Cara Mengatasi HP Android Sering Macet

Smartphone Android mengalami macet secara tiba-tiba atau yang dikenal dengan istilah lag merupakan salah satu permasalahan yang cukup mengganggu pengguna. Jika Anda mendapati smartphone milik Anda sering mengalami hal ini, maka perlu segera melakukan upaya perbaikan agar permasalahan tersebut tidak terus berlanjut.

Lag sejatinya tidak hanya terjadi pada smartphone berbasis Android. Lag juga bisa dialami oleh komputer atau Laptop. Smartphone merk lain-pun juga bisa mengalami hal yang sama, baik itu iPhone (iOS), Blackberry, ataupun Nokia berbasis Windows. Lag biasanya sering terjadi saat ponsel sedang digunakan untuk bermain game atau menjalankan aplikasi yang berukuran besar.

Penyebab Smartphone Android Sering Lag


Ada banyak sekali penyebab Android mengalami lag, salah satu penyebab yang paling sering yakni RAM Penuh. Saya sendiri dulunya juga pernah mengalami hal yang sama. Saat saya sedang chatting dan berosial media dengan koneksi Wifi tiba-tiba aplikasi BBM saya berhenti tiba-tiba dan terasa sangat berat. Mengapa demikian? Karena saya membuka banyak aplikasi mulai dari BBM, Line, WhatsApp, Facebook, Instagram, dan UC Browser.

Bagi Anda yang menggunakan smartphone dengan kualitas hardware yang mumpuni mungkin tidak masalah, tapi bagi saya yang hanya menggunakan smartphone RAM 512MB, benar-benar jadi masalah yang cukup terasa.

Untuk mengatasi lag pada smartphone Android, caranya berbeda-beda. Banyak sekali penyebab dari masalah tersebut. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak beberapa penyebab dan cara mengatasi mengenai HP Android yang sering lag berikut ini.

1. Terlalu Banyak Aplikasi Yang Aktif. Seperti yang saya jelaskan diatas, banyaknya aplikasi yang Anda jalankan membuat Android sering Lag dan macet. Maklum saja, hal ini terjadi karena RAM Android Anda penuh sehingga Android pasti akan macet karena Memori RAM tidak dapat memberikan Ruang pada aplikasi atupun sistem Android itu sendiri. Lebih parahnya lagi jika Anda membuka internet sambil bermain game tentu RAM Android tidak kuasa dalam melakukan semua itu. Hal ini sering terjadi pada smartphone Android dengan kapasitas RAM 512MB.

2. Terlalu Banyak Aplikasi Yang Terpasang. Walaupun memori internal ataupun eksternal Android Anda besar bukan berarti Anda bebas menginstall semua aplikasi yang ada. Makin banyak aplikasi yang Anda install juga makin lemot pula Android Anda. Tidak hanya memberatkan RAM saja, tetapi juga memberatkan memori Android itu sendiri. Apalagi jika aplikasi yang Anda install suka berjalan di background layar tentunya RAM Android pasti terkuras habis.

3. Terlalu Banyak Penumpukan Cache. Cache atau file sampah akan terus di produksi saat Anda membuka dan menjalankan aplikasi tertentu, entah itu aplikasi Messenger, Sosial media, ataupun Game Android. Pada intinya cache sifatnya file sementara yang artinya tidak begitu penting dan harus di bersihkan. Jika tidak dibersihkan maka akan menumpuk di Memori Internal dan membuat Android sering lag, Lemot, dan macet tiba-tiba.

4. Memori RAM Sudah Penuh. Sebenarnya RAM penuh sama seperti point yang pertama yakni Karena banyak membuka aplikasi. Tak hanya itu saja, tidak membuka aplikasi juga bisa membuat RAM penuh. Jika Anda perhatikan aplikasi messenger seperti BBM ataupun WhatsApp, walaupun Anda tidak membukanya tetap saja aplikasi tersebut membutuhkan Ruang memori. Kenapa? Karena aplikasi tersebut berjalan di belakang layar. Intinya adalah aplikasi yang berjalan, entah itu terbuka atau tidak tetap membutuhkan RAM. Untuk itu sebaiknya jangan terlalu banyak dalam menjalankan aplikasi di Android.

5. Tema dan Wallpaper Animasi. Jika kita perhatikan wallpaper animasi dan tema memang terlihat menarik dan keren. Banyak sekali aplikasi launcher yang menyediakan tema unik, lucu, dan keren, tapi dibalik itu semua, tema Android sangat membutuhkan memori RAM yang cukup besar. Nah, apabila Anda menggunakan tema tapi Anda tidak imbangi dengan penggunaan aplikasi lainnya tentunya Android akan serasa sangat berat. Terbukti saya sendiri memasang tema dan saat menjalankan aplikasi BBM, Line, dan UC Browser secara bersamaan ternyata Android serasa sangat berat sekali.

6. Root Tidak Sempurna. Root yang kurang sempurna atau gagal di tengah jalan akan mengakibatkan sistem andoid sering mengalami error. Tidak hanya lag, lemot, atau macet tiba-tiba, terkadang ada juga yang sampai mati total. Solusinya sulit, harus menginsall OS Android yang baru atau jika masih bisa nyala lakukan "Factory Reset".

7. Sistem Terinfeksi Virus. Virus yang menyerang aplikasi dan sistem Android tentunya akan berdampak buruk bagi performa Android itu sendiri. Banyaknya virus yang menyerang akan membuat aplikasi sering error, lag, dan lemot.

Setelah mengetahui penyebab-penyebab Android sering lag, selanjutnya Anda bisa langsung memperbaiki. Simak cara mengatasi smartphone Android sering lag atau macet tiba-tiba berikut ini.


Cara Mengatasi HP Android Sering Lag


Berikut ini beberapa cara mengatasi Android sering lag yang bisa Anda coba pada smartphone Anda:

1. Bersihkan Cache Android. Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghapus cache Android. Cukup mudah untuk menghapusnya, Anda bisa gunakan aplikasi Clean Master atau CCleaner dengan sekali tap maka semua proses pembersihan akan berjalan. Jangan lupa harus juga history pencarian pada aplikasi browser yang Anda gunakan.

2. Hapus Aplikasi & Game. Aplikasi dan game yang jarang Anda gunakan atau sudah tidak pernah Anda gunakan, maka sebaiknya uninstall aplikasi tersebut. tujuannya agar memori internal dan eksternal Android Anda memiliki banyak ruang kosong. Untuk menghapus aplikasi cukup mudah, masuk pada menu Pengaturan » Aplikasi » Semua, cari dan pilih aplikasi yang Anda ingin hapus. Tap "Copot Pemasangan" untuk menghapus aplikasi.

3. Gunakan Wallpaper Biasa. Apabila sebelumnya Anda menginstall tema atau launcher Android. hapus tema tersebut, gunakan wallpaper biasa dan jangan yang animasi. Jika smartphone Anda memiki kapasitas RAM 1GB mungkin tidak masalah, tapi jika dibawah kapasitas tersebut maka nantinya akan jadi masalah. Untuk lebih baiknya memang tidak perlu memasang tema.

4. Scan Dengan Anti Virus. Gunakan Anti Virus Terbaik untuk melakukan scanning. Mungkin saja ada virus yang melekad pada sistem dan aplikasi sehingga membuat Android serasa berat dan lemot. Rekomendasi anti virus terbaik adalah AVAST Mobile Security, AVG Antivirus Security, CM, Security, dan Kapersky Internet Security.

5. Gunakan Aplikasi Seeder. Aplikasi Seeder dapat mengoptimalkan smartphone Android agar bisa bekerja lebih agresif. Unduh aplikasi Seeder, dan pasang pada Android Anda. Untuk menggunakan aplikasi ini cukup mudah, Anda tinggal nyalakan tombol mati menjadi nyala "On". Kemudian pada bagian Light, Anda ubah menjadi Aggressive. Cara ini hanya bisa dilakukan untuk Android yang sudah di Root.

root android

6. Update OS Android. Apabila sistem Android Anda error atau terdapat banyak bugs (Kerusakan) maka sebaiknya lakukan update. Tujuannya agar error tersebut bisa hilang. Dan lebihnya lagi Anda juga akan mendapatkan fitur terbaru dari update OS Android yang Anda lakukan.

7. Lakukan Factory Reset. Jika semua cara tidak bisa Anda lakukan, jalan terakhir yakni dengan "Factory Riset" Mengembalikan smartphone ke kondisi awal (Pabrik). Sebelum melakukan cara ini, sebaiknya Anda backup semua data pada komputer atau SD Card agar nantinya bisa Anda kembalikan lagi.

Untuk melakukan factory riset, masuk pada menu Pengaturan >> Buat Cadangan & Setel Ulang >> Kembalikan ke setelan Pabrik, dan selanjutnya Anda bisa tap "Setel Ulang Telepon".

Demikian beberapa cara mengatasi Android sering macet tiba-tiba, khusunya saat digunakan untuk gaming atau menjalankan aplikasi-aplikasi berat, semoga ulasan diatas berguna dan dapat memberikan solusi.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url