Cara Memasukkan Lagu di iPad dan iPhone Lewat Komputer

iPhone dan iPad merupakan dua produk perangkat cerdas yang diproduksi Apple. Keduanya memiliki jumlah pengguna yang begitu banyak. Seperti halnya produk-produk Apple lainnya, iPad dan iPhone memiliki basis pengguna yang cukup kuat dan eksistensinya terus menjadi yang terdepan kendati banyak bermunculan produk sejenis dari pabrikan lain. Meski dibanderol dengan harga relatif mahal, namun dengan sejumlah kelebihan yang ditawarkan hingga kini produk Apple tetap menjadi salah satu produk unggulan yang dicintai banyak pengguna.

Menambahkan Lagu ke iPad

Berbeda dengan cara mengisi lagu melalui komputer pada perangkat berbasis Android atau platform lainnya, untuk mengisi lagu di iPad lewat komputer dibutuhkan aplikasi tambahan yang nantinya aplikasi tersebut akan menjadi media penghubung antara iPad dengan komputer. Tanpanya, Anda tidak dimungkinkan untuk mengcopy lagu dari komputer ke iPad Anda. Cara seperti ini memang tidak dijumpai pada perangkat selain Apple.

Menambahkan Lagu ke iPhone

Tidak berbeda dengan Anda mengisi lagu ke iPad, mengisi lagu ke iPhone melalui media komputer juga membutuhkan aplikasi Apple, iTunes. Dengan aplikasi iTunes, Anda dapat menambahkan sejumlah file ke perangkat iPhone Anda, seperti lagu, video, foto, dan file sejenis lainnya. Meski iTunes merupakan produk Apple, namun software multiguna ini tersedia untuk perangkat berbasis Windows, baik Windows XP, Windows7, maupun versi Windows diatasnya.

Penyebab Tidak Bisa Menambahkan Lagu ke iPhone

Dari uraian diatas, maka sudah ditemukan jawaban apabila selama ini Anda belum bisa memasukkan lagu ke iPhone maupun iPad, yakni tidak adanya aplikasi penghubung antar perangkat yang disebut iTunes. Jika Anda sudah menginstal aplikasi iTunes di komputer Anda, maka Anda tinggal menghubungkan kedua perangkat Anda melalui aplikasi tersebut.

Cara Memasukkan Lagu ke iPad dan iPhone Lewat iTunes

  • Silakan download aplikasi iTunes untuk komputer Anda. Klik disini untuk download aplikasi iTunes.
  • Setelah selesai Anda download, silakan install aplikasi tersebut.
  • Setelah iTunes selesai di install, silakan hubungkan iPad/iPhone Anda ke komputer menggunakan kabel USB. (Pastikan USB berfungsi dengan baik).
  • Jika iPad dan komputer sudah terhubung dengan baik, selanjutnya silakan buka aplikasi iTunes. (Jika tidak ada masalah, iPhone Anda mestinya sudah terdeteksi oleh iTunes).
Cara Memasukkan Lagu di iPhone Lewat Komputer
  • Perhatikan gambar diatas. Klik menu file, kemudian pilih menu "Tambahkan File ke Perpustakaan" > pilih folder tempat Anda menyimpan lagu di komputer.
  • Jika lagu sudah Anda tambahkan ke Perpustakaan, selanjutnya Anda perlu memindahkan lagu tersebut di Perpustakaan iPhone/iPad dengan cara klik pada DEVICES > nama iPhone Anda > Music. Kemudian, silakan tekan keyboard CTRL+O. Terakhir, silakan sinkronisasi lagu yang sudah Anda copy ke Perpustakaan tadi. Caranya: klik menu pada bagian bawah pada tab music.

Demikian panduan untuk mengisi musik di iPhone dan iPad dengan menggunakan iTunes, semoga bermanfaat. Pada postingan nanti, saya akan coba bahas cara alternatif, yakni cara memasukkan lagu di iPhone tanpa iTunes jika hal tersebut memang memungkinkan untuk dilakukan.
Next Post Previous Post
2 Comments
  • dennyaditia
    dennyaditia March 22, 2016 at 6:40 PM

    walah repot ya gak kayak perangkat android

    • D Droid
      D Droid March 31, 2016 at 12:01 AM

      Ya, kalau dibandinkan dengan Android memang terkesan agak ribet sob.

Add Comment
comment url