Cara Mengatasi Baterai HP Asus Sering Panas

baterai asus
Seperti diketahui, Asus merupakan salah satu pabrikan smartphone berskala global. Asus menawarkan berbagai produk smartphone berbasis Android dengan jangkauan harga yang menyasar hingga hampir semua lapisan masyarakat. Tidak hanya fokus memproduksi smartphone high-end, produsen asal Taiwan ini juga gencar launching produk entri-level.

Jika dibandingkan dengan Samsung, produk entri-level berharga murah sepertinya lebih mudah di dapat pada produk Asus. Dibalik kekurangan yang ada, Asus yang sebelumnya lebih dikenal sebagai produsen laptop ini menawarkan berbagai varian smartphone entri-level dengan dukungan RAM yang cukup besar. Hanya dengan budget yang terbilang minim, konsumen sudah bisa memiliki smartphone dengan dukungan RAM besar.

Sebagai salah satu pengguna Asus, sedikit-banyak tentunya saya mendapati sejumlah kelebihan dan kekurangan yang ada pada ponsel Asus. Asus menawarkan kinerja yang cukup baik untuk keperluan multi tasking atau bermain game-game yang tergolong berat dan menyita banyak space RAM. Namun, ada kalanya mungkin Anda akan menjumpai dimana baterai ponsel menjadi panas yang tergolong tidak wajar. Pada umumnya, setiap smartphone yang "dipaksa" untuk berkerja keras memang cukup potensial temperatur baterai akan memanas, tak terkecuali produk Asus. Dan jika Anda menjumpai kondisi ini berikut beberapa tips untuk mengatasinya.

Tips Mengatasi Baterai Asus Cepat Panas


1. Lakukan Restart 
Ketika Anda mendapati temperatur baterai memanas secara tidak wajar, maka langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mematikan ponsel tersebut. Setelah itu, silakan kembali hidupkan ponsel tersebut. Apabila tidak ada masalah apapun, maka ponsel Asus Anda akan kembali normal.

2. Batasi Aplikasi Aktif
Semakin banyak aplikasi aktif, maka kondisi ini dapat membuat temperatur baterai memanas dengan sendirinya karena ponsel memang dalam keadaan sedang bekerja ekstra. Jika memang tidak terlalu penting, sebaiknya Anda batasi aplikasi aktif di smartphone Anda. Ini tidak hanya akan membuat temperatur baterai serasa normal, tapi juga akan menjaga performa smartphone Anda tetap dalam kondisi optimal.

3. Pola Pengisian Baterai yang Benar
Guna dapat menjaga lifetime baterai ponsel, lakukan pengisian ulang (charging) secara teratur. Charge baterai hingga penuh 100 persen dan usahakan untuk tidak menggunakan ponsel selama proses pengisian ulang daya baterai. Pastikan juga Anda selalu melepas charger begitu indikator pengisian daya sudah terlihat penuh.

4. Gunakan Charger Bawaan
Untuk memastikan proses pengisian baterai smartphone dapat berjalan sebagaimana mestinya, sebaiknya Anda selalu menggunakan charger bawaan. Pada umumnya, selain pengisian daya bisa berjalan lebih cepat, hal ini juga untuk memastikan lifetime baterai Anda menjadi lebih baik karena pola pengisian dilakukan dengan charger original ponsel.

5. Matikan Ponsel Secara Terjadwal
Agar kinerja ponsel tetap berjalan secara optimal, sebaiknya selama beberapa hari-pekan sekali Anda mematikan ponsel . Restart ponsel akan membuat sistem ponsel dapat kembali berjalan dengan normal. Sejumlah proses yang tadinya berjalan akan terputus dan begitu ponsel dinyalakan kembali kinerjanya akan menjadi lebih stabil.

Share

LATEST ARTICLES

Post a Comment