5 Cara Amankan Smartphone Dari Serangan Hacker


Smartphone adalah sebuah perangkat mobile canggih yang digunakan manusia untuk berbagai keperluan. Jika dahulu kala ponsel hanya dapat digunakan untuk melakukan panggilan suara dan mengirim pesan singkat (SMS), kini fungsi ponsel (smartphone) begitu luas, mulai fungsi hiburan, dokumentasi, menyimpan file-file penting, dan lain sebagainya. Dengan keberagaman fungsi yang dimiliki smartphone, disisi lain user harus memiliki sikap kewaspadaan karena tidak menutup kemungkinan data-data penting yang kita simpan pada smartphone akan di bajak oleh hacker.

Anda mungkin masih ingat, dimana tidak lama ini beberapa artis Hollywood menjadi korban para hacker. Foto-foto mereka dicuri oleh sekelompok hacker dan hal tersebut sempat memberi rasa takut terhadap banyak kalangan. Foto-foto yang mereka simpan dalam sebuah layanan penyimpanan data melalui perangkat iPhone berhasil dibobol oleh hacker. Sebagian foto-foto tersebut pun akhirnya ditampilkan di media dan menjadi konsumsi publik. Hal tersebut tentunya membuat Anda tertanya-tanya dalam hati "bagaimana jika saya mengalami hal yang sama?".

Dengan smartphone, kita seakan dimanjakan dengan sejumlah fitur menarik didalamnya. Selain itu, kehadiran smartphone juga dapat meningkatkan produktivitas seseorang berkaitan dengan bidang pekerjaan. Namun, kita harus senantiasa memprioritaskan perihal keamanan. Privasi adalah harga mati yang tidak boleh kita abaikan. Segala celah harus kita tutup guna dapat menghindarkan kita dari segala macam bentuk tindakan jahat oleh mereka yang tidak bertanggung jawab. Apapun jenis perangkat yang saat ini Anda gunakan, baik itu iOS, Windows Phone ataupun Android, pastikan Anda senantiasa memproteksi diri.

Bagaimana cara menghindarikan smartphone Anda dari serangan hacker? Berikut ini beberapa kiat untuk mengamankan smartphone dari hacker.

1. Pastikan passcode selalu dalam keadaan aktif

Ini adalah upaya untuk melindungi data Anda ketika smartphone Anda hilang. Ketika Anda tidak memberikan akses passcode di smartphone Anda, maka data-data penting mencakup informasi pribadi yang tersimpan di smartphone Anda dapat diakses oleh siapa pun.

Pastikan passcode selalu dalam keadaan aktif

Nomor PIN dengan empat digit memiliki 10.000 kombinasi acak yang sangat aman, akan tetapi sebaiknya Anda melengkapi passcode smartphone menjadi enam digit sehingga memiliki kemungkinan 1 juta kombinasi yang ekstra aman.

2. Aktifkan 2-Langkah Verifikasi

Dengan mengaktifkan 2-Langkah Verivikasi akan memberikan tingkat keamanan lebih kepada Anda. Ini merupakan salah satu opsi proteksi yang cukup berguna apabila Anda terapkan pada smartphone Anda.


Saat ini beberapa perusahaan raksasa berbasis teknologi sudah menawarkan fitur ini. Beberapa perusahaan teknologi tersebut diantaranya adalah Google, Apple, Microsoft, Amazon, Facebook, dsb.

3. Menggunakan Password secara berbeda

Pastikan setiap password akun Anda memiliki password yang berbeda. Hal ini tentunya akan memberikan tingkat keamanan yang lebih baik berbanding Anda menggunakan password yang sama untuk masing-masing akun.


Secara teori, menggunakan password yang sama untuk semua akun adalah sangat riskan untuk diretas para hacker. Anda bisa menggunakan aplikasi 1Password atau aplikasi sejenis lainnya sehingga bisa mengingat password yang berbeda untuk masing-masing akun.

4. Perhatikan Virtual Private Network (VPN)

Sektor keamanan yang amat perlu Anda perhatikan saat Anda terhubung ke jaringan Wifi adalah VPN. VPN akan mengenkripsi traffic internet Anda, namun begitu hal tersebut ternyata justru dapat memudahkan para peretas untuk melihat data apa yang sedang ditransmisikan melalui jaringan Wi-Fi.


Guna membantu Anda terhindar dari potensi menjadi korban peretasan disaat menggunakan Wifi, dalam hal ini Anda bisa mencoba provider VPN pihak ketiga, seperti Cloak atau TorGuard. Dengan menggunakan VPN pihak ketiga, Anda akan memiliki tingkat proteksi yang lebih baik.

5. Waspada terhadap email mencurigakan

Harap diingat, bahawa email adalah salah satu pintu masuk yang dimanfaatkan oleh hacker untuk membajak data smartphone korban. Anda harus selalu bersikap waspada terhadap email masuk dari alamat yang tidak Anda kenal atau yang sifatnya mencurigakan yang berisi link-link tertentu.

Ketika Anda mendapati ada sebuah email masuk ke smartphone Anda dan berisikan link, pastikan Anda mencermati isi email tersebut terlebih dulu, dan jangan asal membuka link tersebut. Sebagai catatan, tidak sedikit kasus yang menyebabkan akun e-mail pengguna terjangkiti virus tertentu akibat membuka link yang disematkan dalam email.

Demikian beberapa kiat untuk mengatasi smartphone dari serangan hacker. Selain kelima poin yang saya sebutkan diatas, tentunya masih banyak kiat-kiat lainnya yang juga dapat Anda terapkan bilamana Anda merasa hal tersebut dinilai perlu.

Terakhir, yang perlu jadi catatan, kemajuan teknologi dengan segala kemudahannya tidak pernah lepas dari isu keamanan. Namun, terlepas dari celah yang ada, hal tersebut amat bergantung pada prilaku pengguna dalam memanfaatkan teknologi serta kemudahan yang Anda.

Bagi Anda pengguna Samsung Galaxy, artikel berikut ini mungkin berguna bagi Anda: Cara mengunci layar Samsung Galaxy dari jarak jauh.

No comments