Cara Mengatasi HP Android Sering Hang

Salah satu permasalahan pada smartphone yang kerapkali muncul adalah hang. Ketika sedang asyik-asyiknya menggunakan smartphone tiba-tiba smartphone menjadi hang tentu saja akan membuat Anda serasa jengkel olehnya. Nah untuk mengatasi HP Android yang sering hang, berikut ini diulas solusinya.


Penyebab HP Android Sering Hang


Sebelum beranjak ke cara mengatasi Android sering hang, terlebih dulu mari dipahami apa saja yang menyebabkan smartphone atau tablet Android Anda sering mengalami hang yang diataranya adalah sebagai berikut:

  1. Terlalu banyak aplikasi yang terpasang – Meskipun smartphone Anda memiliki memori internal dan eksternal yang besar, bukan berarti Anda dapat dengan bebas menginstall banyak aplikasi, karena semakin banyak aplikasi yang di install maka hal tersebut berpotensi membuat smartphone Anda menjadi terbebani. Hal tersebut akan memakan banyak RAM sehingga kinerja ponsel menjadi lambat. 
  2. Terlalu banyak aplikasi yang berjalan – Jika terlalu banyak aplikasi aktif, RAM smartphone Anda tentunya akan tergunakan semua, alhasil smartphone Anda akan sering LAG atau Hang karena RAM yang tersisa tidak lagi cukup.
  3. Kapasitas Memori RAM penuh – Penyebab penuhnya RAM lantaran banyaknya aplikasi yang dibuka atau aplikasi yang berjalan di belakang layar smartphone Anda - meskipun aplikasi tersebut tidak sedang digunakan.
  4. Penumpukan cache yang berlebihan – File sampah atau Cache akan diproduksi terus saat Anda membuka dan menjalankan aplikasi tertentu. Cache atau file sampah tersebut jangan dibiarkan menumpuk pada memori internal dan harus dibersihkan secara terjadwal karena jika tidak dibersihkan file sampah yang menumpuk tersebut akan menyebabkan smartphone Anda mengalami hang, lag, atau lemot secara tiba-tiba.
  5. Sistem terinfeksi virus – Sistem Android ataupun aplikasi yang terserang virus akan membuat peforma smarthone menjadi lambat hingga terjadi hang.
  6. Root yang kurang sempurna – Root yang gagal ditengah jalan atau kurang sempurna akan menyebabkan sistem Android serig mengalami error seperti lag ataupun hang, bahkan dapat menyebabkan ponsel mati total. Solusinya Anda harus menginstall OS Android yang baru atau jika masih bisa hidup lakukan factory riset.
  7. Penggunaan tema atau wallpaper animasi – Dibalik tema yang menarik nan unik ternyata tema sangat membutuhkan memori RAM yang cukup besar dan jika penggunaan tema tersebut tidak diimbangi dengan penggunaan aplikasi lain maka kinerja smartphone Android Anda akan menjadi sangat berat.

Cara Mengatasi Android Sering Hang


Dengan membaca ulasan diatas sejatinya Anda sudah bisa memahami apa yang semestinya dilakukan agar smartphone Android Anda terbebas dari masalah hang. Dan berikut ini ulasan lengkapnya.

  1. Hapus aplikasi yang tidak digunakan – Hapus aplikasi atau game yang jarang atau tidak pernah Anda gunakan agar memori internal dan eksternal Android Anda memiliki banyak ruang kosong. Cara menghapus aplikasi di Android adalah sebagai berikut: masuk ke menu Pengaturan >> Aplikasi >> Semua, kemudian cari dan pilih aplikasi atau game yang akan Anda hapus. Untuk menghapus salah satu aplikasi, silakan tab pada "Copot pemasangan".
  2. Bersihkan cache – Hapus semua cache pada perangkat Android Anda dengan aplikasi cleaner seperti Clean Master atau aplikasi sejenis lainnya. Silakan cari aplikasi tersebut di Google Play.
  3. Scan dengan anti virus – Lakukan scan pada smartphone Android Anda dengan antivirus terbaik.
  4. Gunakan wallpaper non-animasi – Hapus tema atau launcher Android yang memakan banyak RAM, dan gunakan wallpaper biasa saja agar space RAM tetap tersisa. Jika kapasitas RAM Android Anda >1 GB ini tidak jadi masalah, namun jika dibawahnya sebaiknya Anda tidak memasang tema atau wallpaper animasi.
  5. Update Android – Apabila sistem Android terjadi error atau banyak kerusakan, sebaiknya lakukan update.
  6. Lakukan Factory Riset – Factory reset adalah salah satu cara untuk memilihkan kondisi sistem kesedia kala. Cara melakukan factory riset di Android adalah sebagai berikut: silakan masuk ke menu Pengaturan >> Buat cadangan & Setel ulang >> Kembali kesetelan pabrik, lalu tap pada "Setel ulang telepon".
Android Sering Hang
Ilustrasi - Mengatasi Android Sering Hang

Baca juga: Cara Mengatasi Aplikasi Android Sering Error

Demikian cara mudah mengatasi smartphone Android yang sering hang, semoga informasi ini bisa memberikan solusi. Akhir kata, terlepas dari kualitas barang, life time smartphone pada dasarnya amat bergantung pada prilaku pengguna - artinya, gunakanlah smartphone Anda dengan pola penggunaan yang baik.

Share

LATEST ARTICLES

Post a Comment

close