Trik Membuka Menu Rahasia HP Android

Smartphone yang mengaplikasikan OS Android sejatinya memiliki berbagai macam fitur menarik yang dapat dimanfaatkan penggunanya, baik fitur yang dapat diakses secara langsung melalui menu yang tampil di ponsel maupun fitur yang hanya dapat diakses melalui short code.

Hanya dengan menekan short code tertentu, Anda akan dapat melihat sederet fitur tersembunyi yang terdapat di smartphone Android milik Anda. Mengetahui kode rahasia HP Android sejatinya cukup penting, selain untuk mengetahui fitur-fitur tersembunyi hal tersebut juga dapat membantu mengatasi permasalahan tertentu pada smartphone Anda.


Kode Rahasia Android


Untuk bisa masuk ke menu tersembunyi di Android cukup masukkan kode *#*#4636#*#* di mode dial nomor telepon. Melalui short code tersebut, Anda akan melihat deretan informasi penting pada smartphone Android Anda.

Umumnya di dalam menu tersebut akan terdapat empat sub-menu, yaitu Phone Information, Battery Information, Usage Statistic, dan Wi-Fi Information. Untuk menemukan informasi lebih detail mengenai smartphone Android Anda, silakan buka Phone Information.

Kemudian untuk menu Usage Information, isinya adalah mengenai informasi tentang aplikasi terakhir yang digunakan ponsel dan keterangan sudah berapa lama ponsel tersebut dipergunakan.

Kode *#*#4636#*#* sebenarnya berfungsi di sebagian besar smartphone Android. Namun, terdapat juga beberapa tipe HP Android yang tidak dapat menggunakan kode tersebut. Anda perlu mencobanya di ponsel Anda untuk memastikan apakah kode tersebut berlaku di ponsel Android Anda.

Adapun yang harus Anda perhatikan dalam membuka menu-menu rahasia ini, berhati-hatilah saat mencobanya. Pastikan untuk tidak secara sembarangan mengubah setelan yang terdapat pada menu tersebut karena bisa berakibat fatal. Misalnya, jika Anda memilih "turn off phone radio", maka Anda tidak akan bisa menggunakan ponsel untuk melakukan panggilan, mengirim SMS, atau internetan, sampai Anda mengaktifkan kembali menu tersebut.

Kode Penting Android


Selain kode *#*#4636#*#*, berikut ini beberapa kode rahasia Android lainnya yang juga tidak kalah pentingnya untuk Anda ketahui:

*#06# - Memunculkan nomor IMEI.

*#*#7780#*#* - Factory reset (untuk menghapus data aplikasi dan aplikasi di ponsel, tidak menghapus firmware - mengembalikan setelan ke awal).

*2767*3855# - Menghapus semua data di ponsel, termasuk firmware (pastikan Anda berhati-hati dengan kode ini).

*#*#273283*255*663282*#*#* - Back up semua data foto dan video di smartphone Anda.

*#*#1234#*#* - Memunculkan informasi tentang firmware dan PDA info smartphone.

*#*#1472365#*#* - Untuk menguji GPS.

Kode Rahasia Android
Kode Rahasia Android

Demikian cara menguak menu rahasia di HP Android. Pastikan Anda tidak asal merubah setelan yang sudah ada kecuali Anda benar-benar memahaminya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url