Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Telepon Keluar, SMS, dan Cek Pulsa

Sebagai pengguna ponsel secara aktif, Anda mungkin pernah dihadapkan dengan sebuah pengalaman dimana ponsel yang Anda gunakan tiba-tiba tidak bisa dibuat menelpon, kirim SMS, atau cek pulsa. Sesaat Anda mungkin akan mencurigai kartu SIM yang Anda gunakan belum di registrasi, dan ternyata kartu SIM tersebut sudah di register yang semestinya sudah bisa digunakan secara normal.

Bagi Anda yang saat ini sedang dihadapkan dengan masalah tersebut, Anda tidak perlu khawatir. Artikel ini akan memberikan Anda solusi. Perlu diketahui, penyebab hp tidak bisa telepon keluar maupun mengirim SMS tidak melulu karena proses registrasi kartu SIM yang belum berhasil. Ada beberapa hal yang memungkinkan HP Anda tidak bisa digunakan untuk berkomunikasi sebagaimana mestinya, seperti melakukan panggilan keluar.



Penyebab HP Android tidak bisa telpon dan kirim SMS dalam hal ini bisa dikarenakan fitur FDN (Fixed Dialing Number) dalam keadaan aktif sehingga terjadi pembatasan pada panggilan, termasuk untuk mengecek pulsa. Anda perlu menonaktifkan FDN terlebih dulu agar tidak lagi terjadi pembatasan panggilan. Selain itu, Anda juga perlu mengecek tipe jaringan yang aktif pada smartphone Anda. Apakah Anda set ke jaringan 3G, Auto, atau LTE only.

Harap diperhatikan, bahwa ketika ponsel Anda set ke jaringan LTE atau 4G only, maka ponsel tersebut hanya dapat Anda gunakan untuk internetan. Fitur seperti melakukan panggilan keluar tidak lagi bisa Anda nikmati karena tipe jaringan ini memang hanya memungkinkan Anda untuk menggunakan koneksi data. Tentu, Anda perlu merubah setelan jaringan ke Auto sehingga Anda dapat menggunakannya untuk internetan dan juga melakukan panggilan.

Penyebab HP Tidak Bisa Dipakai Nelpon dan Kirim SMS


Agar Anda bisa lebih mudah dalam mengidentifikasi masalah pada HP Anda yang tidak bisa dipakai nelpon, kirim SMS, atau mengecek pulsa, ada baiknya Anda ketahui beberapa hal penyebab HP tidak bisa melakukan panggilan keluar yang antara lain sebagai berikut:

1. FDN Aktif


Jika FDN dalam kondisi aktif, maka HP Android Anda tidak hanya tidak bisa dibuat untuk menelpon, termasuk cek pulsa juga tidak bisa dilakukan. Untuk menikmati fitur panggilan di HP Anda sebagaimana biasanya, silahkan nonaktifkan FDN terlebih dulu.

2. Setelan Jaringan


Untuk smartphone Android atau platform smartphone lain keluaran terbaru telah dilengkapi fitur setelan jaringan dimana user dapat memilih opsi jaringan GSM, 3G, atau 4G LTE. Jika setelan jaringan di HP Anda menggunakan 4G Only, maka Anda perlu merubahnya menjadi Auto agar dapat melakukan panggilan keluar seperti biasa.

3. Kesalahan Konfigurasi SMSC


Pada HP Android terdapat menu konfigurasi SMSC (Short Message Service Center). Fungsi SMSC kurang lebih adalah untuk mengatur lalu lintas SMS sebelum akan dikirimkan. Jika input SMSC salah, maka Anda tidak bisa mengirim SMS ke nomor manapun.

Secara default sudah di set sesuai operator yang Anda gunakan, namun bisa juga setelan tersebut telah berubah. Anda perlu memasukkan nomor SMSC sesuai operator yang Anda gunakan, sebagai berikut:

  • Telkomsel: +6281100000
  • Indosat: +62816124
  • XL: +62818445009
  • Axis: +628315000032
  • Indosat: 62855000000
  • Three / Tri / 3: +6289644000001
  • Smartfren: +628811223344

4. Kartu SIM Rusak


Penyebab HP tidak bisa digunakan untuk menelpon bisa juga karena kartu SIM telah rusak. Silahkan buka casing HP atau slot SIM Card, cek kondisi fisik SIM Card. Coba pinjam kartu SIM teman Anda lalu masukkan ke slot SIM Card HP Anda. Jika bisa dibuat telepon, maka itu artinya dari sisi HP-nya tidak ada masalah.

5. Masalah Jaringan


Ada kalanya operator mengalami gangguan jaringan yang menyebabkan pelanggan tidak bisa melakukan panggilan keluar. Ini sebenarnya jarang terjadi, namun Anda perlu memastikan status jaringan operator guna mengetahui penyebab pasti HP Anda tidak bisa menelpon keluar. Indikator sedang terjadi masalah jaringan adalah ketika Anda mendapati sinyal HP tiba-tiba hilang atau muncul tapi tidak stabil.

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Telepon, Kirim SMS, dan Cek Pulsa


Dari sekian penyebab yang umum terjadi dikalangan pengguna smartphone yang tidak dapat melakukan panggilan keluar maupun cek sisa pulsa adalah karena di HP mereka FDN dalam keadaan aktif sehingga fitur panggilan keluar (termasuk cek pulsa) dibatasi.

Dan berikut ini dijelaskan langkah-langkah untuk mengatasi permasalahan pembatasan fitur panggilan di HP Android. Sebagai catatan, panduan ini dibuat menggunakan OS Android Lollipop. Namun, pada dasarnya sama saja dengan versi Android lainnya, yang membedakan hanya pada sisi tampilannya saja.

1. Tekan short code *#*#4636#*#* sehingga akan muncul menu seperti gambar dibawah ini.

Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Kirim SMS


2. Pilih Informasi telepon dan akan muncul jendela pengaturan seperti gambar berikut ini.


Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Telpon Keluar

3. Silakan geser kebawah hingga Anda menemukan menu pengaturan jaringan. Selanjutnya pilih LTE/GSM/ Auto (PRL).

4. Perhatikan gambar screen shot diatas, pada jendela pengaturan jaringan juga terdapat kolom yang seharusnya berisi nomor SMSC. SMSC adalah nomor pusat layanan pesan singkat yang memungkinkan Anda untuk mengirim SMS. Jadi, jika hp Anda memiliki masalah tidak bisa kirim SMS keluar, maka permasalahannya terletak pada SMSC ini.

5. Silakan masukkan nomor SMSC sesuai operator yang Anda gunakan. Berikut ini daftar nomor SMSC semua operator:

  • 3: +6289644000001
  • As: +6281100000
  • Axis: +628315000031 atau +628315000032
  • Indosat M3: +62855000000 atau +62816124
  • Indosat Mentari: +62816124, +62816125, +62816126, +62816127, +62816128
  • Simpati: +6281100000
  • Smartfren: +628811223344
  • XL: +62818445009 atau +628184450095

6. Jika nomor SMSC sudah diisi, silakan geser kembali kebagian atas untuk menonaktifkan fitur FDN. Silakan pehartikan gambar dibawah.

Cara Memperbaiki HP Tidak Bisa Telpon Keluar, SMS, dan Cek Pulsa

7. Sentuh pada bidang yang saya tandai kotak berwarna merah. Kemudian akan tampil jendela seperti gambar berikut.

Cara Memperbaiki HP Tidak Bisa Telpon Keluar, SMS, dan Cek Pulsa

8. Silakan pilih Lihat Nomor Panggilan Tetap dan akan muncul daftar FDN.


Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Telpon Keluar, SMS, dan Cek Pulsa

9. Sentuh pada bidang Daftar FDN


Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Telpon Keluar, SMS, dan Cek Pulsa

10. Sentuh pada bidang pengaturan FDN, Anda akan diminta untuk memasukkan PIN. Silakan masukkan 1234.

11. Selesai.

Silakan coba gunakan ponsel Anda untuk menelpon atau mengirim SMS. Jika langkah-langkah diatas sudah Anda ikuti dengan benar, mestinya ponsel Anda sudah bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Kesimpulan


Ada sejumlah hal yang dapat menyebabkan HP tidak dapat digunakan untuk mengirim SMS, telepon, ataupun mengecek pulsa. Namun, hal ini sejatinya bukan masalah serius yang perlu dikhawatirkan. Dalam banyak kasus, FDN dalam kondisi aktif merupakan penyebab umum yang tanpa disadari oleh pengguna.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url