Cara Mengunci Sinyal 4G Samsung

Samsung merupakan salah satu brand smartphone ternama. Produk smartphone Samsung tidak hanya booming di kawasan Asia saja, tetapi turut digilai diberbagai negara, seperti Amerika Serikat, Australia, Inggris, hingga kawasan Afrika. Dengan nama besarnya, Samsung semakin diperhitungkan konsumen, khususnya mereka yang menyukai smartphone berbasis Android.

Sebagai brand besar, produk Samsung memang dikenal memiliki sejumlah keunggulan, khususnya untuk sektor hardware yang kualitasnya cukup bagus. Perangkat keras smartphone Samsung umumnya memiliki daya tahan bagus dan dapat berfungsi dengan cukup baik, seperti pada sektor signal dimana rata-rata ponsel Samsung memiliki daya tangkap sinyal yang cukup baik.

Menyinggung tentang sinyal, setiap pemilik handphone pastinya menginginkan sinyal 4G yang notabene sebagai generasi jaringan paling mutakhir di masa sekarang. Jaringan 4G LTE menawarkan speed yang lebih kenceng katimbang generasi jaringan sebelumnya. Sayangnya, faktor kuota BTS dan lokasi pengguna masih menjadi kendala tersendiri. Tidak semua pengguna dapat menikmati jaringan 4G dengan baik, khususnya mereka yang tinggal di daerah pedalaman.

Nah, bagi Anda para pengguna smartphone Android Samsung yang selama ini masih direpotkan sulitnya mendapatkan jaringan 4G, berikut ini diulas trik untuk mengunci sinyal 4G di hp Android Samsung.

Syarat Dapat Menikmati Jaringan 4G LTE


Supaya dapat menggunakan jaringan 4G LTE di hp Samsung, ada beberapa kondisi yang perlu diperhatikan, sebagai berikut:

1. Ponsel Harus Sudah Support 4G LTE 
Yang pertama, smartphone Anda harus sudah support jaringan 4G sesuai frekuensi operator yang Anda gunakan. Dalam hal ini sebagian besar smartphone Samsung keluaran terbaru sudah pasti mendukung jaringan ini.

2. Tercover Jaringan 4G LTE
Daerah tempat Anda tinggal harus sudah tercover jaringan 4G LTE. Untuk mengetahuinya, Anda dapat menggunakan aplikasi Open Signal yang dapat di unduh di Google Playstore. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengecek lokasi cover jaringan 4G secara mudah.

3. Kartu SIM Sudah Support 4G. 
Terakhir, kartu SIM yang Anda gunakan harus sudah support jaringan 4G. Jika Anda menggunakan kartu SIM yang belum mendukung jaringan 4G, maka Anda tetap tidak bisa menikmati jaringan ini meskipun ponsel yang Anda gunakan sudah didukung jaringan 4G.

Jika sudah memenuhi syarat sebagaimana disebutkan diatas, silakan simak cara mengunci jaringan 4G LTE di hp Samsung seperti dijelaskan dibawah ini.

Cara Setting Sinyal HP Tetap di 4G


Note: 

Panduan ini tidak dilengkapi dengan screen shot, namun Anda bisa mencocokkannya.

#1 - Buka menu panggilan, kemudian ketik: *#0011#. Untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar SS dibawah ini.

Mengunci Sinyal 4G Samsung

#2 - Setelah short code tadi Anda ketikkan, maka secara otomatis ponsel Samsung Anda akan membuka menu "Service Mode". Disana terdapat banyak informasi yang ditampilkan, namun Anda cukup fokus pada menu MORE atau LAINNYA.

#3 - Setelah menu MORE Anda sentuh, maka akan muncul sebuah menu, dan pilihlah menu Back.

#4 -  Setelah menyentuh Back, selanjutnya Anda sentuh lagi menu MORE lalu pilih menu Key Input.

#5 - Selanjutnya akan muncul kolom yang harus Anda isi. Kemudian, silakan Anda ketik huruf Q (huruf besar).

#6 - Sentuh lagi menu MORE lalu pilih menu Back lagi.

#7 - Selanjutnya Anda pilih lagi menu MORE lalu pilih menu Key Input.

#8 - Terakhir, silakan Anda ketikkan angka 0000 lalu tekan OK.

#9 - Setelah itu, silakan ditunggu sekira 10-20 detik hingga muncul lagi beberapa menu Service Mode. Kemudian, pilih DEBUG SCREEN lalu pilih PHONE CONTROL.

#10 - Kemudian, pilih NETWORK CONTROL lalu pilih BAND SELECTION untuk mengunci jaringan 4G pada Samsung Anda.

#11 - Pada menu BAND SELECTION akan muncul pilihan kartu SIM mana yang ingin Anda kunci jaringan 4G LTE-nya. Misalkan Anda ingin lock sinyal 4G Samsung pada SIM 1, maka siakan dipilih BAND SELECTION SIM 1.

#12 - Kemduain kan muncul pilihan, dan silakan pilih LTE ALL lalu pilih LTE ALL BANS SELECTED.

Demikian langkah-langkah untuk mengunci jaringan 4G di hp Samsung. Jika Anda ingin menerapkannya di ponsel Anda, pastikan langkah-langkahnya tidak ada yang terlewati.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url