sering muncul, cara lain yang bisa Anda coba adalah dengan melakukan factory reset. Factory reset adalah mengembalikan setelan smartphone Anda ke setelan pabrik sehingga ponsel tersebut akan kembali seperti sedia kala (seperti baru).

Dalam kebanyakan kasus smartphone error atau mengalami masalah fungsi tertentu, factory reset biasanya dapat mengatasi permasalahan yang ada. Oleh karenanya, tidak ada salahnya untuk dicoba melakukan factory reset terlebih dulu.

Cara Reset HP Android


Smartphone dalam kondisi hidup:

  • Masuk ke menu Settings/Pengaturan
  • Scroll kebawah, kemudian cari menu Backup & Reset
  • Kemudian tap Factory data reset
  • Centang yang dianggap benar, lalu tap Reset device.
  • Setelah itu, tunggu proses resetnya sampai selesai. Biasanya akan memakan waktu sekitar 3-10 menit (tergantung seberapa banyak data pada perangkat).
  • Setelah selesai, ponsel Android Anda akan restart sendiri.

Smartphone dalam kondisi mati:

  • Pastikan baterai smartphone tidak kurang dari 70%. Tujuannya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Tekan dan tahan tombol Volume Up + HOME + Power secara bersamaan selama beberapa detik.
  • Gunakan Volume Up untuk memilih menu "Factory reset / Wipe data".
  • Lalu tekan tombol Home untuk memulai proses reset.
  • Selanjutnya silakan Anda tunggu selama beberapa saat sampai prosesnya selesai.
  • Kemudian pilih menu Reboot System Now.

*Pastikan Anda mem-backup data-data yang dianggap penting sebelum memulai proses factory reset karena setelah factory reset selesai dilakukan seluruh data di smartphone akan bersih.

4. Klaim Garansi


Jika Anda membeli smartphone tersebut dalam kondisi masih baru, langkah terakhir yang bisa Anda tempuh untuk mengatasi smartphone Asus Zenfone sering restart sendiri adalah dengan membawanya ke service center. Namun pastikan bahwa tidak ada kerusakan (fisik) pada smartphone tersebut.

Share

LATEST ARTICLES

Post a Comment

close