Cara Mengatasi Baterai Android Drop


Baterai Android
Smartphone Android pada umumnya digunakan untuk berbagai keperluan, yang artinya kondisi baterai harus dalam keadaan prima. Sebut saja Anda sering menggunakan ponsel Android Anda untuk internetan yang mana hal ini akan mengkonsumsi banyak daya baterai, maka sudah barang tentu baterai ponsel harus dalam keadaan baik-baik saja alias tidak ngedrop.

Pola serta intensitas penggunaan ponsel akan menjadi ukuran seberapa lama baterai ponsel bisa bertahan. Misalkan Anda sering bermain game-game berat, streaming video, atau browsing dengan mengakses situs-situs besar, maka baterai akan terkuras dalam waktu yang relatif singkat. Namun hal ini lumrah, sepanjang Anda bisa menjaga pola penggunaan dengan baik, kondisi baterai kemungkinan tetap akan awet.

Penyebab Baterai Android Cepat Habis


Berikut ini adalah beberapa penyebab baterai hp Android cepat habis yang mungkin saja belum Anda sadari:

1. Sinyal Lemah

Dilokasi tertentu seperti di daerah pedalaman yang mana cover jaringan terbilang rendah, baterai akan cepat berkurang. Hal ini dikarenakan smartphone membutuhkan energi untuk mencari sinyal sekaligus mempertahankannya. Pada saat sinyal lemah, maka proses transfer data pun akan semakin lambat, alhasil konsumsi daya baterai akan lebih besar dari sebelumnya.

2. Ponsel Terhubung ke Internet

Baterai boros juga disebabkan koneksi internet. Ketika transfer data terus terjadi, maka daya baterai akan banyak terserap dan berlangsung secara terus-menerus.

3. Pengaruh Aplikasi

Ketika Anda mendapati smartphone menjadi lemot dan baterai sering berkurang secara cepat, maka ada kemungkinan aplikasi yang sedang digunakan terlalu berat bagi RAM dan transfer data. Meskipun memiliki RAM besar tetapi dengan aplikasi tetap dibuka, maka daya baterai tetap akan cepat habis.

4. Wallpaper dan Theme

Tema atau wallpaper berupa gambar animasi bisa menghabiskan baterai secara konstan. Penggunaan tema berat atau wallpaper animasi tersebut bisa menghabiskan baterai karena CPU yang terpakai dalam menjalankannya cukup besar.

5. Background Process

Anda dapat menggunakan task manager untuk melihat aplikasi yang berjalan di backgroud yang bisa menyedot daya baterai. Aplikasi yang berjalan di background masih menggunakan prosessor sehingga akan menyebabkan pemborosan baterai.

Cara Mengatasi Baterai Android Boros


Berikut ini saya ulas kiat untuk mengatasi baterai hp Android boros atau bahkan sudah ngedrop dengan cara melakukan kalibrasi. Sebagai catatan, cara melakukan kalibrasi ini dapat dilakukan menggunakan dua cara. Cara yang pertama yakni dengan melakukan root terlebih dulu, dan cara kedua adalah dengan dilakukan secara manual. Dan berikut ini adalah cara manual yang bisa Anda coba.

  • Kosongkan daya baterai; Ketika baterai perangkat Android masih terisi, buang terlebih dulu dengan cara digunakan secara terus-menerus. Bisa Anda gunakan untuk memutar video, musik atau bermain game hingga ponsel mati sendiri.
  • Isi baterai dalam keadaan hp mati; Dalam kondisi daya baterai sudah habis total, silakan di charge kembali dalam keadaan mati hingga daya baterai penuh. Jika sudah mencapai 100%, silakan hidupkan kembali.
  • Charge hp dalam keadaan hidup; Ketika widget sudah menunjukkan 100% tetap biarkan hp di charge dalam keadaan hidup.
  • Charge Hp dalam keadaan mati; Setelah melewati tiga proses sebelumnya, dan daya baterai sudah terisi 100%, selanjutnya tetap charge hp dalam keadaan mati.
  • Hidupkan kembali ponsel; Apabila sudah melewati beberapa tahapan diatas, kemudian gunakan perangkat Android Anda seperti biasanya hingga daya baterai kembali kosong. Dan charge seperti biasanya maka hp sudah terkalibrasi. Adapun jika belum berhasil, silakan ulangi langkah-langkah diatas.

Baca juga: Cara Merekam Aktivitas Layar di Hp Android

Demikian, semoga informasi ini dapat memberikan solusi bagi Anda yang memiliki hp Android boros baterai.

No comments