Cara Menemukan HP Android Hilang Menggunakan 2 Opsi Pelacakan

Cara Menemukan HP Android Hilang
Melacak hp Android yang hilang memang tidak mudah apabila sebelumnya user tidak melakukan upaya tertentu sebagai langkah antisipasi seperti dengan mengaktifkan fitur kendali jarak jauh yang tersedia untuk produk Samsung Galaxy. Namun demikian, Anda tetap dimungkinkan untuk dapat menemukan ponsel Anda dengan sejumlah opsi pelacakan yang dapat Anda coba. Meskipun tidak menjamin keberhasilan Anda untuk menemukan ponsel Anda yang hilang, setidaknya dua opsi pelacakan yang akan saya share dibawah berpotensi untuk mendeteksi lokasi keberadaan smartphone Android Anda.

Pada dasarnya smartphone dilengkapi sejumlah fitur penting didalamnya yang dapat dimanfaatkan oleh user. Selain fitur entetainment dan keamanan, setiap smartphone Android dilengkapi fitur-fitur penting lainnya seperti halnya fitur yang memungkinkan user untuk mengetahui lokasi ponsel yang hilang, bahkan setelah sipencuri atau orang yang menemukan ponsel Anda sudah melakukan beberapa aktivitas perubahan maupun mengganti kartu SIM. Nah, bagi Anda yang bernasib kurang baik lantaran kehilangan ponsel, berikut ini 2 cara yang dapat Anda coba untuk dapat menemukan ponsel Anda.

1. Melacak HP Android Hilang Menggunakan Google ADM

Android Device Manager (ADM) adalah sebuah tool berguna yang disediakan oleh Google yang dapat Anda manfaatkan untuk melacak ponsel atau tablet Android yang hilang. ADM merupakan tool gratis yang juga tidak membutuhkan tool tambahan apapun untuk menggunakannya. Adapun untuk dapat menggunakan tool ini Android Anda harus terhubung ke akun Google, tidak dalam keadaan off, dihidupkan dan terhubung ke internet. Selain dapat melacak keberadaan perangkat Android, ADM juga memiliki fitur menarik lainnya seperti untuk melakukan dering dan wiping.

Silakan log in ke ADM menggunakan akun Google yang terdaftar pada hp Android yang hilang melalui browser di komputer Anda. Setelah log in, Anda akan melihat nama Android yang terhubung. Guna menghindari kecurigaan, usahakan untuk tidak melakukan dering. Silakan perhatikan lokasi saat ini, kemudian catat alamat dan waktu atau jam dari lokasi terakhir Android. Selanjutnya, Anda bisa langsung mendatangi alamat dan lokasi sebagaimana yang Anda lihat di ADM. Apabila ADM hanya menampilkan keterangan “Lokasi Tidak Tersedia”, “Terakhir Online”. Anda bisa log in ke ADM setiap hari karena kemungkinan hp Android Anda sedang dalam keadaan off, tidak terhubung ke internet atau sipencuri sudah melakukan factory reset.

Jika opsi pelacakan menggunakan cara diatas tidak berhasil, silakan coba opsi pelacakan perangkat Android berikutnya.

2. Melacak HP Android Hilang Menggunakan Google Maps

Opsi pelacakan hp Android hilang berikutnya adalah dengan memanfaatkan Google Maps. Google Maps dilengkapi fitur untuk melacak setiap pergerakan dengan bantuan GPS yang dikenal sebagai “location history”. Fitur ini sebenarnya berupa fitur default, namun yang jadi pertanyaan adalah “sudahkah Anda mengaktifkan fitur ini? “apakah Anda mengizinkan Google untuk melacak setiap lokasi yang Anda kunjungi sebelum perangkat Android Anda hilang?”. Jika sebelumnya fitur location history sudah Anda set aktif, fitur ini akan memberikan informasi dengan sangat detail, mulai dari jalan, tanggal, menampilkan waktu dan jam serta tempat tertentu yang sebelumnya telah terdaftar di Google Maps. Disana Anda dapat melihat jalan atau garis berwarna merah yang menandakan waktu Anda bepergian. Dan jika Anda belum pernah menggunakannya, akan ada tampilan keterangan tidak tersedia. Untuk mengetahuiya, silakan Anda periksa di Google Location History.

Share

LATEST ARTICLES

Post a Comment