Cara Mengatasi Notifikasi di HP Android Tidak Muncul

Salah satu fitur berguna yang dimiliki perangkat berbasis Android adalah adanya notifikasi pada sejumlah aplikasi penting seperti aplikasi messaging, aplikasi sosial media, email, dan lain sebagainya. Secara default, smartphone Android Anda akan memunculkan notifikasi dengan sendirinya begitu ada email masuk. Pun demikian adanya begitu ada pemberitahuan baru pada aplikasi sosial media yang Anda gunakan. Namun demikian, terdapat sejumlah hal yang dapat menyebabkan smartphone Android tidak memunculkan notifikasi meski ada aktivitas baru pada aplikasi sosial media atau aplikasi social messaging yang Anda gunakan.

Pada kesempatan ini, saya akan membahas kasus notifikasi tidak keluar di hp Lenovo dimana brand yang satu ini merupakan salah satu brand smartphone yang memproduksi perangkat berbasis Android dalam jumlah yang cukup besar. Bagi Anda pengguna hp Android Lenovo yang dihadapkan dengan kasus notifikasi hilang, Anda tidak perlu dipusingkan dengan hal tersebut. Artikel ini akan menginformasikan langkah yang perlu Anda lakukan guna mengatasi notifikasi di smartphone Lenovo Android yang hilang atau munculnya notifikasi tersebut terbilang lambat.

Sebelum berlanjut ke cara mengatasi notifikasi hp Lenovo dan hp Android pada umumnya yang tidak muncul sebagaimana mestinya, terlebih dulu mari dipahami apa sajakah yang dapat menyebabkan notifikasi tersebut mute alias tidak muncul. Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan pemberitahuan di hp Android tidak muncul adalah sebagai berikut:

1. Fitur notifikasi dimatikan secara manual oleh user
Tanpa Anda sadari, tidak menutup kemungkinan Anda melakukan hal ini sehingga Anda perlu melakukan pengecekan apakah Anda menonaktifkan notifikasi pada aplikasi tertentu.

2. Terjadi masalah pada aplikasi
Jika aplikasi dalam kondisi bermasalah, maka tidak menutup kemungkinan notifikasi tidak dapat muncul sebagaimana mesetinya. Untuk memastikan tidak ada aplikasi yang dalam keadaan crash atau error, sebaiknya lakukan upgrade jika tersedia.

3. Battery power saving dalam keadaan aktif
Pada sebagian besar smartphone Lenovo terdapat fitur Battery power saving yang muncul saat baterai tinggal menyisakan 15 persen. Jika kemudian Anda mengaktifkan Battery power saving, maka sejumlah fitur di smartphone Lenovo Anda akan berhenti berfungsi atau tidak berfungsi secara normal.

Nah, itulah tiga kondisi yang menyebabkan notifikasi tidak bisa muncul. Sekarang mari berlanjut ke cara mengatasi permasalahan notifikasi yang tidak dapat muncul.

Cara mengatasi notifikasi di HP Android yang tidak muncul #1


Silakan buka menu Pengaturan atau Setting, kemudian cari dan pilih menu Notifikasi seperti gambar dibawah ini. (Bergantung pada versi Android yang teraplikasikan pada smartphone Anda, user interface-nya memiliki beberapa sisi perbedaan.)

Cara Mengatasi Notifikasi di HP Android Tidak Muncul

Selanjutnya, pilih menu Kelola notifikasi.

Cara Mengatasi Notifikasi di HP Android Tidak Muncul

Terakhir, silakan aktifkan fitur notifikasi seperti gambar dibawah ini.

Cara Mengatasi Notifikasi di HP Android Tidak Muncul

Jika tidak terdapat masalah lainnya, setting diatas akan memunculkan kembali notifikasi yang tadinya sempat tidak muncul. Cara #1 berlaku semua brand smartphone, baik itu Samsung, HTC, Sony, OPPO, maupun brand smartphone Android lainnya.

Cara mengatasi notifikasi di HP Android yang tidak muncul #2


Cara yang kedua adalah dengan masuk langsung ke menu notifikasi pada aplikasi yang tidak memunculkan notifikasi. Pada contoh ini saya menggunakan aplikasi BBM namun hal ini berlaku untuk sebagian besar aplikasi seperti Facebook, Instagram, WhatsApp, dll.

  • Buka menu Pengaturan atau Settings.
  • Lalu pilih menu kelola aplikasi atau kelola apk.
  • Jika sudah terbuka, pilih aplikasi mana yang ingin di kelola notifikasinya.
  • Selanjutnya klik Notifikasi.

Cara Mengatasi Notifikasi di HP Android Tidak Keluar

Cara mengatasi notifikasi di HP Android yang tidak muncul #3


Cara yang ketiga ini dikhususkan untuk smartphone Android Lenovo. Seperti yang saya jelaskan diatas, kasus notifikasi hilang di hp Android Lenovo sering kali terjadi lantaran fitur Battery power saving dalam kondisi aktif sehingga Anda perlu menonaktifkan Battery power saving. Berikut ini caranya:

  • Masuk ke menu Pengaturan atau Settings
  • Pilih Battery
  • Selanjutnya, silakan nonaktifkan Battery power saving.
  • Selesai.

Demikian tadi 3 cara untuk mengatasi notifikasi di hp Android yang tidak muncul. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat Android lovers.

Bagi sobat pembaca yang pulsanya sering berkurang sendiri, jangan lewatkan artikel berikut: Cara mengatasi pulsa berkurang sendiri di hp Android.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url