Cara Mengatasi Aplikasi Smart VoLTE Tidak Bisa di Register

Smartfren saat ini memiliki jaringan 4G LTE terluas di Tanah Air. Hal ini sepertinya menggugah sebagian pengguna smartphone dalam negeri untuk menggunakan kartu Smartfren agar bisa menikmati layanan 4G yang tentunya menawarkan kecepatan yang lebih kenceng katimbang jaringan 3G. Bagi para pengguna ponsel non-bundling, mereka tetap bisa menggunakan SIM card Smartfren namun perlu memasang aplikasi Smart VoLTE di ponsel mereka.

Aplikasi Smart VoLTE ini memungkinkan Anda untuk mengirim SMS dan melakukan panggilan di smartphone Android non-bundling Smartfren. Tanpa aplikasi ini, Anda hanya dapat menikmati layanan data saja. Sementara untuk mengirim SMS atau melakukan panggilan, aplikasi Smart VoLTE harus di install terlebih dulu di ponsel Android Anda.

Saya sendiri merupakan pengguna Smartfren yang mana saat ini saya menggunakan Smartphone non-bundling Smartfren. Diawal menggunakan ponsel non-bundling saya tidak serta-merta memasang aplikasi Smart VoLTE sehingga pada saat itu saya tidak bisa menggukana fitur messaging atau panggilan yang tidak menggunakan data. Selengkapnya bisa Anda simak dalam artikel: Penyebab Kartu Smartfren Tidak Bisa Telepon dan Kirim SMS.

Mengenal Aplikasi Smart VoLTE Smartfren


VoLTE atau singkatan dari Voice Over LTE, adalah layanan suara (voice) yang berbasis Long Term Evolution (LTE). Sebenarnya layanan ini tak ada bedanya dengan layanan suara via teknologi 2G/3G, namun suara yang dihasilkan VoLTE diklaim memiliki kualitas yang lebih baik dan jernih. Nah, dengan aplikasi Smart VoLTE Smartfren maka Anda bisa menikmati teknologi VoLTE dari Smartfren.

Sebagaimana klaim Smartfren dalam situs resmi mereka, dengan menggunakan layanan VoLTE ini, maka Anda akan dapat menikmati waktu panggilan yang cepat cepat, telepon & download/browsing di saat bersamaan, menelepon dengan kualitas suara HD, serta melakukan video call dengan lebih stabil.

Mengatasi Aplikasi Smart VoLTE Gagal Register 


Untuk dapat menikmati fitur VoLTE Smartfren, maka aplikasi Smart VoLTE harus senantiasa dalam kondisi aktif di ponsel Anda dengan cara me-register terlebih dulu. Masalahnya adalah, aplikasi ini terkadang membutuhkan register ulang ketika signal hilang. Nah, pada saat register ulang tersebut tidak jarang prosesnya akan gagal terus-menerus.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada dua opsi pemecahan masalah yang bisa diambail. Yang pertama adalah dengan melakukan stop terhadap aplikasi Smart VoLTE, dan yang kedua adalah dengan melakukan install ulang aplikasi Smart VoLTE.

Cara Stop Aplikasi Smart VoLTE di ponsel Android


  • Tekan dan tahan icon aplikasi Smart VoLTE >> drop pada menu App Info >> pilih Force stop. 
  • Kemudian, silakan aktifkan kembali aplikasi Smart VoLTE.

Silakan register kembali, dan apabila tetap tidak bisa register, maka lanjut ke opsi yang kedua.

Cara Uninstall Aplikasi Smart VoLTE di ponsel Android


  • Tekan dan tahan icon aplikasi Smart VoLTE >> drop pada menu Uninstall 
  • Kemudian, silakan install ulang aplikasi tersebut dengan mengunduhnya via Google Play, dan lakukan registrasi kembali. 

Cara Mengatasi Aplikasi Smart VoLTE Tidak Bisa di Register

Sepengalaman saya, setelah re-install aplikasi Smart VoLTE proses registrasi selanjutnya akan berjalan dengan cepat, tanpa ada masalah gagal teregistrasi seperti sebelum-sebelumnya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url