Cara Kalibrasi Baterai HP Android Tanpa Root


Kalibrasi merupakan proses pengecekan dan pengaturan akurasi dari alat ukur dengan cara membandingkannya dengan standar/tolak ukur. Kalibrasi diperlukan untuk memastikan bahwa hasil pengukuran yang dilakukan sudah akurat dan konsisten dengan instrumen lainnya. Nah, melalui artikel ini saya akan menjelaskan cara kalibrasi baterai smartphone Android yang mungkin saja sedang Anda butuhkan.

Salah satu cara untuk membuat baterai hp Android menjadi baru lagi adalah dengan melakukan kalibrasi. Langkah kalibrasi ini bisa dijalankan dengan kondisi ponsel sudah di root atau belum di root, dan pada umumnya kalibrasi baterai menggunakan suatu aplikasi bisa dilakukan manakala ponsel sudah dalam keadaan rooted. Sementara itu, bagi Anda yang ingin melakukan kalibrasi baterai namun ponsel Anda belum di root, maka artikel ini akan berguna bagi Anda.

Sebagai catatan, ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengkalibrasi baterai hp Android, yaitu cara manual dan dengan bantuan aplikasi. Dibawah ini dijabarkan prosesnya untuk masing-masing cara yang bisa Anda pilih.

Cara kalibrasi baterai hp Android tanpa root - secara manual


  • Silakan charge smartphone Android Anda sebagaimana biasanya hingga penuh (100%) dalam keadaan menyala. Jika sudah penuh, kemudian matikan smartphone tersebut. 
  • Pada saat smartphone dalam keadaan mati, charge kembali smartphone tersebut hingga penuh. Perhatikan indikator pengisian baterai seperti lampu LED - jika sudah penuh, maka lampu indikatornya akan menjadi hijau.
  • Setelah baterai penuh, nyalakn lagi hp tersebut, kemudian charge sekali lagi sampai penuh 100%.
  • Selanjutnya, silakan gunakan smartphone Android Anda untuk browsing, streaming, chatting, atau yang lainnya. Jangan di charge, dan biarkan sampai hp tersebut mati sendiri karena kehabisan baterai.
  • Jika baterainya sudah habis, diamkan dulu hp tersebut sekira 10-15 menit.
  • Kemudian, charge hp tersebut dalam keadaan mati hingga penuh lagi. Jangan dinyalakan dulu sebelum baterai penuh. Ingat, harus sampai penuh 100%, baru kemudian Anda nyalakan kembali.

Dengan mengikut langkah-langkah tadi, baterai hp Android Anda sudah terkalibrasi secara manual. Cara manual ini memang menuntut kesabaran karena harus berulang selama beberapa kali, dan jika Anda menginginkan cara yang lebih praktis yakni dengan menggunakan bantuan aplikasi.

Cara kalibrasi baterai hp Android menggunakan aplikasi


  • Silakan install aplikasi CurrentWidget: Battery Monitor. Aplikasi tersebut bisa coba Anda cari di Google Play atau situs tempat download aplikasi Android yang legal.
  • Jika aplikasi tersebut sudah di install, pasanglah widget aplikasi tersebut di homescreen.
 Kalibrasi Baterai HP Android

  • Charge hp Android Anda sampai penuh, silakan tunggu sampai angka pada widget menunjukkan angka optimal kapasitas baterai.
  • Jika sudah selesai, cabutlah charger kemudian lakukan restart ponsel Android Anda.
  • Setelah selesai semua, baterai hp Anda sudah terkalibrasi dan tentunya sudah tidak terdapat permasalahan lagi.

Demikian panduan cara kalibrasi baterai smartphone Android secara mudah. Semoga berguna bagi Anda para pengguna Android, dan jika ada  yang kurang jelas silakan ditanyakan melalui kolom komentar.

No comments