Cara Mengatasi Laptop Lemot

Ada beberapa hal yang menyebabkan sebuah laptop memiliki kinerja lambat atau sering mengalami not responding. Pada umumnya laptop atau notebook lemot disebabkan oleh spek hardware yang tergolong dibawah standar. Seperti diketahui, jenis CPU dan besaran kapasitas RAM akan menjadi penentu performa laptop Anda.

Selain itu, faktor versi operating system juga bisa menjadi penyebabnya. Sebut saja Anda menggunakan OS Windows 10 dan disisi lain spek komputer Anda hanya dibekali RAM 2GB, maka dapat dipastikan kinerja laptop Anda akan sangat lambat. Dan berikut ini dipaparkan beberapa tips untuk mengatasi laptop lambat.

Cara Mengatasi Laptop Lambat


Untuk mengatasi masalah kinerja laptop lambat, ada beberapa kiat yang bisa Anda coba, diantaranya seperti dijelaskan berikut ini:

1. Gunakan OS Yang Ringan

Salah satu faktor yang sangat menentukan performa laptop adalah sistem operasi yang dipakai. Windows memang sangat produktif, tapi tergolong cukup berat. Jika laptop Anda punya spesifikasi pas-pasan, ada baiknya Anda beralih ke OS Linux seperti Endless OS. OS tersebut jauh lebih ringan katimbang Windows. Sementara itu, jika Anda tetap ingin menggunakan Windows, usahakan untuk menggunakan Windows versi lama yang masih tergolong ringan seperti Windows 7.

2. Install Ulang OS

Penyebab laptop lemot berikutnya adalah dikarenakan instalasi OS yang sudah bermasalah. Ini dikarenakan pemakaian software yang tidak optimal atau tidak sebagai mana mestinya. Jika performa laptop Anda sudah terlalu parah, salah satu solusinya adalah dengan melakukan install ulang OS.

3. Matikan Fitur Update Otomatis

Windows menyediakan fitur auto update begitu komputer terhubung ke jaringan internet. Ini sebenarnya bisa menjadi keuntungan jika kinerja komputer Anda terbilang kenceng. Namun sebaliknya, dengan diaktifkannya fitur auto update ini justru akan memperlambat kinerja komputer Anda jika spek komputer Anda cukup rendah.

4. Scan Virus Secara Terjadwal

Virus dapat menginfeksi sistem kapan saja, terlebih jika laptop Anda sering terhubung ke internet atau sering pasang-lepas media eksternal seperti flashdisk. Untuk memastikan sistem tetap dalam kondisi aman, silakan lakukan scan virus secara terjadwal. Pastikan Anda menggunakan antivirus yang secara rutin di update.

5. Mengganti HDD Dengan SSD

Penyebab laptop lambat juga disebabkan oleh jenis disk yang digunakan laptop tersebut. Jika memungkinkan, sebaiknya Anda ganti hard disk ke SSD. Seperti diketahui, SSD memiliki kecepatan yang jauh lebih baik katimbang HDD.

6. Upgrade RAM 

Penentu kecepatan kinerja komputer sangat bergantung pada CPU dan RAM. Jika RAM laptop Anda memang cukup rendah, saya merekomendasikan Anda untuk meng-upgrade RAM tersebut. Misalkan RAM notebook Anda saat ini 2GB, Anda bisa upgrade ke 4GB. Ini akan memberiksan solusi untuk laptop yang benar-benar lambat.

Laptop lambat
Ilustrasi - Laptop lambat

Demikian ringkasan mengenai beberapa penyebab laptop lemot dan cara mengatasinya. Semoga informasi ini berguna dan dapat memberikan solusi bagi Anda yang selama ini dihadapkan dengan masalah laptop lambat. Agar tidak mengganggu produktivitas Anda, silakan lakukan sesuatu sekarang juga.

Share

LATEST ARTICLES

Post a Comment

close